Perbedaan Mesin New Honda Blade vs Blade Lama, Lihat Silinder Head dan Sepul Magnet!!! 8 Agustus, 2011
Posted by proud2ride in Honda.trackback
Mudah-mudahan belum ada media otomotif atau bloger lain yang mengulas perbedaan mesin New Honda Blade dengan Blade versi lawas. Semoga P2R menjadi blogger pertama yang mengupasnya. Semua berkat kebaikan seorang pembaca via email p2rbikers@gmail.com. Isinya menakjubkan bro, berikut detail perbedaan mesin beserta foto-fotonya…!!!
Perbedaan paling banyak hanya pada konstruksi di dalam silinder head. Meski banyak beda, tapi ternyata power dan torsinya sama. Lalu apa yang dikejar dari perubahan ini? Memang tidak ada detail penjelasan dari email yang diterima P2R. Tapi infonya sih lebih pada usaha mengurangi vibrasi mesin.
Yukkk…. mari dirinci bedanya. Noken as alias camshaft pada New Honda Blade dibuat baru. Porosnya lebih panjang dan punya bumbungan noken as atau tonjolan kem lebih gendut. Tapi tinggi dan lebar pinggang tonjolan kem sama saja, bisa diartikan durasinya juga sama. Tapi dengan profil semacam itu memungkinkan klep membuka lebar lebih cepat.
Hemmm…. memang rada susah menjelaskan perihal karakter kem model gendut. Tapi mekanik balap banyak memburu profil kem macam itu. Intinya bisa memasukkan lebih banyak campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder. Alhasil, mesin lebih powerfull dan nafasnya lebih panjang.
Lalu untuk mempermudah bongkar pasang, baut gigi rantai keteng yang menempel di noken as cuma ada satu. Yang lama ada empat, pasti lebih repot. Tapi roller rocker arm-nya masih sama persis. Bedanya hanya di roller rocker arm yang “ex”. Yang lama ada tonjolan kecil di dekat roller.
Yang harus diperhatikan adalah, isi kepala silinder Blade versi lama dan baru (noken as, roller rocker arm-ex, gear rantai keteng) enggak bisa saling tukar loh. Tapi kalau tukarnya lengkap silinder head-nya segeluntung baru bisa.
Perbedaan lainya adalah pada sepul pengapian. Sekilas sama saja dengan versi lama. Tetap 12 kutub tapi beda pada kumparan yang lebih banyak. Konon biar arusnya makin gede.
Mungkin ada hubungannya denagn New Blade yang memiliki banyak lampu. Bagian depan ada 2 lampu, 2 lampu senja, sein 4, lampu belakang 1, lampu plat nomor 1, belom lagi lampu speedometer.
Blade baru juga sudah AHO (automatic headlamp on), dan saat kontak di geser ke posisi “on” lampu senja dan lampu plat nomor langsung nyala. Bisa tekor kalau gak digedein listiknya. Betullll….???
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Tambahan artikel:
Oiya, pistonnya juga didesain berbeda. Bagian sisi sampingnya tidak lagi berlubang, tapi yang baru punya tiga got untuk sirkulasi oli dan banyak garis lembut di permukaan piston. Terus, di dekan pin pistonnya ada lubang kecil yang membuat piston makin ringan.
*kotak ajaib bernyanyi… kotak ajaib berdendang*
Okrex…
mantaf informasinya> jadi pengen
salam kenal
Wahh,… Gmn t? Klo gt pemakai mesti gnt aki 6 bulan sekali
Laku
mantab banged bocorannyaa…
http://motoisme.wordpress.com
wahh..nice info masbro..
nitip ya..
baru kali ini honda bikin baut gear camshaft satu aja, ngirit praktis
Nce share…dilanjooooettt…..gan.
Oiya pistonnya belum dibahas tuh…
oh ya bro, ditambahin nih
Oiya, pistonnya juga didesain berbeda. Bagian sisi sampingnya tidak lagi berlubang, tapi yang baru punya tiga got untuk sirkulasi oli dan banyak garis lembut di permukaan piston. Terus, di dekan pin pistonnya ada lubang kecil yang membuat piston makin ringan.
oooo jadi daleman dubah sedkit,,kirain sama plek
ikuti polling motor idamanan biker,makin rame makin seru
http://motomotif.wordpress.com/
yg jelas sih NaJiZ semakin kelihatan ketinggalan jaman dan OPERPRESS
jadi ga cuman ganti baju ya?
yah…begitulah kira2… kita tunggu aj NJZ vs NB di bulan2 depan.. mana yang dapat pertamax
Power & torsi pun disunat…
ini iklan di tv blade nyaa
Beneran ni Mas? jadi ini memang honda terbaru ya, tidak hanya ganti striping dan cover. bakal catat rekor lagi nggak?
mantaff gan….makin kerenzz aja dah honda….
tuh kan bener…
honda ga asal ngejiplak mesin dari motor yang lama…
tapi selalu membuat yang llebih baru dan yang pasti kualitas nya nomor satu …
selamat ya buat honda atas pembuatan produk baru yang sukses 🙂
Setiap mengeluarkan versi baru Honda pasti melakukan perubahan dari luar hingga dalam, dan pastinya tekhnologi juga makin meningkat…
Percaya……kalo new Honda Blade lebih power full, lha wong gw udah coba……dg NHB yang baru gw…….
Tarikan coy……power full……., napasnya panjang coy……!!!
Mantap NHB…….., siiiipppppp………
lari maximum berapa mad
gigi honda blade bru brpa……..???????????/
Harusny honda lebih menekankan kalo ini bener2 motor baru luar dalam
Ikutan kuisnyaaaaa:
http://wordbola.wordpress.com/2011/08/04/kuis-dirgahayu-ri-ke-66/
bener2 BARU!!! ga seperti kata fby yang asal njeplax bilang mesin new blade sama kaya blade lama 😀
modif ringan…. Tapi output tenaga jadi turun dibanding blade lama…lebih berat juga…
Soal spul sih emang harus soalnya lampunya sekarang meriah bener..AHO pula…
Trus…..yang berpikir copas…., ganji baju….., ga sopan banget ya ??!!!
Kalo’ ga ngerti jangan sebar gosip ga jelas donk….!!
Baca nih artikel dulu….., baru komentar…..
Hmmmm…..ngomong2 tarikan jadi panjang dong….??!! alias napasnya jadi panjang…….
siiip dah kalo’ gitu….., beli aahhh…..
penasaran sama new blade. klo liat tampilan bener2 fresh (bukan minor change).
sumpah,gak ada motor bebek yang buat gua nafsu,,ngeliat newblade gua mau muntah,jelek banget lampu dpnnya,belum knalpotnya aneh,kegedean body.kayaknya HONDA memakai trik lama,yaitu kaum ORTU.karena kaum ORMUD gak laku bladenya.cuma menang di SPX HELM IN,SPACY,BEAT,VARIO,dan REVO yang kacang goreng penjualannya.
YAMAHA cuma nyampah di jalan,dah kayak buntelan plastik sampah jalan.yang mantep cuma VIXION,yang lain cuma onggokan besi kerupuk yang dirakit seperti motor.apalagi MIO and SOUL,cuma mesin manja yang di kasih stiker,baru bolak balik PEKANBARU-PADANG 6 kali aja ring piston dah ngasap,SAMPAH,apalagi vega-zr si produk GAGAL.tetangga gua baru make 14rb KM klep bocor.JUPIZET dah kayak perek nunggin,MX kayak keong ciliwung.
KAWASAKI apalagi,yang muncrat cuma ninja,yang lain dah kayak MOBEG gua liat,deasainernya pada bego ngedisein,kalah ma anak TK.
SUZUKI,kenapa AXELO gak laris ya? Padahal gua ngiler ama ni bebek,betul betul desainer yang mangstap otaknya.SUZUKI emang jago desain.tapi kok gak laku? Lagi lagi durability engine yang masih membuat orang ragu.padahal jelas jelas SPIN,SKYWAVE,SKYDRIVE mesinnya lebih bandel dari XEON yang udah DIASYL.
Kesimpulannya;gua gak ngiler liat motor sekaran.selesai.
mestinya CC dan tenaganya lebih besar
masak CC nya cuman 110
aq br beli blade msih jln 350km, coba gas pol kok cuma sampek 90km/jam, pa da solusi biar lbih kenceng lg? tQ
mmm jd yang lbih laju yang mana yahh
bisa kasih gambar sepul blade lama dengan blade baru gan? ane baru beli new blade….,baru pake 2minggu tekor aki n sudah d gonta ganti mulai dr kiprok,sepul n aki,masalh baru muncul lg gan lamp depan klo d gas redup,takut’a si dealer salah pasang sepul,ane balik lg k si dealer buat cek ulang,eh malah baca buku panduan..si dealer berkata smua normal,..ada saran ga dr agan”?
KALO MW KENCENG MESIN STANDAR, KLEP IN EX DI UBAH,,CDI GANTI BRT ,KOIL PAKE BLUE THUNDER, ,BUSI TDR RACING PAKE YG MASANYA 3, ,,PASTI AKSELERASINYA JADI 111 CC,SAYA DH COBA DI BLADE 2010 ,, UDH DI TES MAIN DI PEMDA,, SAMA NUVO ,,ALHASIL,,GA MENGECEWAKAN,,BIARLAH YG LAIN NGOMONG GA JELAS, YG PENTING TADING DI JALAN…
punyaku honda blade thn 2011,pulang dri dealer lgsg gnti knalpot racing smpai skrg. Alhmdllh blm ada mslh,aki bru pertengahan tahun tdi dignti. Mesin gk prnh di otak atik,cm stel angin sma busi gnti tipe racing. Dan oli 500km sdh hrus di ganti. Klu mtr 125cc permisi aja sekalian bilang numpang lewat. Bahkan pernh ngejar maling bwa mtr Y v-ixion, berani sejajar smbil nendang malingnya smpe jatuh. 🙂