jump to navigation

Petaka Yamaha R3 di India 13 April, 2017

Posted by proud2ride in Yamaha.
Tags:
trackback

IMG_7769

Untuk quota eksport ke beberapa Negara, Yamaha R25 yang di Indonesia berganti mesin menjadi Yamaha R3. Regulasi mesin di masing-masing Negara itu lebih ke 300cc bukan 250cc seperti di Indonesia. Salah satunya adalah India. Yamaha R3 di Negara tersebut didatangkan langsung dari Indonesia.

Sayangnya setelah beberapa tahun masuk pasar negeri Bolywood tersebut, Yamaha India resmi menghentikan penjualan motor sport ber-fairing tersebut. Menurut Yamaha India, R3 saat ini kondisinya sudah tidak kompatibel dengan standar emisi Bharat Stage (BS4, setara dengan Euro4).

Saat ini Yamaha R3 hanya bisa sampai BS3. Inilah yang membuat R3 terpaksa dihentikan penjualannya, karena pemerintah India resmi melarang penjualan kendaraan BS3 pada 1 April lalu.

Soal Standar emisi ini, India cukup advance dibanding Indonesia. Emisi Euro3 saja sudah diterapkan di Negara ini sejak 1 April 2010 lalu. Dan kini berlanjut ke Euro4. Dan selanjutnya, India sudah membuat perencanaan tinggi dengan memberlakukan standar emisi BS6, atau setara dengan Euro6 pada tahun 2020. Keren banget!

Lantas bagaimana nasib R3 selanjutnya? Dengan terpaksa Yamaha akan meningkatkan beberapa aspek R3 agar kompatibel dengan standar emisi baru. Namun tidak disebutkan kapan persisnya.

Di sisi lain, penjualan R3 juga tidak terlalu menjanjikan di India. Bahkan pada beberapa bulan terakhir di mana motor ini tidak terjual sama sekali. Diluncurkan pada Agustus 2015 lalu, target penjualannya mencapai 300 unit per bulan. Yamaha harus menyegarkan R3 bahkan R25 di Indonesia.

Komentar»

1. Cah ndeso - 14 April, 2017

Nasib…..

2. Aisyah - 16 April, 2017

Cakep, tapi harus stop ya hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: