jump to navigation

Kang JJ, Pengalaman Bermotor Keliling Dunianya Inspirasi Pemuda Makassar 15 Februari, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Jeffrey Polnaja (53), penelajah dunia dengan sepeda motor seorang diri, mengajak semua pemuda Sulawesi Selatan untuk berani bangga menjadi Bangsa Indonesia. Pria asal Bandung, Jawa Barat yang telah menyelesaikan misi berkeliling dunia untuk perdamaian Ride for Peace (RFP) ini bahkan meyakini kualitas manusia Indonesia tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
“Dulu, ketika saya ingin memulai pejelajahan dunia, banyak orang bilang, saya akan pulang sebelum negara kesembilan. Tapi saya menjawabnya dengan 97 negara,” kata Jeffrey di hadapan tak kurang dari 500 pemuda pemudi yang memenuhi Auditorium Al Jibra di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sabtu (13/2) pekan kemarin. 

Menurut Jeffrey kaum muda adalah ujung tombak kemajuan bangsa. Dengan semangat pantang menyerah pemuda-pemudi Indonesia bisa melakukan hal-hal besar yang diperhitungkan dunia. 

  
“Siapa bilang kita (bangsa Indonesia) lemah? Kalau saya bisa menujukkan kegigihan Indonesia ketika menyampaikan pesan perdamaian dunia di 97 negara, mengapa kalian tidak bisa? Indonesia bangsa besar. Kalian semua bisa asal memiliki semangat pantang menyerah,” ujar Jeffrey yang disambut sorak-sorai seisi auditorium.

Jeffrey yang akrab disapa Kang JJ hadir di Makassar atas udangan produsen kelengkapan kegiatan alam terbuka Eiger dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UMI. Selain Jeffrey hadir pula pendaki tujuh puncak dunia Iwan “Kwecheng” Irawan dalam presentasi sehari sebelumnya.

Pembina Mapala UMI dan Staff Khusus Yayasan UMI Ir. Ichwan HL, M.Si yang hadir mendengarkan langsung presentasi Kang JJ dan Kwecheng merasa bangga Indonesia menyimpan pemuda-pemuda tangguh. “Ini mata kuliah yang sangat berharga bagi kami, bagi mahasiswa dan pecinta alam UMI. Semestinya kampus bisa mengundang orang-orang seperti Kang JJ dan Kwecheng lebih sering. Kekuatan bangsa Indonesia bukan paradoks,” katanya.

  
Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Prayogo Bagus Kusuma mengaku terkejut dengan antusiasme tinggi dari mahasiswa dan mahasiswi di acara tersebut. Beberapa pengendara sepeda motor dari Mamuju yang berjarak 500 Km dari Makassar bahkan ikut hadir mendengarkan kisah-kisah inspiratif Kang JJ. “Cerita Kang JJ ternyata sangat menyentuh. Ini memberi keyakinan bagi kami bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang kuat,” ungkap Prayogo.

Jeffrey sendiri berharap kehadiran RFP di Makassar bisa menginsiprasi pemuda-pemudi Sulawesi Selatan untuk menjadi jembatan mengobarkan semangat cinta Tanah Air dan perdamaian. “Mahasiswa adalah kaum intelektual. Saya berharap mereka bisa menyampaikan pesan-pesan perdaiaman, setidaknya di daerah-daerah di Tanah Air yang masih menyimpan benih-benih konflik horizontal,” katanya.

  
Tentang Ride for Peace

Ride For Peace adalah perjalanan keliling dunia secara terus menerus yang dilakukan seorang diri oleh Jeffrey Polnaja. Pada tahun 2006 hingga 2008, Jeffrey telah menjelajahi 72 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. 

Pada awal tahun 2012 Jeffrey Polnaja kembali melanjutkan perjalanannya. Dia memulai perjalanan dari Paris, Perancis guna menjelajahi Eropa, termasuk menaklukan kawasan dingin di Siberia. Jeffrey kemudian masuk ke benua Amerika melalui Vancouver, Kanada setelah melintasi Samudra Pasifik.

  
Dari Vancouver Jeffrey memulai perjalanan panjangnya di benua Amerika, ia menuju Alaska melewati jalur ‘loose gravel’ ribuan kilometer sepanjang Dalton Highway dan berhasil mencapai Deadhorse, Prudhoe Bay–sebuah jalan di utara Amerika yang sangat terkenal di dunia karena keganasan medannya.

Sejak awal 2006 hingga Juli 2015 setelah Australia, Jeffrey yang mengusung bendera Ride for Peace telah berkelana dengan sepeda motornya sejauh kurang lebih 420.000 kilometer. Sudah 97 negara di benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika, dan Australia dijelajahinya. Pada September 2015 Jeffrey berhasil mendaratkan BMW R 1150 GS ke Tanah Air usai menyelesaikan penjelajahan di Timor-Leste.

  
  

Komentar»

1. nugroho - 15 Februari, 2016

inspiring 😀

2. Radi - 15 Februari, 2016

Sulit menemukan biker indonesia yg bs seperti ini lg

proud2ride - 15 Februari, 2016

Karena itu kang jj semangati kalangan muda indonesia agar menjadikan riding dia sbg inspirasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: