Setelah SV, Masuk Generasi OHV (Over Head Valve) #DOHC vs SOHC (2) 28 Januari, 2013
Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.trackback
Setelah generasi mekanisme katup SV (side valve) ditinggalkan di akhir era 70-an (khususnya pada mesin 4-tak sepeda motor), lalu masuk generasi baru berjuluk OHV alias Over Head Valve. Klep posisinya di kepala silinder. Kepala klep menempel di ruang bakar silinder head. Sehingga konstruksi head silinder tak lagi sederhana.
Tapi pada awalnya, posisi noken as alias cam masih di bawah deket dengan kruk as. Masih sama seperti model SV. Sehingga masih dibutuhkan push rod. Bedanya, OHV sudah dilengkapi rocker arm untuk menekan batang klep.
Pada model OHV, konstruksi ruang bakar jauh lebih bagus dibanding SV. Campuran gas pembakaran masuk ke dalam silinder dengan lancar. Efisiensi volumetris menjadi bagus.
Tapi sayangnya, jumlah part alias komponennya masih dirasa terlalu banyak. Sehingga dirasa kelembaman massa di putaran tinggi masih besar terutama akibat gesekan push rod dengan cam, dan pada rocker arm-nya sendiri. OHV dengan noken as di bawah masih kurang bagus pada putaran mesin (rpm) tinggi.
Para teknokrat otomotif terus melakukan inovasi untuk mencari efisiensi volumetris maksimal, mesin halus dan powerful. Maka lahirlah generasi berikutnya yaitu OHV versi OHC (over head camshaft) yang menurunkan versi SOHC (single over head camshaft) dan DOHC (double over head camshaft).
Ceritanya bagaimanaaaa…. lanjut artikel berikutnya yaaaa….!!!
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja
ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
wah, pelajarane semoga nyampe desmo dan penumatic…. lanjut boss……
setuju…semoga masyarakat makin tau dan BC sales tidak menyesatkan pilihan sesuai kebutuhan mereka
nitip nebar jaring
FENOMENA mesin 2TAK:
http://www.umarabuihsan.wordpress.com/2013/01/28/bawaan-lahir-2-tak-memang-melibatkan-pembakaran-oli-samping-akan-lebih-bijak-kalau-dihentikan-produksinya/
2 tak Direct Injection bisa lulus uji euro 3. lebih halus, lebih bertenaga dan tentu saja lebih irit.
😉
nah ini mirip cg
nih sport car sampe sekarang tetep pake mesin V6 OHV
Corvette
bukan nya corvette pake V8 om ?? imho
sorry salah tulis
ralat yg bener V8 OHV
ehehe,,to be continue
mantap
dohc
bagusnya DOHC yang pake gir kang kayak motornya MOTOGP
He he… Ketahuan nih artikel arahnya kemana
apa lagi ya perkembangan setelah dohc?
kalau pernah bongkar mesin V8 lama milik chevrolet yang banyak dicari sekarang, mekanisme klepnya kurang lebih seperti diatas side valve
Mantap..
http://trexton.wordpress.com/
segala yg terlahir lebih dulu bukan berarti jadul dan kuno, bahkan bisa jadi lebih canggih.
OHV jaduL??? masa sih, banyak tuh sekarang yg masih ohv
SOHC jadul? gak juga, banyak pengembangan mesin sohc
DOHC modern? iya sih, tapi gak mutlak, karena desain DOHC konvensional beda dengan DOHC modern,