jump to navigation

Honda Lakukan Penghijauan hingga Papua 11 Desember, 2016

Posted by proud2ride in Honda, Uncategorized.
trackback

img_2248

Banyak cara melakukan penghijauan di Indonesia. Honda melalui Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) melaksanakan hal ini bekerja sama dengan SMK di Jayapura, Papua.
YAHM melakukan penandatanganan kerjasama dengan SMKN 4 Jayapura Papua untuk melakukan aksi penghijauan melalui pengembangan laboratorium kultur jaringan sekolah. Melalui kegiatan ini, dihasilkan bibit-bibit tanaman untuk menghijaukan kawasan timur Indonesia.

Penandatangan kerjasama Kultur Jaringan turut dihadiri Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Kota Jayapura Nur Hadi di SMKN 4 Jayapura, Papua Sabtu (10/12). Pengembangan laboratorium penghijauan di wilayah timur Indonesia turut didukung Astra Motor Jayapura sebagai main dealer sepeda motor Honda area Papua(10/12).

SMKN 4 Jayapura yang berkomitmen dalam penyediaan laboratorium dan kebun pembibitan, mendapatkan dukungan dalam bentuk alat dan bahan laboratorium, modul pembudidayaan tanaman melalui kultur jaringan, hingga pelatihan pengelolalan laboratorium dan teknik kultur jaringan bagi guru dan siswa .

img_2249

Kultur Jaringan merupakan metode pengisolasian bagian tanaman agar bisa memperbanyak diri menjadi tanaman lengkap. YAHM bersama SMKN 4 Jayapura mengembangkan kultur jaringan untuk beberapa jenis tanaman, seperti akasia, sengon, gaharu, jati, anggrek hitam, gramatophylum, anggrek papua, jeruk jepang, kantong semar, pucuk merah, pisang, buah naga, nilam, dan krisan. Bibit tanaman yang dihasilkan dapat diutilisasi untuk program penanaman pohon maupun reboisasi di Papua.

Kerjasama dengan SMKN 4 Jayapura ini melengkapi kerjasama dengan 5 sekolah lainnya sepanjang 2016. Sekolah tersebut adalah SMKN 9 Samarinda yang bekerjasama dengan main dealer Semoga Jaya, SMKN 7 Palangkaraya yang bekerjasama dengan main dealer Trio Motor, SMKN 1 Soe yang bekerjsama dengan main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia, SMKN 3 Tidore yang bekerjasama dengan main dealer Daya Adicipta Wisesa, dan SMK Kehutanan Makassar yang bekerjasama dengan main dealer Astra Motor Makassar.

Ketua YAHM I Putu Astawa menyampaikan kerjasama pengembangan kultur jaringan bersama dunia pendidikan merupakan upaya alih teknologi penghijauan ke sekolah dengan menghasilkan bibit-bibit tanaman yang bermanfaat untuk bumi yang lebih hijau di masa mendatang.

img_2250

Komitmen YAHM dalam berkontribusi mengijaukan kawasan timur ini sebelumnya telah digulirkan juga di laboratorium kultur jaringan AHM dan sekolah-sekolah pertanian dan kehutanan di berbagai wilayah. Tahun ini, laboratorium kultur jaringan AHM telah menghasilkan 80 ribu bibit pohon. Sementara itu, sebanyak 180 ribu bibit pohon telah dihasilkan dari laboratorium kultur jaringan di 8 sekolah binaan yang telah berhasil memproduksi berbagai bibit tanaman sejak tahun lalu.

Sekolah-sekolah binaan yang sudah bekerjasama sebelum 2016 tersebut adalah SMKN2 Tangerang, SMKN 2 Subang Jabar, SMKN1 Karang Baru Aceh, SMKPTN Riau, SMKN2 Metro Lampung, SMKN 5 Jember Jatim, SPPN Banjarbaru Kalsel, dan SPPN Kalesey Sulut.Jakarta, 11 Desember 2016

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: