jump to navigation

Kota Paling Macet di Dunia, Sip Bukan Jakarta! 24 Februari, 2017

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags:
trackback

la-macet

Sebuah lembaga penelitian dunia baru saja mengeluarkan daftar kota paling macet di dunia. Alhamdulillah, ternyata kota paling crowded di bidang lalu lintas itu bukan Ibukota Indonesia, Jakarta. Dalam hasil risetnya, INRIX menunjukan Los Angeles di Amerika Serikat sebagai kota paling macet. Untuk itu, INRIX menobatkan Los Angeles sebagai Global Traffic Scoredcard 2016.

Dari penelitian ini didapatkan hasil indikasi yang kuat bahwa pengemudi di Los Angeles menghabiskan 104 jam per tahun dalam kemacetan. Tabulasi kemacetan di LA jauh mengungguli kota Moskow Rusia, dimana rata-rata pengemudi menghabiskan waktu 91 jam per tahun dalam kemacetan.

Jika kita melihat di tayangan televisi, nampak Amerika punya jalan raya yang lengang, ternyata tidak. Buktinya, selain Los Angeles, beberapa kota di Amerika Serikat juga termasuk ke dalam 10 kota paling macet di dunia. Antara lain, New York di peringkat ketiga, San Fransisco di peringkat ke empat, Atalanta di peringkat kedelapan, dan Miami diurutan ke-10.

Dalam penelitian kali ini, INRIX melakukan pendataan di 1.064 kota dari 38 negara. Namun INRIX tidak memasukan kota-kota di Tiongkok atau Jepang karena tidak bisa mendapatkan data-datanya. Padahal kota kota di dua negara padat ini tergolong tinggi tingkat kemacetannya.

Bagaimana dengan Indonesia? Sejumlah kota di Indonesia juga masuk dalam incaran INRIX. Hasilnya? Jakarta masuk ke peringkat 19 kota paling macet di dunia. Lumayan jauh dibanding urutan pertama, hehehe. Disebutkan rata-rata masyarakat Jakarta menghabiskan waktu 55 jam per tahun di tengah kemacetan.

Di tempat kedua ada Bandung sebagai kota termacet di Indonesia, dengan rata-rata 42,7 jam per tahun menghabiskan waktu di kemacetan. Bandung disusul oleh Malang di posisi ketiga dengan rata-rata 39,3 jam per tahun menghabiskan waktu di kemacetan. Jakarta dan Bandung tengah membenahi kotanya. Jalan layang diperbanyak, sarana transportasi massal juga dibangung dengan penataan kota serta jalan raya. Semoga tahun depan peringkat ini bisa turun.

Komentar»

1. Ayoe - 24 Februari, 2017

Keren, jakarta jauh, urutan 19, hehehe

2. Ferry - 24 Februari, 2017

keren LA, walo macet banyak yg pengen ke sini

3. Ramlan - 24 Februari, 2017

Indonesia bogor kok gak ada yakk,,,

4. distra - 24 Februari, 2017

Bekasi ada gak om hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: