jump to navigation

KTM Indonesia yang Terpecah Dua 10 September, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Kisruh di dalam KTM Indonesia akhirnya mulai menjernih. Dualisme di antara dua APM sempat memanas sebulan belakangan ini. Awalnya adalah gebrakan APM PT Penta Laju Jaya Motor yang menyatakan mendapat mandat melakukan penjualan sejumlah unit motor KTM di Indonesia.

Tak tanggung tanggung, gebrakan dengan dukungan Bajaj Auto Limited (BAL) India ini langsung memotong harga empat model KTM di kelas entry level. Keempatnya adalah KTM Duke 200, KTM RC 200, KTM Duke 350 dan KTM RC 250. 

Tak lama kemudian, APM KTM lainnya yang digawangi PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) membantah soal keberadaan PLJM dan KTM turun harga. Jimmy Budhijanto, Presiden Direktur PT JSS dalam keterangan resminya menyebutkan diskon senilai Rp 20 juta untuk pembelian motor KTM street bike, tipe Duke 200, Duke 250, RC200 dan RC250 adalah bohong besar.

Jimmy menambahkan JSS merupakan Agen Pemegang Merk (APM) dan pemilik hak distribusi motor KTM di Indonesia yang memegang perjanjian kerja sama dengan KTM Austria. Sehingga, harga motor yang dijual di Indonesia harus ditetapkan oleh JSS sebagai APM.

  
PT PLJM menanggapi dingin radangan JSS tersebut. “Soal penunjukkan kami sebagai distributor bisa dilihat di website KTM. Silakan dicek,” ungkap Akhmad Zafitra Dalie, Sales & Marketing Head PLJM.

Akhirnya masalah pun mengerucut. Bahwa PLJM menjalankan bisnis KTM di Indonesia bersama Bajaj India sebagai pemegang saham mayoritas KTM saat ini. Bajaj India menjadi basis produksi motor KTM entry level atau kelas 400cc ke bawah. 

Sementara PT JSS masih tetap kukuh bahwa mereka sebagai APM KTM di Indonesia all type. Namun, belakangan JSS tak lagi mendapat pasokan KTM entry level. Akhirnya mereka pun hanya menjual KTM versi big bike yang diproduksi di Austria. 

Nah, kalo begini akhirnya jelas bahwa APM yang satu menjual KTM kelas bawah, sementara lainnya menjual KTM kelas atas. Namun bagaimana perjalanan bisnis selanjutnya dari kedua APM ini, akan sangat menarik untuk diikuti.  

Komentar»

1. nanang - 10 September, 2016

ane pilih yg turun harga donk hahahaha

proud2ride - 10 September, 2016

Secara logika pasti dong hehehe

2. Arul - 13 September, 2016

penantang baru di kelas 150-250cc, motor keren


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: