jump to navigation

Yuk Kenali “Yellow Box Junction” 12 November, 2015

Posted by proud2ride in lalu lintas.
Tags:
trackback

yelow box

Beberapa hari ini ruang informasi utamanya di media social, banyak dikirimi soal “Yellow Box Junction”. Waktu pertama melihat infonya saya cuek aja, ah apalagi nih ya? Gumam dalam hati. Namun, lama kelamaan menarik juga ingin mengetahuinya, karena keberadaannya yang pertama di Jalan Thamrin, Jakarta. Dalam gambar diperlihatkan sebuah area dalam kotak kuning yang di-shoot dari atas.

Yellow Box Junction (YBJ) ini seperti halnya garis marka di jalan raya, bentuk kotak persegi di perempatan/persimpangan jalan yang ramai. YBJ berfungsi mengurai kepadatan dan agar kepadatan tidak terkunci di persimpangan tersebut. Saat jalan tengah padat-padatnya, banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light), padahal antrean kendaraan di depannya belum terurai.

Jadi aturan YBJ ini meminta kesabaran pengguna jalan untuk tetap berada di tempatnya, meski lampu telah berganti dari merah ke hijau. Jadi ketika kita berhenti karena lampu merah, kita pasti menunggu warna hijau menyala-kan? Ketika lampu hijau sudah menyala kita tidak boleh jalan jika di kotak YBJ masih ada kendaraan lain dari lawan arah. Kita hanya boleh jalan ketika kendaraan di YBJ sudah habis.

Apa sanksinya jika masih tak sabar?

Aturan menyatakan aparat akan menilang karena sama saja melanggar marka jalan. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b, UU nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pidananya berupa kurungan penjara dua bulan atau denda Rp 500 ribu.

Jadi mulai saat ini, katika keadaan macet sementara kita berada di lokasi YBJ jangan sekali-kali melintas sebelum kendaraan lawan arah kita klir. Paling sialnya, kita akan diklaksonin kendaraan di belakang. Sebab dia tak tahu kejadian di depan, dan tahunya lampu hijau telah menyala.

Selain di depan Sarinah, Jalan Thamrin, YBJ juga telah diterapkan di Yogyakarta, persisinya di Prambanan. So, hati-hati, ini laksana jebakan batman, masih banyak yang kurang paham. Sementara di sejumlah kota di dunia aturan lalu lintas ini sudah banyak diterapkan.

Komentar»

1. Aam - 12 November, 2015

kudu awas nih gan

2. Mas ben - 12 November, 2015

sayang banyak gak paham… Bisa dibuly kita yg di depan kalo lampu nyala ijo tp gak jalan

proud2ride - 12 November, 2015

Harus lama sosialisasinya kawan

3. Heri - 12 November, 2015

ajib bgt, dendanya gope?!

4. Rima - 12 November, 2015

buat pemotor aman, khan thamrin porboden buat motor hehehehe

proud2ride - 13 November, 2015

Lho, kan motor masih bisa melintasi YBJ ini dari arah Jl Wahid Hasyim ruas sabang dan tanah abang,, hati saja kawan!

5. Radi - 13 November, 2015

paling penerapan serta sanksinya lemah, begitulah biasanya, aturan tinggal hiasan saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: