jump to navigation

Hebat, Teknologi Modern Membuat Motor Honda Tetap Tegak Meski Jalan Pelan 6 Januari, 2017

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

img_5465

Naik motor terutama motor besar kerap merepotkan kala berjalan lambat. Bahkan motor bisa oleng manakala rudernya kurang lihai saat berjalan pelan.

Namun untuk masa depan problem ini bakal berkurang, dan beralih pada kenyamanan. Hal ini bisa terjadi saat Honda memperkenalkan Riding Assist Technology. Inilah teknologi baru Honda yang membuat motor tak jatuh saat jalan pelan.

Teknologi baru berupa self-balancing tersebut diperlihatkan Honda saat Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas. Teknologi diterapkan pada Honda Uni-Cub sebagai model konsep.

img_5464

Tony Defranze, PR Honda di Amerika Serikat menyatakan konsep teknologi ini bisa diterapkan pada semua model. “Teknologi ini sebagai rider assistance, sangat berguna terutama untuj pengendara baru guns membantu keseimbangan mereka saat berkendara. Meski berjalan pelan, namun sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing,” kata Tony.

Teknologi ruding Assist yang membuat sepeda motor tetap tegak saat bergerak pelan itu tidak menggunakan giroskop seperti pada GyroCycle. Tetapi dengan teknologi robotik.

Sistem robotik pada Uni-Cub itu serupa dengan teknologi pada robot Asimo dan self-balancing personal mobility device. Untuk membuat sepeda motor tetap balance sebuah motor kecil akan selalu menyesuaikan kemudi.

Dengan mekanisme tertentu yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem akan mengubah sudut rake. Sehingga trail pada roda depan menjadi negatif sehingga saat bergerak perlahan sepeda motor akan tetap balance dan tegak. Selain itu, konsep pun mampu bergerak sendiri berkat diterapkannya motor listrik di hub depan.

Saksikan videonya di sini

 

Komentar»

1. Alan - 6 Januari, 2017

Honda emang keren


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: