jump to navigation

Hari Lingkungan Hidup, Honda Bikin Sejuk Situs Sunda 1 Juni, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan konservasi lingkungan di area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon di Bandung Barat‎. Kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan lingkungan sekaligus merevitalisasi salah satu tempat tujuan wisata alam legendaris di kawasan ini.

Kegiatan konservasi lingkungan ini ditandai dengan penanaman beraneka jenis pohon di wilayah perbukitan yang berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (1/6). Sebanyak 8.000 pohon ditanam dari berbagai jenis pohon antara lain bambu, nangka, rambutan, sirsak, gemelina, surain, panesta, mahoni uganda, gandaria dan buni. 

Kegiatan yang bertujuan untuk menambah daerah resapan air ini merupakan salah satu bentuk dukungan AHM dalam Gerakan Citarum Bestari dari Pemprov Jawa Barat. Konservasi lingkungan ini akan mengoptimalkan fungsi daerah resapan air yang bermanfaat bagi aliran Sungai Citarum sekaligus mencegah terjadinya longsor di wilayah ini. ‎Penanaman pohon juga menciptakan keaneragaman hayati dan daya hidup fauna khas kawasan tersebut seperti monyet ekor panjang, kupu-kupu, landak, musang, kelelawar pedan jawa, burung hantu, dan ular.‎

‎Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan program ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan dan fauna di kawasan ini. Masyarakat setempat juga akan memperoleh manfaat langsung karena mereka akan diedukasi untuk melakukan perawatan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pohonnya.

“Bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo kami akan mengedukasi masyarakat sekitar keterampilan mengolah pohon bambu menjadi angklung. Ada manfaat ekonomi yang tercipta di sini karena pasarnya sudah ada. Di sisi lain, potensi wisata terbuka untuk dikembangkan.”

Selain Yayasan Saung Angklung Udjo, konservasi lingkungan dan revitalisasi daerah wisata purbakala ini turut didukung oleh Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Provinsi Jawa Barat, Yayasan Astra Honda Motor, Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC), dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Sebagai salah satu tempat tempat tujuan wisata‎ Gua Pawon merupakan tempat yang penting bagi suku Sunda karena di tempat ini ditemukan kerangka manusia purba yang diduga sebagai nenek moyang orang Sunda.

Berada sekitar 25 km sebelah barat Kota Bandung, Gua Pawon dan Stone Garden juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan menantang. Para pecinta panjat tebing menyukai kawasan yang eksotis dan alami ini. Dengan melintasi kontur tanah berbatu-batu dan menanjak, pengunjung akan merasakan hembusan angin segar dan indahnya tebing di karstCitatah yang memantulkan sinar emas saat terkena sinar matahari.

Untuk semakin meningkatkan daya tarik Stone Gardendan Gua Pawon sebagai kawasan wisata,‎ AHM juga membangun beberapa fasilitas pendukung wisata‎ antara lain pembuatan gapura gerbang masuk area kawasan wisata, pembuatan gazebo sebagai tempat istirahat dan berteduh bagi para wisatawan.

  

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: