Keluhan Jupiter MX135 Kasar, Ada Solusi….??? 24 Mei, 2013
Posted by proud2ride in Tips & Trik, Yamaha.trackback
Sebenarnya email ini sudah agak lama yaitu 31 Maret 2013. Tadinya P2R tidak mau menampilkan, nantinya dikira hoax atau fitnah. Tapi berhubung yang bersangkutan mencantumkan nopol motor seperti yang P2R syaratkan, maka email keluhan ini P2R publish di sini. Semoga bisa mendapatkan pencerahan.
Pengirim email adalah bro Heru Jaman. Motornya Jupiter MX135 dengan nomor polisi E 4864 IF. Alamatnya desa Cengkuang, kecamatan Palimanan, kabupaten Cirebon.
Isi emailnya sebagai berikut, seperti foto paling atas.
mas,sya bru bli jpter mx new. .ko mesin.a kasar bgt ya. .kalau wktu langsam/idle tu kya bunyi stang sher klutuk2. .terus kalau pas tarik gas scra spontan ngorok gtu. .apa mtor sya produk gagal,apa mang jupi mx kya gtu?
Nah, jawaban P2R sebagai berikut:
Setahu P2R, kalo putaran bawah, Jupiter MX135 memang agak kasar. Jadi itu memang sudah menjadi ciri khas. Kalo putaran agak tinggi, suara hilang. Coba setel ulang rpm idle-nya sedikit lebih tinggi.
Mungkin bisa baca tulisan P2R jaman dulu di sini bro; http://proud2rideblog.com/2012/06/19/heboh-vario-125-ngorok-tak-pengaruhi-penjualan-sama-seperti-jupiter-mx135-ngoklok-tetap-laris/
Sementara itu saja jawaban P2R, kalo teman-teman lainnya mau menambahkan, monggo loh. Jangan malah ribut ya. Suwun.
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2rid
ceeeeeeeeeees
http://sarikurnia980.wordpress.com/
ikutan kluthuk-kluthuk
Ksh solusi kek buat yg tanya mx nya klotok2….ne mlh OOT.tepok jidat dech…..FBY bgt…
crooooooootttttt
hush
barangkali perlu di klaim ke Beres dulu itu bro…
Dibakar aja ,,,, pasti ilang suara kasar dan ngokloknya
Di Lem biroe
Tanya roi,qwerty,jaos,n mbah darmo gandul mrka psti tau…wuagagagaga
tanya sama simomok aja bro,biar diteruskan ke si eko
lumayan biar cicilan lancar
Klotok-klotok itu normal mesin kompresi tinggi seperti bunyi klotok CB streetfire pun begitu dengan suara kasar seperti megelli gen 2 ciri khas mesin kompresi tinggi
kalo penyebab bunyi klotok” krn kompresi tinggi, kenapa kalo pengguna cb komplain yg diganti camshaft holdernya?
normal itu karakter mesin mx emang gitu
saya waktu pertama beli juga pernah komplain gitu katanya normal sama kepala montirnya , tapi.ttp jozz gandos mxnya
satu pengalaman dengan saya 😀
MX Jossss……..
jupiter mx kan yamaha, seharusnya tanya sama pegawai yamaha http://ariblogmotor.wordpress.com/tanya-jawab/
hu’uh, bukan malah komplain sama pegawai honda.
kalo untuk merek y saya rasa normal-normal saja atau itu ciri khas, wong udah teknologi motojipi, kalo mereknya h nah itu pasti gak normal, cacat atau produk gagal…..
ada sales kutang kagak terima
waduh, komennya gak ada yg bantuin, 😀
ane bantu ah,
MX memang kasar suara stasionernya, memang defaulnya gitu, tapi kasarnya MX bukan seperti suara mesin oblag, tapi cenderung seperti motor yg setelan klepnya longgar.
tapi gausah kuatir, mesin gen MX kuat kok, sangat minim keluhan,
kecuali MX tahun pertama yg koplingnya gosong dan air radiator bocor,
tapi di tahun berikutnya MX udah gak apa-apa, apalagi yg sekarang ya normal aja tuh,
suara ngorok juga cuma ada di awal tarikan doang, selepas itu normal aja. alias ngoroknya gak terus-terusan.
lagian itu MX masih baru kan? masih reyen juga.
Stuju malahan mx w aman boleh didengerin suaranya alus bgt jos deh, ganti olinya pake prima xp, ud terbukti km ud lebih dari 60000 km masih jos top speed masih 125 km/jam mesin enteng belum pernah ganti kampas kopling stelan klep masih pabrikan
coba komplain ke beres… kalo msh begitu coba bandingkan dengan MX yang lain. kalau sama berarti normal.
ikut klub Jupiter MX aja sekalian tanya2… di kaskus ada kok…
wkkk sok bijak…
coba kalo merk sebelah
jiakkkkkkkk
jilat ludah euy
cool roy,hihihi
katanya kalu BC harus ada bukti,noh buktinya
roy peyod wannabi sepilis edition
Aneh, pny temen ane ,ane coba kok g kyk gt yah….malah makyus….! Kok bz bd gt y gan..
knoking apa kenapa ya,
Yg mx lama apa baru ?
Klo yg lama emang kasar bgt dah wajar
Yg new juga tergolong kasar,, suara dr setang piston yg langkah panjang emang, sama kayak supra wktu di gas mendadak, ada klok2
Yg gw suka dr njmx yah tarikan gigi 1-2 nya yahud, tapi buat naek selepas 80kpj terasa berat
Top sped juga cuma tembus 115kpj, itupun saat 100 ke 115kpj agak lama, tapi klo nunduk mentok 120kpj
Mending ditanyakan ke bengkel resmi, umumnya suara kasar kalau sedang akselerasi bukan saat mesin idle apalagi motor baru. suara kasar bisa juga dari pelumas yang terlalu encer, setelan klep terlalu longgar, rumah kopling oblak, rantai keteng kelewat kendur atau lidah tensionernya haus.
wkakakak kok giliran CB150R gag di buat artikel ?
kalau product selain HONDA pasti keluar artikelnya dgn alasan “sebenarnya p2r gag mw”
ada yg tw knp ?
ngorok ditulis tuh
suudzon simple aja
cb150r memang sempurna dunia akhirat, jadi wajar kagak ada komplen
fakta..klau untuk new jmx emang banyak yg mengeluh kan,karbu gampang rusak,primer cepat bunyi,pelang gampang peang dan pecah,klau lgi dipanasin mesinx waktu pgi ngasap putih tw ngukus..dan malah laku jmx yg lama drpda yg new jmx untuk pasaran sekenx..maaf gk ngibul lho…
kalo kata FBH motor yamaha belum setahun sudah ngebul om
mas .. kalo gag punya mx mending diem deh.. biar makin ganteng mukanya…
emang begono mx ane jg gitu kok..
mx mo yg std, kopling, ato yg new kopling 5speed sm smua..
paling biar alus dikit tiap 2x ato 3x servis di stel lg klep nya..
klo tanya kenapa gk kyk honda tiap servis cek+stel klep..
ya maybe mx buka head cyl nya ribet mesti copot+kuras radiator dlu kali ya..cmiiw
Ikut ngorok… Wkwk
http://trexton.wordpress.com/
Kalo sdh mesin tegak rata2 emang agk kasar. bandingken saza, mesin tegak cs1,gl max,tunder dg mesin rebahan supri x 125. Tp sworo mesin beda jauh padahal kubikasinya sama. Ai jga bingung jadinya
Normal….
gue baru 6 bulan pake njmx, oke2 aja, mesin emang kasar.
Kalau Jup MX memang bermasalah pasti akan heboh di berita spt kasus Vario ngorok yg heboh. Buktinya Jup MX sudah banyak beredar & nggak ada masalah. Seharusnya yg punya blog lebih smart biar tidak kelihatan memihaknya. Seharusnya pemilik Jup MX di minta ke Beres Yamaha dulu baru komplainnya di muat di Blog.
kok malah nyalahin blog-nya bro. kasih solusi dong. setahu P2R, MX memang ciri khasnya gitu. agak ngoklok di rpm bawah.
dulu awal2 keluar malah milky oil. oli campur air. masih ingat gak???
yoi, tak spt produk sesembahan ente yg begitu sempulna
kata2 soal kasus lama itu malah kurang pantas di ucapkan. Jup MX sudah berapa tahun ! Sudah ganti model berapa kali ! apakah sempat serame Vario kasusnya !
Blog ini di baca umum jadi yg punya Blog harus Smart. Masalah yg ada harusnya suruh konsumennya bawa ke Beres dulu, kalau sudah ke 3 Beres nggak ada hasil baru di post ke Blog. Ini belum dibawa ke Beres tapi sudah di posting di Blog. Padahal Motornya saja belum di periksa sama yg ahli ( Mekanik ) tapi malah di Post di Blog ! memangnya berapa banyak Mekanik yg baca Blog ?
Atau seharusnya di arahkan ke Blog yg lebih teknis seperti Blog Kang Ary.
jangan baca sepihak… kalo real banyak gan dah bawa ke beres.. tp masalah itu akan terulang lg… pemakai jupi mx banyak yg mengeluh begitu.. apalagi kenyataan ktemu di jalan umum.. jupi mx emang banyak ditemui kejadian sperti itu..!!!
yg sharusnya agan tinggal jawab aja.. apa solusinya??? soalnya kalo fakta ya…. emang ngeselin masalah di jupi mx
lagian emang bukan motor dewa… jd jgn manja n jgn gampang nge bc produk lain
Saya heran, berdasarkan apa anda bilang banyak ketemu kasus di jalan ? saya coba googling kok nggak banyak ! Bukannya saya sudah jawab, solusinya di bawa ke Bengkel Resmi. Kalau Bengkel Resmi tidak bisa kasih solusi baru di muat di Blog !!! Saya tidak men-dewakan motor hanya membawa suatu masalah ke porsi yg seharusnya. Saya hanya kasih contoh saja, kalau mau tahu banyak kasus atau tidak ya tinggal googling saja
jangan asal ngomong gan, njmx tu emang gtu karena motor cc gedek, yang email mas p2r aja oon, orang karakter mesin emang gitu, semakin besar cc semakin kasar pula suatu motor, mau hilang tu suaranya, pakek knalpot racing aftermarket yang kelas elit, misal DBS sekalian.
Dijawab ja masalahnya…jngn OOT lah.hargai yg punya rumah.ne mlh nyalahin blognya….
kalo merk H dicaci ya?
gampang itu mahh.kalo mx ente ngorok tinggal kuping ente pakein headset.dijamin ngoroknya ilang.kl g percaya tanya taiatmono
jupi mx itu lebih banyak masalah dibanding motor lainnya.. cm ya itu.. slalu tertutupi oleh masalah2 motor Y lainnya.. makanya yg dah beli pasti pingin jual kembali.. n kapok…
dah konsumen yg bebicara.. fakta tuh..
bettul
Mmg bro bnyk mslh….ane jg pake mx kopling.3 bln blm ada laher di kopling dah rontok.ne dah ganti 2x…..aki setahun dah gnti…hbs mslh itu ane putusin buat upgrade…enaknya mx itu variasi nya bnyk bgt….hehehe
Saya nggak tahu gimana cara pakainya tapi di luar pulau jawa yg medannya lebih berat. Jup MX masih merupakan favorit untuk medan yg jalannya buruk dan banyak gunung. Dan belum ada kasus laher di kopling rontok dalam 3 bulan. Kalau aki itu masalah perawatan dan pemakaian lampu variasi yg banyak juga mengakibatkan cepat dropnya aki. konsepnya aki adalah kelistrikan ada voltase dan ampere yg terbatas pada ukuran aki. jadi kalau nambah lampu2 variasi harus di hitung kembali kapasitas aki
bc ni orang, ni motor ane udah hampi 1 tahun masih oke, naik turun jalanan pegunungan yang terjal gak masalah.
kalo anonim, ntar cicilannya kagak sampai
Dilem kuning….dilempar, tuku maning…
setujaaaaa
Mana fby yg biasanya Datang tak diundang, pulang minta ongkos…
kalau pada ngeluh NJMX
knapa ente beli
ngapa tak beli yg lain saja
ane pake njmx aman aja tuh, bunyi klotok”nya itu pas di hidupkan saja
ketika dah di jlanan sudah ilang tu suara klotok”
malah NJMX ane di blng suaranya paling halus kalau di jln
coba deh ente ganti oli yg lain, jgn pake oli deler lgi
masih sama atau tdak, pake yg agak kentelan olinya
Ane dah pernah bro ganti yg kentel an dikit,merk e*f….sama aja.mlh tmbh berat tarikannya….
Gampang, hubungi juragan sebelah aja, langsung diganti baru.. Dikasih pilih lagi mo warna apa? Mantap kan..
jiakk motor jaman skrg pake oli kental?sekalian oli gardan sae90, dijamin suara alus
mbok ya mikir, pabrik menentukan kekentalan oli itu sdh diitung spy bs msuk ke semua celah yg bergesekan..
grobak jelek ane aja sdh sae10, jgn samakan mbil jaman dulu pake sae20 bahkan 30
hahahaha,,
masih percaya sama si ari mekanik kampret???
hahahaha
mekanik ngawur itu bro,,,
Coba bantu jawab…
Emng ciri mx dari gen pertama sampe new mx suara klotok2….g mslh ko.normal alias wajar dari oroknya.ane juga penyemplak old mx thn 2010.suara nya mlh bikin mtr didepan pd minggir ko bro,g usah pake klakson lg.
Pernah ane tanya di beres katanya itu krn kompresi tinggi n kopling.g tau bener po salah…
Kan Emang Product gagal …
Buktinya … enggak pernah bisa mengalahkan Supra X 125 …
Ngalahin apa dlu ne bro,jwbny jngn ngawur dong…klo performa mesin,sama2 standar msti supra nya klh.
Kebetulan rumah da beat karbu,supra ma mx.test pling enak buat nyante supra,buat macetan beat,buat touring pake mx.
Konsumsi eco supra 1liter buat 55km,mx 50km,beat 42.
dalam hal?
jualan?
siapa bilang gak bisa ngalahkan supra 125???
klaim ke BERES aja dulu ma bro
dengan banyak memampilkan keluhan merk x, penulis mengajak pemirsa untuk membeli merk z.
merk x jelek lho… ini buktinya banyak keluhan. merk z bagus karena sengaja gak di bikin artikelnya (urusan dapur ngebul bos).
strategi marketing dunia maya. yg gak mudeng berarti masih bego. yang nyolot juga bego. yang pinter sales. fanboy fanatik buta oleh merk juga bego.
itu saja. sekian pemirsa.
terimakasih anda terlah menjelaskan diri anda sendiri.. dari blog Y
skali lg terimakasih.. sangat jelas dan smakin MENGHARUMKAN..!!
@pengamat.
haha nuduh ane antek2 pabrikan/sales merk y?
jangan salah. ane ngga makan dari hasil pabrikan motor di negara ini.
ente pake nick pengamat tapi pengamatan ente salah.
jujurlah pada konsumen. jangan hanya ngejar sales saja. konsumen di bodohin.
merk dimari semua sama saja. jadikan blog itu bener2 indepndent. jangan hanya tulisannya yg independent tp bahasnya keluhan merk tertentu.
jadilah orang yg pinter. pengamat harus pinter. pengamat juga independent.
kalo tidak independent berarti bukan pengamat. tapi jurkam.
dan dengan langsung menuduh ane antek2 merk tertentu berarti ente nyolot. dan yg nyolot sudah ane sebutin diatas wkwkwkwkekw
mgkin udah karakter mesin mx, cz punya adikku th 2009 jg ngoklok, terutama kalo angkatan, kerasa banget, tp nyatanya sampe skrg jg aman2 aja…
mirip keluhannya sama new jupiter z saya, saya bawa ke BeRes mekaniknya cuma senyum2 kaya ngeremehin saya ga ngerti motor (padahal emang ga ngerti, hehe) dan yang dia bilang cuma “emang begini mas”…halaaaahh -_- males banget dengerin alasan kaya gitu, pulang aja deh, smp skrg masih kaya gitu jadinya 😦
motor MX saya juga ngorok tuh, tapi nggak brpengaruh pada peforma
http://otoradians.blogspot.com/2013/05/rasa-berkendara-berdasarkan-keadaan.html?m=1
mesin nya mx sama vixion kan emang agak kasar gitu suaranya
SOHC 4 klep emang agak berisik ketimbang model lain
haduuhhh,,saya jga ni punya mx tahun 2012 nya,,, baru satu tahun piringan cakram blakang dah tipis bgd,,,pa lagi kampas rem blakang sering bgd gantinya,,yank ori 3 bulan skali ,,ynk imtasi 1 bulan or 2 bulan…capek lah,,,, n mx juga ke banyakan kabel2.. jdi law mau modif krompongan jdi jlek,,kbanyakan kabel,,gak kaya satria f,,,ramping n gak kbanyakan kabel,,,jdi bagus modifnya,,,
ane punya njmx 2010 .
Bunyi kasar kayaknya dari oli mesin, tiap nyervis dikasih yamalube sae 10w40 .
Padahal di buku panduannya harus 20w50 yang lebih kental .
Lebih kental lebih adem suaranya, suara ngorok lebih teredam .
Maybe …
gw pengguna njmx, watu pertama gw beli njmx emang suaranya lebih kasar dari motor bebek baru laennya, tp stlah bbrapa bln pakai suara kasar njmx berangsur2 hilang mlah smkin halus!
Pertama mx mank.kasar bro..
tp mx Ъќ>:/ cengeng..
Чªήğ salah orng Чªήğ kerja d pabriknya bro.. kerjanya ngasal…
Ane dapet info lngsung dr karyawanny bro..
☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺
ane juga pake njmx , memang kasar bunyinya, oli pake enduro 4 racing, tapi oke2 aja. biarpun kasar itu kalo pertama dhidupkan. kalo udh lari kencang suara jadi halus. pokoknya mantap. kalo pelan2, kasar dan berat tarikannya.
Ahhh klotok” mah mgkin msih dingin kali mesinny gan wktu bru mau dipanasin 😀 O.O
Pny awak aja udh lenyap tak bersisa suaranya *nyihihihi
Gann ! Nih new mx mmg kandas ya klo ketemu trek offroad alias lobang , tanjakan sama polisi tdur?ngeri banget suaranya klo dh keseret , dan klo dh gtu bagian” mana aja tuh yg keseret?sadis bget tuh suarany , nkin skit at jg motor blm 2 bln gtu @@
maaf gan mau tanya kenapa ya jupiter mx 2012 saya, kalu pas lagi jalan tuh suka ada suaranya di belakangnya tuh,, kaya ada yang remuk gitu kenapa nya trus cakram belakanya suka bersuara gitu…mohon pencerahannya..terimakasih
permisi bro..NJMX 2013 punya saya krang meusakan…mesin saat kecpaan d baah 60km/jam suaara berisik dr mesin sanat menganggu…saya sih pake oli standard bengkel resmi..keluhan berikut ny…saat mematikan mesin stelah di pakai motr saya mesin nya kayak suara nglotok gt…jd agak nyesal sich beli NJMX 😦
wah pada dodge ketikan gw… maaf ya mina san 🙂
Jurus jitu ngilangin suara berisik jupiter mx…100% manjur/mujarab,
bawa jupiter mx ke jalan yang ramai, lalu parkir di pinggir jalan itu
kemudian pandangi sejenak motornya…dan tinggalkan saja dulu
pulang ke rumah sambil makan minum dll, kira2 lima hari lagi
baru di tengok lagi motornya, yakin pasti gak bakal ada bunyi motor
yang berisik itu, percaya deh…heheheh..
maaf sebelumnya, sy jg penunggang mx 2012, skrg mx sy dah 1,5 thn, tp gak ada masalah tuh, kampas rem blm ganti, ban msh bawaan motor, malahan sering d pake ngelibas medan yg jelek d pelosok, maklum tukang service tv. menurut sy, yg nentukan baik apa gak kndraan hny trgantung dr cr pemakaian, pandai2 baca karakter mesin kendaraan, mau geber2 sepuasnya boleh aja, yg penting lakukan dgn hati2, gas di urut. wajib perhatikan oli, tiap merk oli mahal belum tentu cocok dgn karakter mesin, jarak tempuh sehari2, jalan lancar atw macet dan riding style kita. njmx sy tetap ok smpe skrg, suara n tarikan gak berubah, n sy pribadi gak sk berlebih2n d jalan, hny top speed sdh turun dikit, dl mampu 125kpj, skrng mentok 115kpj, 120kpj bisa tp butuh lintasan yg panjang. service ringan sy lbh suka lakukan sendiri krn sdkt kurang prcy sm hsl krj mekanik d beres yg kdng kejar cepat.
motor saya NJMX dipake setiap hari k skolah , udah 3 tahun baru ganti kampas cakram, mau ganti rantai tapi masih nunggu sinnob belt, soal accu bisa diisi air accu lagi, 2,5 thn ganti ban, 3bln skali pke enduro jadi mesin kuat dan ga kasar, pengapian=quil kharisma, busi NGK g power. top speed 130, mantep tuh
Misi om p2r. Mau tanya nih kenapa ya oli mesin bisa naik ke ruang radiator. Penyebab ny apa?.. Jadi air radiator bercampur dgn oli. Terus sebalik ny apakah ruang mesin bisa di masuki oli jg’ dan apa penyebab ny. Solusi ny donk. tks