jump to navigation

Pabrikan Jepang Jualan Moge di Indonesia Awalnya Karena Terpaksa, Tapi Akhirnya Nagih…?!?!?!?!?!?!? 8 Oktober, 2013

Posted by proud2ride in Kawasaki.
trackback

14_ZX1000LM_Z1000SX_Con
Dengerin curhatan temen dari beberapa ATPM motor kok sama ya.. Yang di Kawak, Suzuki juga Yamaha.. Semua ngakunya, jualan moge-moge karena awalnya terpaksa wahahhaaaa.. Terutama Kawasaki.. Kenapa terpaksa? Klik dong, baca artikelnya sini.. Hihiii.. hihii…

Iya.. Terpaksa disuruh jualan. Karena pasar moge yang sesungguhnya sudah tidak signifikan menyumbang penghasilan. Eropa misalnya, jualan motornya drop.. Gara-gara krisis, terus standar safety yang tinggi bikin orang males naik motor.. Biaya untuk bikin SIM, pajak, parkir mahal juga ribet makanya milih naik transportasi masal.

Life style riding naik motor juga kian memudar dikalangan anak muda sejak ada yang namanya gadget. Lebih murah, juga bisa ditenteng kemana-mana buat gaya.. Haduhhhh…

Amerika???? Hampir sama, tapi duduk masalahnya sedikit beda. Mungkin kuantitas penjualannya besar tapi persaingan pabrikan motor yang ketat seketat celana gemes mbak-mbak umbrella girl di MotoGP bikin banting-bantingan harga.. Lah untungnya tipis bro..

Akhirnya negara Asia di gelontor moge.. Suruh pada jualan motor build up ini. Karena dari sisi manufacturing-nya, line produksi di pabrik sudah diset pada kuantiti tertentu. Tapi saat demand turun gak bisa seenaknya aja langsung mengurangi produksi. Pabrik di Jepang, Thailand atau negara lain yang jadi pusat perakitan moge saat ini harus terus running. Masa mau main PHK.. Bisa dihajar sama Depnaker-nya Jepang.

Negara Asia kaya Indonesia, Thailand, Malaysia yang jadi sasaran. Sebenernya sih, awalnya banyak yang malas untuk jualan moge. Karena enggak serta merta jual moge doang, tapi dari hulu ke hilirnya, ATPM yang sudah ada di Indonesia harus mikir ulang.

Dari promosi, pasti beda jualan motor Rp 10-50 jutaan sama yang diatas Rp 100 juta. Terus setelah sukses jualan, harus nyiapin after sales. Mekanik di training ulang, special tools nya beda semua. Sampe lift meja yg buat service motor aja beda karena lebih gede. Belom lagi spare part-nya, tetep harus nyetok padahal motor yg dijual targetnya paling cuma ratusan biji setahun tiap modelnya haaa..

Apa enggak puyeng tuh.. Effort-nya besar.. Enakan jualan matik kaya Mio J yang sebulan laku 40 ribu unit atau BeAT yang bulanannya 100 ribu unit.. Tapi setelah jalan jualan mogenya.. Eh nagih hahahaaa.. Contohnya Kawasaki.. Pengakuan dari temen di genk ijo ini.. Untungnya lumayan loh.. Meski enggak berani nyebut angka..

Yaudah kita asumsikan saja… Dengan catatan ini cuma ITUNG-ITUNGAN NGAWUR bukan dari narasumber ATPM: Ambil misalnya.. misal ini loh ya..!!! Seandainya satu motor gede Kawasaki untung bersih udah pajak, fee dealer, bayar karyawan, cost macem-macem masih untung Rp 30 juta aja.. Satu model ditarget 100 unit, bisa untung Rp 3 milyar loh!!!

Padahal Kawasaki punya ER-6n, Ninja 650, Versys, Z800, ZX-6R 636, Ninja 1000 dan ZX-14. Kalau masih-masing model ditarget untung bersih Rp 3 milyar udah Rp 21 milyar dari jualan mogenya doang.. Belom jualan Ninja 250 yang moncer abis.. KLX150 dan Ninja 150, terus belom lagi yang di ekspor..

Wah Yamaha dan Suzuki ngiler juga dong kwakwaaa..

 

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. Ferboes Richardson - 8 Oktober, 2013

Pertamax

tigirevo - 8 Oktober, 2013
2. Ferboes Richardson - 8 Oktober, 2013

Keduax

3. Ferboes Richardson - 8 Oktober, 2013

Ketiax

4. orong-orong - 8 Oktober, 2013
5. gondes - 8 Oktober, 2013

kelimaxxxxxx
Kawasaki kualitas dunia…. motor ane dari pertama ampe kini Kawak Kaze R 2001

6. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 8 Oktober, 2013

moge kawasaki cukup dilawan dengan matic nya Honda udah tewas penjualannya…

πŸ˜‰

AL - 8 Oktober, 2013

masih menyisakan sakit hati ..honda lagi honda lagi..hehehehe..pisss ..

wah - 8 Oktober, 2013

ngomong moge larinya matic yahhh

embuh ra weruh - 8 Oktober, 2013

Tumor Honda makin gede … obatnya cukup elus-elus ternoda 1100gs …. wkwkwkwkwk

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 8 Oktober, 2013

tuh kan…
langsung disamber….

πŸ˜†

wah - 8 Oktober, 2013

tuh kan mancing2

β˜…β˜†Tiger26 (the power of dream)β˜†β˜… - 11 Oktober, 2013

nih ada taek spesial….mumpung anget!!!!

Jurus Lambaian - 13 Oktober, 2013

tapi MS honda masih kalah sm tornado.
1 tornado terjual setara setara 100 juta motor honda yg terjual. Berarti MS tornado lebih gede dong. itu artinya moge kawasaki lebih gampang diasepin lagi sama tornado. Tornado cukup gigi netral, Z1000 pasti lewat

7. mydasign - 8 Oktober, 2013

ya gak beda jauh sama dagang mobil kang. mobil entry level sama super car kan beda cara dagangnya…..

8. juwita - 8 Oktober, 2013

lha kepiye mogenya honda?

9. cebong pengen dua silinder - 8 Oktober, 2013

maenan wong sugih..ane pengen ninin 250 aja blm ksampean euy…

10. st3v4nt - 8 Oktober, 2013

Sekarang lagi trend relokasi pabrik moge ke Asia Tenggara biar murah dan terserap pasar lebih mudah….gak di rakit di SEA siap-siap aja kehilangan peluang…..

11. Erit07 - 8 Oktober, 2013

Pqsti nagih…

12. For All Riders - 10 Oktober, 2013

widih yang laen buruan ikut nyemplung di moge dah πŸ˜€

http://jbr-motorcycle-indonesia.blogspot.com/2013/09/keuntungan-service-rutin-motor.html

13. yudha depp - 12 Oktober, 2013
14. bruud - 14 Oktober, 2013

Hari gene pake moge di jakarte… makan tu kopling tangan kena macet.. 1 bulan kemeng, bisa lengan kayak Popeye.. hehehe hidup supra fit


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: