jump to navigation

Produksi Motor Didalam Negeri Biar Laris, Jadi Jaminan? 24 Mei, 2014

Posted by proud2ride in Honda, Kawasaki, Yamaha.
trackback

Honda-CBR250R-Yamaha-R25-Kawasaki-Ninja-250-RR-Mono-1
Alasan produsen sepeda motor melakukan produksi didalam negeri jadi salah satu cara supaya harga jual ke konsumen bisa lebih miring atau kompetitif dengan harga pesaingnya. Dan, ini tengah dilakoni mereka terutama untuk menggenjot segmen sport yang terus naik beberapa tahun belakangan ini.

Coba kita persempit lagi khususnya 250 cc. Pamor Kawasaki Ninja 250R memang lebih unggul ketimbang para rivalnya. Bahkan, penjualan Ninja 250R tahun 2013 mencapai 24 ribu unit. Tapi, untuk model ini Kawasaki Indonesia masih mengimpornya dari Thailand.

Nah, hadirnya Ninja 250 RR Mono yang disemati mesin satu silinder sepertinya bakal jadi jagoan baru Kawasaki Indonesia. Motor ini jadi salah satu model yang akan diproduksi di pabrik baru Kawasaki di Cikarang, Jawa Barat. Tak hanya untuk Indonesia, pabrik ini juga jadi basis produksi Ninja 250 RR Mono untuk nantinya diekspor ke beberapa negara. Untuk harga, Ninja 250 RR Mono dibanderol Rp 39,9 juta aja bro!

Sekarang kita lanjut ke All New Honda CBR250R yang baru aja dirilis. Bicara soal spek memang sama-sama mengaplikasi mesin satu silinder seperti Ninja RR Mono. Tapi, soal kemampuan All New CBR250R lebih unggul sob dari pesaing terdekatnya itu.

Kalau bicara tampang, All New CBR250R udah pakai head lamp model split ketimbang Ninja RR Mono yang masih single. Mungkin prolemnya cuma satu yaitu harga. Memang, harga baru All New CBR250R sekarang turun dari yang sebelumnya dikisaran Rp 48 juta menjadi Rp 46,8 juta (std). Tapi, selisihnya masih lumayan sama si Mono cuy…hehe

Tapi, denger-denger AHM lagi mempertimbangkan untuk menggarap generasi anyar CBR250R ini di dalam negeri. Wah, pasti bakal ada vendor lokal yang support parts-nya nih, biar harga jualnya nanti bisa diteken lagi…hehe

Jikalau Honda masih mikir, enggak demikian dengan Yamaha. Negeri ini dipercaya untuk menggarap motor sport baru mereka, Yamaha R25 dan Yamaha R15. Sedaaapp! Buat Yamaha R25, garputala sih mengaku menggunakan komponen lokal mencapai 80 persen. Alhasil, harga jual Yamaha R25 adalah Rp 53 juta. Lho kok jadi mahal?

Enggak gitu juga kali ya menilainya, hehe… Yamaha pasti punya alasan kenapa harga Yamaha R25 dipatok segitu. Perbedaan spek mesin jelas salah satunya. Tenaganya juga diklaim lebih tinggi daripada dua kompetitornya, Kawasaki atau Honda.

Kalau boleh dibandingkan lagi, All New Honda CBR250R yang sudah dilengkapi fitur ABS dijual mulai Rp 53,7 juta. Sementara Yamaha R25 saat ini nggak ada yang edisi ABS-nya walau katanya nanti bakalan ada juga Yamaha R25 ABS.

Ya, itu semua kan cuma pemikiran ane aja.  Soal pilihan mesin, fitur bahkan desain pasti subyektif soal selera. Intinya, konsumen harus tahu apa keuntungan yang didapat dari uang yang udah dikeluarin itu. Setuju?

Komentar»

1. potretbikers - 24 Mei, 2014
lare - 26 Mei, 2014
2. ipanase - 24 Mei, 2014

harga dan spek

kang iwan - 25 Mei, 2014

wong deso ….

3. cbsf lemot - 25 Mei, 2014

Keep cool man….saluutttt…atas anda…

4. komeng - 25 Mei, 2014

sebagai penantang sdh lumrah mas bro klo ngasih spek di atas kompetitor..moga2 laku aja..fby sibuk bece sampe mulut berbusa tuh.

azeez - 26 Mei, 2014

ikut nimbrung soale hits nya sepi.. kasian dah nulis artikel suwe2 ra ono sing koment. saran: blog kudu netral jgn berat sebelah jikalo maw eksis. klo emang fanatik AHM ya monggo2 aja pan haknya yg punya warung.. salam. an. bangsa indonesia prabowo hatta

5. Joko - 26 Mei, 2014

fby menggila di dunia maya, sayang tdk di dunia nyata. Akibatnya penjualannya segitu2 saja.

6. vario kinclonk - 28 Mei, 2014

Cbr dan r25 harganya masih kurang rasional menurut ane,

cbr single silinder 46jtan kemahalan walaupun impor,
r25 ngaku doank lokal harga mepet motor impot


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: