jump to navigation

Jalan Jalan ke Markasnya Rossi & Lorenzo 4 Juli, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Selamat berakhir pekan panjang sambil menanti Lebaran tiba. Yuk kita melihat lebih dekat markas tim MotoGP Yamaha Motor Racing (YMR) yang berada di kota Lesmo. Tak semua orang bisa berkunjung ke sini. Salah satu tampilan yang menarik adalah Terpajang Pacuan Rossi Sejak Jawara 2004.

Kesempatan langka dan spesial mengunjungi markasnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ini diperoleh tim Yamaha Indonesia dalam rangkaian mengikuti pelatihan di sekolah balap milik Valentino Rossi, VR46 Riders Academy. Pelatihan akan diikuti oleh Galang Hendra dan Imanuel Pratna. Termasuk Kadek Suma Adnyana Putra selaku pimpinan rombongan Yamaha Indonesia.  

Patut dicatat, YMR tidak dapat dikunjungi pihak umum. “Hanya kalangan terbatas saja yang dapat berkunjung ke YMR. Mulai distributor Yamaha di seluruh dunia, sponsor dan partner MotoGP. Itupun melalui proses konfirmasi, “terang William Favero, Marketing & Communication Manager Yamaha Motor Racing (YMR). 

Sekali lagi ditegaskan, tidak dibuka untuk umum. Tentunya, hal demikian berhubungan dengan berbagai kerahasiaan yang tidak dikomsumsi umum. Menyangkut jam kerja YMR, tetap seperti biasa. Hanya saja, lebih lama ketika jelang event MotoGP. Itu bisa full semalaman. Nah, tulisan ini mengajak pembaca untuk lebih dekat mengenal isi dari basecamp YMR yang berada di lahan seluas 12.000 M2 dan bangunannya terdiri dari 2 lantai. 

Sekedar informasi, bahwa YMR yang berdiri sejak 1999 (Belanda) dan pindah ke Italia sejak 2002 berada sekitar 60 km dari Bandara InternasionalMalpensa, Milan, Italia atau hanya berjarak kisaran 5-6 km dari Sirkuit Monza. Adapun dua lantai YMR terdiri dari lantai 1 yang merupakan Main Hall, Gudang Part dan Engine Dept, sedang lantai 2 adalah bangunan Headquarter for Yamaha MotoGP Operation. 

Saat memasuki lobi depan atau area resepsionis, kita langsung disuguhi display pacuan Yamaha YZR-M1 Rossi tahun ini (2016). Bagaimanapun juga, Rossi punya ikon tersendiri atas prestasi signifikan yang ia raih. Mantapnya, pada sisi kanan dan kiri terpanjang LED TV yang memuat animasi Rossi. Lebih mantap lagi, saat kunjungan kemarin, disuguhi pula gambar para pebalap Asia yang diajak mengikuti training di VR46 Riders Academy.

Lanjut di sebelah kanan lobi depan, ada dua ruangan meeting. Yang relatif besar disebut Wayne Rainey, sedang ruangan meeting yang lebih kecil ialah Giacomo Agostini. Tentunya, nama ruangan tersebut berhubungan dengan pebalap-pebalap yang telah mengharumkan Yamah di pentas GP500/MotoGP. Kemudian perjalanan menuju ke area main-hall (ruangan utama). Disini sangat menarik. Apa sebab ? Karena terpajang berbagai pacuan jawara yang telah membawa Yamaha merebut gelar juara MotoGP. 

Diantaranya sejak Rossi meraih jawara MotoGP di 2004 ataupun sebelumnya. Temasuk yang diukir Jorge Lorenzo di 2015 lalu. Ataupun kudabesi dengan livery khusus saat peringatan 60 tahun Yamaha. Pokoknya lengkap. Jangan takut, ada informasi histori atau sejarahnya yang akan menambah pengetahuan anda. Bahkan video kemenangan Rossi saat MotoGP 2004 masih tersimpan rapi dan dapat anda saksikan. 

Lebih lanjut, main-hall ini berujung pada pintu menuju ruangan Engine Dept. dan parkir TruckMotoGP. Kira-kira seluas lapangan basket. Untuk yang ini, tidak boleh masuk karena pada saat bersamaan sedang dilakukan maintenance komponen MotoGP. Untuk lantai 2 gedung YMR memang tidak dapat dikunjungi. Disini kantor manajemen tim MotoGP Yamaha yang dikomandoi Lin Jarvis.

  

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: