jump to navigation

Menyebalkan, Bikers Merokok Saat Bermotor. Awas Sanksinya Penjara! 10 Januari, 2023

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags: ,
trackback

Kawan, ada satu kebiasaan perokok yang sangat menyebalkan. Yakni, tetap menghisap rokoknya, padahl tengah bermotor atau bahkan mengendarai mobil. Sialnya, debu bahkan sisa api rokok bisa membahayakan pengendara di belakangnya.

Alasannya, mengatasi ketegangan saat berkendara, atau masih saying dengan rokok yang masih lumayan panjang. Padal, waduh, merokok itu nyamannya ya duduk sambil ngopi.

Tidak banyak pengendara yang tahu, selain membahayakan, aksi merokok saat berkendara juga melanggar aturan lalu lintas.

Dikutip dari 100KPJ.com, disebutkan, soal larangan merokok saat berkendara ini tertuang dalam aturan pemerintah yang sudah ditetapkan melalui Kementerian Perhubungan yang tertuang pada Pasal 6 huruf C Peraturan Menhub Nomor 12 tahun 2019.

Dalam pasal itu menyatakan bahwa pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi, ketika sedang mengendarai sepeda motor. Apabila dilanggar, maka siap-siap kena sanksi.

Angkanya sudah tertera dalam Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang isinya:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000.

Selain merokok, aktivitas lain yang dianggap bisa mengganggu konsentrasi dan membahayakan diri sendiri maupun orang lain saat sedang mengendarai motor yaitu mengoperasikan ponsel.

Demikian pula dengan saat mengemudi mobil, di mana abu dan bara rokok bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jika terbang ke luar maka dapat mengenai pengguna jalan lain, sementara apabila jatuh di dalam kabin bisa membuat pengemudi panik dan hilang konsentrasi.

Selain itu, asap dari tembakau yang dibakar juga bisa dihirup oleh penumpang mobil dan membuat mereka menjadi perokok pasif yang juga berisiko menderita penyakit gangguan pernapasan.

Nah, semoga mulai paham ya. Dan, pak Polisi, harus sering-sering memantau kelakuan buruk pengendara semacam ini.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: