jump to navigation

Motor Listrik “GESITS” Makin Matang 3 Mei, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

 Pengembangan motor listrik di Indonesia makin nyata saja. Setelah banyak beredar tentang kerjasama Garansindo (ATPM Otomotif di Indonesia) dengan ITS (Intitut Teknologi Surabaya) akhirnya sosok asli sang motor beserta teknologinya makin jelas saja. Sebelumnya dengan proses waktu yang sama, Honda Jepang juga siap melahirkan motor listrik massal dan membawanya ke Indonesia.

“GESITS” namanya alias Garansindo Electric Scooter ITS) yang merupakan hasil karya anak bangsa. Selasa pagi ini (3/5) GESITS diperkenalkan di Gedung Riset Mobil Listrik-ITS, Surabaya, Jawa Timur. Perkenalan .prototype ini nampak dihadiri Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Ak), Rektor ITS (Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D) dan Ketua Team Riset Gesits (DR. M. Nur Yuniarto).

Disebutkan, GESITS sedang dalam tahap uji coba guna mendapatkan beberapa penyempurnaan sebagai kendaraan roda dua yang mumpuni. Sejumlah pengujian juga terus dilakukan. Sementara itu, Garansindo juga akan segera mempersiapkan basis manufaktur untuk kendaraan yang melaju tanpa bensin ini. Dengan tenaga listrik, GESITS bakal jauh dari polusi. GESITS diperkirakan bakal masuk proses produksi masal pada 2017 dan bisa dijual pada 2018.

GESITS tampil dengan model skuter otomatis. Dengan tenaga listrinya, daya motor ini mencapai 5KW atau setara 6,7 hp. Sumber energi didapat dari baterai lithium ion, diyakini menempuh jarak sejauh 80 – 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 – 3 jam. Dengan kecepatan maximum dapat mencapai 100km/jam. Kemampuan ini sama dengan motor berbahan bakar BBM dengan tenaga 125cc.

Garansindo yang berpengalaman di sunia otomotif serta ITS memiliki kemampuan di bidang pengembangan kendaraan listrik, berupaya menekan ongkos produksi motor ini. Maklum, batere untuk motor listri masih menjadi kendala hingga membuat harga motor jadi mahal. Motor listrik ini diperkirakan punya harga tak jauh beda dengan motor berbahan bakar BBM. Harganya diprediksi tak melebihi dari 20 juta.

  
 

Komentar»

1. lulut - 3 Mei, 2016

cakep, gak abal-abal kayak molis kerempeng yg ada saat ini, hahaha

2. Chan - 3 Mei, 2016

Gejala SPBU bisa tutup ini hahaha

proud2ride - 3 Mei, 2016

Hahaha,, mungkin. Tp 50an tahun lg ketika molis makin diminati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: