jump to navigation

Baterai Masih Terlalu Mahal Buat Motor Listrik Massal 25 Maret, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Kemajuan zaman membuat kehadiran motor listrik siap menggantikan motor bermesin pelahap BBM. Dua pabrikan di Indonesia, Ducati dan Honda sudah menyatakan menerima tantangan itu. Kedua brand menyatakan sedang menggodok habis motor listrik mereka saat ini.

Ducati Indonesia berkolaborasi dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS) dalam membangun motor listrik massal mereka. Sementara Honda di Jepang juga sudah menyiapkan banyak kemajuan soal motor bertenaga listrik ini yang bakal menjadi produk global hingga ke Indonesia.

  
Di Bangkok Motor Show 2016 Honda Motor Thailand telah memamerkan motor listrik konsep ini yakni EV-Cub. Honda EV-Cub merupakan reinkarnasi versi Honda Super Cub yang merupakan motor terlaris sepanjang masa. Nah di motor ini Honda menempeli denyut hidupnya dengan listrik. 

EV-CUB sudah diperlihatkan Honda ke masyarakat Indonesia pada tahun 2012 lalu di pameran motor Indonesia Motorcycle Show. EV-CUB tampil menarik dengan desain bergaya klasik. Honda sudah menyatakan, Motor ini bakal mulai dijual secara global pada 2018, termasuk di Indonesia.

  
Sementara menunggu waktu dua tahun itu, beberapa kekurangan motor listrik ini terus diperbaiki. Kendala utama ada pada perangkat baterainya yang masih terlalu mahal. Chief Operating Officer of Motorcycle Operations Honda Motor Co., Ltd, Shinji Aoyama menjelaskan harga baterai sangat berpengaruh pada penetapan harga jual motor. “Harga baterai menjadi kunci untuk mengurangi biaya produksi. Ini yang sedang kami lakukan,” ujar Shinji.

Shinji memberi contoh untuk biaya baterai, untuk penggunaan motor listrik dibutuhkan tenaga sekitar 1.000 kWH. Jika dikonversikan dengan harga standar internasional, diperkirakan untuk baterai menghabiskan biaya sekitar $700 hingga $800 atau skitar Rp 9,1 juta. 

Kendala lainnya, tak semua negara ada produksi baterai lithium untuk motor ini, hanya ada di Jepang, China, dan Korea. Butuh investasi yang besar untuk membuat pabrik baterai. Karena itu kami berkolaborasi dengan pabrik baterai,” ungkapnya.

  

Komentar»

1. syhrain - 25 Maret, 2016

btw di kemang ada loh dealer motor listrik apa gitu lupaa wkw
mampir ganss
https://freaxies.wordpress.com/2016/03/21/review-helm-nolan-n81-kbc-v-zero-kz-retro/

proud2ride - 25 Maret, 2016

Betul kawan, tetapi itu motor masih versi terbatas belum dibuat massal yg bikin harganya masih ratusan juta. Namanya Zero

syhrain - 26 Maret, 2016

nahhh iya zero afal aja bang ppr. bang ppr org jakarta toh kirain jawa..hehe

proud2ride - 28 Maret, 2016

Hahaha, sy asli Indonesia bang,,,

2. amrul - 25 Maret, 2016

Harganya harus dibawah 15 juta baru seru


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: