Kapan O2 Sensor Mesti Diganti….??? 27 Februari, 2013
Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.trackback
Suerrrrr… broooo…. P2R mau tanya nih sama bro-bro semuanya. Kalo dipikir-pikir, sensor gas buang alias O2 sensor, apakah punya masa kadaluwarsa….??? Apakah selamanya tetap sensitif….???
Pikir kritisnya begini bro. O2 sensor bertugas mencium gas buang yang suhunya panas. Karena sensor itu terletak di pipa knalpot yang puanassss…!!! Jika kadar racun tidak sesuai settingan, maka O2 sensor akan kasih masukan ke ECU/ECM untuk menyesuaikan semprotan.
Nahhhh…. dalam jangka waktu tertentu, kekuatan penciuman sensor apakah tetap bagus….??? Lantas kapan pabrikan menyarankan untuk ganti sensor tersebut….??? Ataukah kalaupun sudah tidak presisi lagi penciumannya, motor tetap normal….???
Demikian bro, bagi yang tahu informasinya, tolong di share ya. Hemmm….. indahnya berbagi pengetahuan….!!!
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
Pertamax kah
Semua hal di dunia ini ga ad yang abadi. Catet
Oleh sebab itu kalau sudah tau, tinggal tunggu massanya lalu ganti. Tapi kapan ya buat sensor O2 tersebut? Itu pertanyaan yang sulit. xixi
kapan ya, kirain lifetime
Lan jut lagi
Sori pan gw salip heeheh
kapan2 aja
ya harus tes emisi dulu to mas,baru dicek dng scaner,nilai voltase yg bermain di sensor tsb.rata2 dibawah 5v
Kapan kapan
Info yang berguna Jo◦˚˚°◦os gнàNd˚˚°◦os. Nyimak saja
kapan ya? mesti uji emisi dulu kali
bisa kedetek di Fi diagnosis, deteksinya voltase= 0 – 1 volt.
Jika normal maka akan fluktuatif, jika tidak normal akan stabil (kayak ngeHank).
setuju
kalo sudah gajian kang. . . .
kalo uda rusak kabelnya 🙂
Hm, ada yg tau?
http://trexton.wordpress.com/
3 sampe 5 th ganti motor belum pernah ganti o2 sensor
xixixixixi
Coba cek tanggal kadaluwarsanya gan mungkin dilampirkan di buku petunjuk pemakaian kendaraan.
Kalo ud ga ada motor bakar, pake motor listrik semua, hahaha
diganti pas ganti kunci plus bpkbnya mas p2r..hehehehe…pissss
btw kalo 02 sensor mungkin selama kelistrikan bagus yah bisa tahan di atas 5 tahunan…kalo umurnya yah gak bisa dipastiken namanya juga barang elektronik…harus melalui diagnosa fi tools dulu….
160 ribu km bro
“Heated sensor lifetime is typically 100,000 miles (160,000 km). Failure of an unheated sensor is usually caused by the buildup of soot on the ceramic element, which lengthens its response time and may cause total loss of ability to sense oxygen. For heated sensors, normal deposits are burned off during operation and failure occurs due to catalyst depletion. The probe then tends to report lean mixture, the ECU enriches the mixture, the exhaust gets rich with carbon monoxide and hydrocarbons, and the fuel economy worsens”
http://en.wikipedia.org/wiki/Oxygen_sensor
semua sensor2, e.g., suhu, tekanan, konsentrasi dll tu ada masa pakainya, so smua ada batas pemakaiannya
sprti elektroda buat pH meters, kalo dah lama perlu dganti, ato stidknya dikalibrasi ulang,
tp kayaknya hanya bengkel2 yamaha yg dah siap dg kalibrasi ulang sistem injeksinya
Type PGMFI emang mudah perawatannya. Jadi cuma lihat sensornya aja. Penyakitnya akan terlihat
ya tunggu mpe rusak sendiri nanti pasti ada sinyal MIL ngedip”..cmiiw
Friendly makes sales – and friendly generates repeat business.
Jeffrey Gitomer
follow us on twitter / instagram / facebook
@motogpdistro
Tergantung Pemakaian Bro antara 50.000-160.000 Km.
Important facts about Oxygen Sensors.
4 Oxygen Sensor life spans will vary between vehicle and sensor designs,
and are effected by many factors including fuel quality and vehicle
operational characteristics.
4 Oxygen Sensors should be checked and/or replaced at –
50,000 km for single and two wire sensors.
80,000 km for three or four wire heated sensors.
160,000 km for planar type sensors
4 Oxygen Sensors can be contaminated in many ways including –
Lead fouling from incorrect fuel.
Severe carbon/oil fouling from engine/emission control defects.
Contamination from silicon products.
4 Thermal stress damage [fracturing of the ceramic thimble] from
excessive water in the exhaust, ie- blown head gasket.
link: http://www.bosch.com.au/content/language1/downloads/section_a.pdf
Umumnya Motor di indonesia pakai yang Single Wire sensor jadi perkiraan 50.000Km