jump to navigation

Aturan ber-Helm Dicabut, Bikers AS Berjatuhan di Aspal 16 Januari, 2016

Posted by proud2ride in Uncategorized.
trackback

  
Salam akhir pekan kawan! Di momen liburan ini P2R ingin mengajak kawan semua bicara soal safety riding, utamanya tentang aspal yang masih banyak belum sadar akan kerasnya,, hehehe. Gak percaya coba saja gak pakai helm saat berkendara lalu jatuh menimpa aspal. Bak melon jatuh dari gerobak pick up: byar!!! Anehnya, salah satu perangkat penting dan wajib bermotor itu yakni berhelm, malah dicabut di Amerika Serikat.

Ya, tahun 2012 silam, pemerintah lokal Michigan dan sejumlah negara bagian lainnya mencabut aturan yang mewajibkan penggunaan helm bagi pemotor berusia di atas 21 tahun. Ketentuan ini berlaku bagi mereka yang telah memiliki surat izin mengemudi dan memiliki pertanggungan asuransi senilai US$ 20.000 atau sekitar Rp 274 juta.

  
Lantas apa akibatnya? Mengenaskan! Jumlah pemotor tanpa helm yang tewas dalam kecelakaan di AS melonjak hebat. Bahkan berada pada tingkat mengkhawatirkan. Laporan American Journal of Surgery yang dilansir Autoevolution, Rabu (13/1/2016) menyebutkan, penelitian yang dilakukan sebuah rumah sakit di Michigan selama tujuh bulan menghasilkan kesimpulan, jumlah kematian pemotor tanpa helm meningkat tiga kali lipat dibanding jumlah saat aturan wajib helm berlaku. 

Jumlah korban kecelakaan yang sekarat di rumah sakit mencapai 10 persen dari total jumlah korban kecelakaan. Padahal, sebelumnya hanya 3 persen. Disebutkan pula pusat trauma rumah sakit mencatat risiko pemotor yang kecelakaan dan dirawat di fasilitas medis meningkat empat kali lipat. Bahkan meningkat 28 persen sejak aturan wajib berhelm dicabut, dan 7 persen dibanding sebelum aturan dicabut. Nah, sudah jelaskan pentingnya helm bagi pemotor! 

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: