jump to navigation

Ducati Mulai Kompetitif, Ada Potensi Hijrah ke Factory 2…??? 15 April, 2014

Posted by proud2ride in Balap & Touring.
trackback

Andrea-Dovizioso-Podium-Tiga-di-MotoGP-Austin-2014-1
Masuknya Andrea Dovizioso ke podium MotoGP Austin, Amerika Serikat jadi awal manis bagi perkembangan yang dilakukan tim Ducati semenjak mendapat ‘persyaratan’ istimewa dari FIM. Meski berstatus sebagai tim pabrikan, Ducati berhak mendapatkan fasilitas yang dimiliki oleh tim open class.

Ya, alasan Ducati sih mau tetap bisa mengembangkan mesin Desmosedici sepanjang musim 2014. Setelah balapan kemarin, Dovi mampu finish ketiga setelah Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang jadi juaranya.

Ini pun menjadi podium pertama buat Ducati setelah tim ini hanya mampu naik podium sewaktu Valentino Rossi membela mereka di musim 2012.

“Kami belum secepat yang kami inginkan, tapi saya berterima kasih kepada enginer dan tim teknis Ducati yang sudah bekerja keras membuat Desmosedici menjadi lebih kompetitif,” kata Dovi.

Jika bisa terus menang, berarti ada potensi Ducati pindah ke tim pabrikan dong. Ya, ada beberapa ketentuan yang diberikan FIM khusus untuk Ducati.

Ducati memang mendapatkan pasokan 12 mesin tahun ini. Tapi, fasilitas lain yang didapatnya sekarang akan dihilangkan jika Ducati memenuhi hal-hal ini :

Pasokan BBM 24 liter akan berkurang menjadi 22 liter jika ridernya (Andrea Dovizioso, Andrea Ianone dan Cal Cruthlow) memenangi satu race, dua kali finish di podium kedua dan tiga kali finish sekaligus podium di balapan kering.

Selanjutnya, jatah ban soft (lunak) yang diberikan kepada semua tim open class dan Ducati saat kualifikasi juga akan dicabut kalau Ducati berhasil memenangi tiga balapan di musim 2014.

Sementara itu ada rumor yang beredar bahwa Grand Prix Commission akan membuat kelas baru yaitu Factory 2. Dimana regulasinya akan membatasi tim ini dimana meraka hanya akan mendapat pasokan 9 unit mesin setiap musim dan pasokan BBM sebanyak 22,5 liter. Bisa jadi kategori Factory 2 ini juga akan diisi oleh tim Suzuki yang baru akan bergabung ke MotoGP pada musim 2015 mendatang. Ya, kita lihat aja apakah Ducati masih tetap bisa komeptitif ya!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. ipanase - 21 April, 2014

bisa jadi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: