jump to navigation

DOHC Direct Valve vs Roller Rocker Arm #DOHC vs SOHC (5) 29 Januari, 2013

Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.
trackback
DOHC Engine

DOHC Engine

Ingat yaaaa…. tulisan berseri seputar mekanisme katup ini hanya untuk tambahan pengetahuan saja. Bahasan berdasarkan perkembangan yang ada dipersepeda motoran, khususnya yang masuk di tanah air. Sooo….. gak usah ribut, apalagi sinis sama penulisnya. Situ mau jagoin DOHC-ya StreetFire, silahkan. Pilih SOHC 4 valve-nya New V-Ixion, ya suka-suka anda…!!!

Mekanisme katup hanyalah sebuah sistem untuk mengatur keluar masuknya gas pembakaran ke dalam silinder. Hanya sebagi salah satu  penunjang power, akselerasi dan keiritan bahan bakar. Tidak mutlak, bukan satu-satunya.

Wellll…. wewe gombelll…. lanjut ke tulisan soal DOHC alias Double Over Head Camshaft. Dua buah batang noken as bercokol di kepala silinder. Kalo sudah DOHC sudah pasti multi valve di atas 2 klep. Mubazir bin aneh kalo sudah DOHC tapi cuma 2 valve, hehehe…!!!

Kalo pada motor satu silinder, kebanyakan pasti 4 valve. Satu poros noken as untuk menggerakkan 2 klep masuk dan poros cam satunya lagi untuk menggerakkan 2 klep buang.

DOHCNahhh…. DOHC yang masuk ke tanah air kebanyakan direct valve seperti pada Satria FU150, CBR150 dan StreetFire. Lihat saja gambar di atas.

Tapi ada juga DOHC yang masih pakai roller rocker arm. Yaitu punya CBR250. Semuanya punya maksud dan tujuan. Sabar saja, pasti tak jelasin bro. Kalo kurang silahkan ditambahkan.

Maksud diciptakannya model DOHC 4 klep, direct valve adalah (1) untuk memaksimalkan efisiensi volumetrik. (2) untuk mengurangi gerak mekanis dari rocker arm. Gejala floating pas rpm tinggi diminimalisir.

Tapiiii….. proses ganti shim (pengganti stel klep) jika sudah aus menjadi agak susah. Mesti bongkar banyak bro. Konstanta pegas klep juga butuh lebih tinggi. Ada efeknya juga ini bro.

Sedangkan DOHC with roller rocker arm seperti pada CBR250 dirancang untuk memudahkan saat stelk klep jika suaranya mulai kasar. Enggak perlu bongkar head silinder segala. Konstanta per klep juga bisa dikurangi agar gasingan mesin lebih enteng. Dulu banget P2R sudah pernah bahas kok. Coba klik http://proud2rideblog.com/2011/04/25/honda-cbr250-kantongi-27-patent-technology%E2%80%A6-artikel-2/

Secara jumlah part, DOHC lebih banyak. Dua gigi timing pemutar dua poros cam dan rantai keteng lebih panjang. Bentuk head menjadi besar. Makanya mesin DOHC lebih gagah dibanding SOHC 4 klep sekalipun. Nahhhh…. disitulah letak mahalnya DOHC vs SOHC.

Menurut P2R, SOHC 4 klep adalah versi hemat untuk mengejar efisiensi volumetrik. Enggak perlu bikin dua poros cam dan bentuk head yang rumit. Tapi jJika diracik dengan durasi cam yang benar, hasilnya juga bisa maksimal. Tapi ya itu tadi, buat rpm tinggi (misal buat balap), P2R tetap jagokan DOHC. Kalo buat harian sih, so… so… lah yaouuu…!!!

Mekanisme klep lainnya silahkan baca-baca punya teknologi mobil. Jauh lebih maju sepeti VTI, VVTi dan lain sebagainya. Dan menurut P2R untuk motor-motor cc besar yang masuk Indonesia, suatu saat juga akan contek punya mobil. Tinggal masalah waktu dan kebutuhan.

Ingat bro. Seluruh pabrikan itu enggak mau rugi. Jual motor pasti cari untung. Tinggal kita sebagai konsumen mesti pintar pilih dan sesuaikan kebutuhan pribadi. Enggak usah ikut-ikutan.

Hehehe…. jadi masih lifestyle DOHC atau SOHC. Pilih StreetFire atau New V-Ixion…??? Saran P2R, kalo beli dua motor ini, pertimbangkan pula ketersediaan part performanya di toko-toko. Karena kok kurang sedap, beli motor itu tanpa bumbu-bumbu upgrade tampilan dan mesin. Just my opinion ya sobbbb….!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja

ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. harlan - 29 Januari, 2013

Pasti lebih unggul teknologi DOHC 4 valve lah dibanding SOHC 4 valve. Kesimpulannya : pilihlah …..

blekedeg - 29 Januari, 2013

pilih NVL lah pastinja

arick - 29 Januari, 2013

Sohc overbore 23,5 hp :mrgreen:

porn rabbit - 29 Januari, 2013

pilih NVL sohc expert!

mbah mukiyo - 29 Januari, 2013

pilih CB najis tralala trilili SOHC KOK LEBIH MAHAL

mbah mukiyo - 29 Januari, 2013

NVL OPERPRETTTTTTT

fixer - 29 Januari, 2013

CBSF kaki cungkring overprett

Ms Dhukha - 30 Januari, 2013

Ninja 250 FI / Satria F

2. ariefbladeriska - 29 Januari, 2013

selera gan,,,dohc yg enak buat harian ya cbr250

porn rabbit - 29 Januari, 2013

yah neh diem2 keren juga loh cbr250 neh…..sexy elegan…kalo ninja sexy binal…dua2nya sama2 keren dah…..

3. ariefbladeriska - 29 Januari, 2013

sesuaikan saja sama selera,,,mau ngebut ap mau kalem,,,mau ugal”an ap mau kayak bapak”,,,mau balap ap mau harian?

porn rabbit - 29 Januari, 2013

ngebuts kalem nan sopan aja deh…..

4. brigade jalan raya - 29 Januari, 2013

Tapi kenapa dikebiri segala kalau honda ingin cb150r superior 😦 itu tuh masalah top speed. Memang mau ngebut dimana 🙂 Tapi kalau saya pakai cb150r memang maunya ngebut melulu. Wong DOHC paling enak dibuat ngebut. xixi

Coba top speed bisa 150 km/jam, asik kayaknya buat turing nih. Ngarep dan mimpi. Wani piro. wkwkwkwk

porn rabbit - 29 Januari, 2013

selera orang beda2 yah…hehehe…..silahkan sesuai kantong aje bray….

5. Uberleben - 29 Januari, 2013

wah okelah

6. cah ndeso - 29 Januari, 2013

kesimpulannya :
1. pilih kenceng di dynotest pilih new vixion L
2. pilih kenceng dijalan pilih cb150r..

sesuai rekomendasi motorplus…

porn rabbit - 29 Januari, 2013

wakakakakakaka……bisa aja lo bray…

mbah mukiyo - 29 Januari, 2013

kalo di ynotest kan hanya ban belakang yang berputar sebagai penggerak lah wong kalo dijalan ban depan bergesekan dengan aspal jalan yang sessungguhnya jadi bisa dipikir sendiri yahhh seperti apa wkwkwkwkwkw

hndrix - 29 Januari, 2013

emang pny mtor cm bwt dynotest pasti buat di jalan donk

ada2 aja loe brow hahaha

7. NoAH - 29 Januari, 2013

”Karena kok kurang
sedap, beli motor itu tanpa
bumbu-bumbu upgrade
tampilan dan mesin”

klw upgrade tampilan,baik NVL n CBSF dua2nya bisa.
Tapi…
Klw upgrade mesin??? Tau sendiri lah . . . (NVL susah di oprek)

wkwkwkk

porn rabbit - 29 Januari, 2013

upgrade tampilan aja deh bray…kan dah dpt sohc expert…ehmm…ehhm…..

pak tarno - 29 Januari, 2013

blom tau mesin MX/vixion (lupa) yg dipake track day di sentul??? musuhnya DOHC tuh, tapi masih bisa podium 2 diantara sekian banyak dohc yg ikut

mbah mukiyo - 29 Januari, 2013

lihat partnya brayyyyyy

wong meseng - 29 Januari, 2013

ahhh kata siapa? itu BRT bikin ECU racing malah ada o2 sensornya 😛
jangan negatif thinking mulu makanya,
kalau ngomongin upgrade mah banyakan NVL, knalpot racing banyak (pake old vixion), noken as juga banyak, injektor dan throttle body yang lebih gede udah lama ada yang jualan, ECU BRT ada, gigi 6 pake R15 juga ada, sproket depan belakang, bejibun. paket bore up juga tak terhitung.

masih bilang susah dioprek?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 Januari, 2013

di balap SOHC malah bejaban lawan DOHC brot…

TVS Tormax vs Satria FU = Tormax

😉

blekedeg - 30 Januari, 2013

kliatan bgt seh g*bl*knya si NoAH

8. Satrio - 29 Januari, 2013

Pilih pulsar 180ug3, habis punyanya itu, kalau ada dana bwt ganti, ngambil PNS aja

porn rabbit - 29 Januari, 2013

180 jg mantep bray!…tampak belakang yg keren …lebih future….

9. akr9 - 29 Januari, 2013

pilih dengan kata hati aj!

10. pak tarno - 29 Januari, 2013

kalo buat harian ane pilih sohc, murah dan mudah perawatan, kalo buat balap mah bolehlah dohc. dan balap tulen gak ada yug pake motor massal, kalopun ada gak bakalan ada yg standart mesinnya

11. numpangliwataja - 29 Januari, 2013

Josss…………
Thanks buat artikelnya

Nice info… buat nambah pengetahuan

12. bruustuung - 29 Januari, 2013

SOHC 4 valve udh mumpuni kok bro kenceng utk jalan umum padat dan dipakai harian keuntungan hemat bahan bakar bobot ringan untuk rider punya berat badan normal udh kenceng kalo hoby turing enak DOHC trek panjang lebih kerasa bertenaga bahan bakar boros bro rugi buat harian tp tetep borosan mesin 2 tak…..

pak tarno - 29 Januari, 2013

gak juga, ninja R bisa kok lebih irit dari DOHC FU

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 Januari, 2013

yang dia tau nya cuma RGR x…

😉

13. numpangliwataja - 29 Januari, 2013

Ohya satu lagi mas bro P2R
mau nanya nih..
Apakah Roller Rocker Arm ini yang membuat suara dari CBR 250 terdengar lebih kasar dibanding CBR 150, ataukan murni dikarenakan Kubikasi dan Knalpot yang lebih besar ?

14. bruustuung - 29 Januari, 2013

Kalo mesin wankel ato rotary gimana bro…

15. ipanase - 29 Januari, 2013

lebih bertorsi yang pake roller ( ane ngarang, wong tahunya cuma di cbr250r 😀 )

16. Febrian - 29 Januari, 2013

yg pasti DOHC lebih boros bbm daripada SOHC
CB150R DOHC kok top speed sama kaya NVL SOHC
kalo ingin coba Real DOHC,beli CBR 150R itu baru Real DOHC

17. Hey Dude - 29 Januari, 2013

intinya untuk mesin ukursn kecil 150cc keunggulan DOHC tidak lebih dari tampilannya yg padat saja
bicara performa gak ada bedanya dengan SOHC
bicara irit jelas tidak direkomendasikan

pak tarno - 29 Januari, 2013

cerdas…. DOHC akan sangat terasa di motor besar, kalo di motor kecil mah sama aja ama SOHC, bahkan kadang suka dikepretin

18. Trisna Ariwibawa - 29 Januari, 2013

Sama” mesin.. Xixi
http://trexton.wordpress.com/

19. ericz - 29 Januari, 2013

kalo sistem mesin DESMODROMIC milik Ducati gmn gan??

20. rip - 27 Februari, 2014

Pilih ninja aja dah 2 tak ttp ngacir sampe punah… 🙂

21. deddy - 29 September, 2014

sohc 4 klep mampu bejaban sm dohc, mx bore up harianku enteng ngelawan fu korek harian


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.