jump to navigation

Suzuki Satria, di Indonesia Ngos-Ngosan Lawan Honda Sonic, eh di Malaysia Malah Mau Diharamkan 19 April, 2022

Posted by proud2ride in Merk, Suzuki.
Tags:
trackback

Dalam dua hari ini kabar tentang Suzuki Satria menghebohkan. Bukan soal penjualannya,  melainkan kekhawatiran otoritas akan speed salah satu motor bebek super ini.

Ceritanya begini, kabar datang dari Malaysia. Di negara jiran tersebut, jumlah angka kecelakaan terbesar disumbang oleh kendaraan bermotor.

Pihak kepolisian Malaysia menyimpulkan, dan mengusulkan untuk mengharamkan motor kencang antara lain Suzuki Satria F150 dijual di Malaysia. Disebutkan, bahwa top speed Satria bisa mencapai 177km/jam.

Ketua Polis Negara (KPN) Acryl Sani Abdullah Sani menyatakan keprihatinan atas kinerja tinggi motor Kapcai alias motor bebek di Malaysia. Acryl Sani menggambarkan motor bebek berperforma tinggi sebagai salah satu alasan meningkatnya kecelakaan di jalan.

Pernyataan itu dibuat menyusul laporan sebelumnya yang mengungkapkan bahwa Suzuki Raider R150 Fi atau Suzuki Satria F150 (Indonesia) dapat mencapai 177km/jam diatas mesin dyno.

“Kendaraan (kapcai) seperti ini wajib diharamkan di Malaysia (karena) tidak ada relevansinya dengan kecepatan 177 km/jam di jalan raya sedangkan batas kecepatan maksimum 110 km/jam (di jalan raya),” katanya.

Baginya, sepeda motor jenis bebek termasuk penyumbang kecelakaan fatal. “Ini (penguncian kecepatan) salah satu penyumbang tingginya angka kecelakaan dan kematian di kalangan pengendara sepeda motor dan (kegiatan),” tambahnya.

Setelah itu, pihak KPN mengusulkan agar kapcai/motor bebek berkinerja tinggi dilarang dijual di pasar lokal. Pada saat yang sama, Acryl Sani juga mengharapkan The Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) bisa segera merumuskan kebijakan sepeda motor yang aman di masa depan.

Waduh, nasib buruk nih buat penjualan Suzuki Satria. Sementara di Indonesia, posisinya juga sudah dijepit oleh dua motor bebek lainnya. Antara lain oleh Yamaha MX King dan Honda Sonic.

Sejak tahun 2018, penjualan Honda Sonic sukses berkali-kali menggeser Satria. Ya, kini Suzuki Satria yang dulu menjadi raja, sekarang tidak lagi. Padahal dalam keluarga Suzuki, satria sangat diandalkan. Sudah waktunya Suzuki punya jagoan lain….

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: