jump to navigation

Apa Hubungan Speed Sensor Rusak dan Pedrosa Jatuh..???? 30 September, 2013

Posted by proud2ride in Balap & Touring.
Tags: , , , , ,
trackback

speed sensor traction control pedrosa
Tadi pada lihat kan Pedrosa jatuh.. Setelah senggolan dikit banget sama Marquez eh pas buka gas malah jatuh. Kalau yang nonton di Trans7, Mateo bilang Pedrosa terlalu cepat buka gas lalu high side dan jatuh. Kok agak kurang setuju ya.. ini jaman balapan full elektronik. Roda sliding dikit aja langsung dikoreksi sama ECU (electronic control unit) kan sudah ada traction control.

P2R malah langsung mikir ada yang salah ini di elektroniknya. Kejadian Pedrosa tadi mirip banget balap GP500 yang minim elektronik. Atau di era MotoGP modern kejadian kaya gini bisa aja terjadi tapi jarang banget. Misalnya saat hujan, persis kejadian Lorenzo waktu patah tulang selangka beberapa seri yang lalu. Selebihnya, kecil kemungkinan high slide.

Sampai akhirnya, berita ramai kalau ternyata speed sensor di roda belakang Pedrosa rusak karena kesenggol Marquez. Tuh kan..!!! Marquez juga mengakui kalau bocah 20 tahun ini sempet nyenggol dikit. Tapi enggak mau senggolan parah, makanya Marquez milih out dari racing line ngelebar untuk menghindari accident.

Tapi ya namanya apes, kabel ini bisa aja putus karena senggolan yang “sedikit” tadi.. Lah gimana gak putus.. kalau kecepatannya berapa kenceng tuh..??? Sekitar 100 km/jam di tikungan. Terus bobot motornya berapa? masing-masing 160 kiloan.. Saat senggolan, masing-masing pergi ke arah yang berbeda. Marquez out, Pedrosa masih dalam racing line-nya ambil sisi dalam tikungan. Karena pisah arahnya jadi kaya saling tarik, kabel yang nyantol bisa aja ketarik dan putus.

Livio Suppo dari Repsol Honda mengkonfirmasi kalau ada kerusakan pada speed sensor di roda belakang motornya Pedrosa.Β  “Unfortunately, it looks like they slightly touched each other and the sensor for rear wheel speed was broken. After that, there was no more traction control and that is why Dani crashed. He is back in the garage and he is okay,” katanya.

Sebelumnya meluruskan dulu.. Ada yang bilang sensor rem belakang ada yang bilang sensor roda belakang hehee.. Tepatnya “sensor kecepatan di roda belakang” yang rusak bro.. Lalu apa hubungannya sensor roda belakang dan traction control…????

Traction control fungsinya memastikan traksi ban ke aspal selalu dalam kondisi baik. Dikatakan baik kalau ban nempel terus apapun kondisinya, enggak sliding apalagi bergeser. Kalau pun sliding masih dalam batas toleransi yang dikehendaki, bisa disetel ini bro.. Kalau enggak percaya tanya Doni Tata waktu balap di WSS, pakai Magneti Marelli, bisa atur suka-suka kekuatan traction control-nya, apalagi ini di MotoGP pasti lebih expert.

Lalu bagaimana caranya si elektronik ini mendeteksi ban tidak sliding berlebihan??? Tentu lewat speed sensor mirip ABS (antilock brake system).. Speed sensor ada dua di roda depan dan belakang. Saat roda depan dan belakang berputar enggak sama, atau enggak sesuai dengan toleransi yang ditetapkan artinya ada masalah. Misalnya, roda depan muter dua kali, kok yang belakang sudah delapan kali, wah artinya spin.. Grip roda belakang pasti enggak mengigit…
pedorsa crash ARAGON
Dari sensor datanya di kirim ke ECU. ECU memerintahkan mesin untuk menurunkan powernya. Caranya macam-macam, ada yang menghentikan pengapian sesaat atau menghentikan semprotan bahan bakarnya. Tapi ini cepet banget brooo.. sepersekian detik doang, yang penting tenaga enggak berlebihan dan mengakibatkan pembalapnya mencelat.

Pada kasus Pedorsa, mesin gak ngerti kalau Pedrosa sudah buka gas terlalu besar jadinya enggak dikoreksi. Mesin tetap gelontorkan power sesuai throttle bukan sesuai grip saat menikung. Hasilnya ya lompat lah.. High side gak bisa dihindari..

Mangkanya, pembalap sekarang bisa buka gas sesuka hati karena ada sensor ini. Bisa rebah sampai 64 derajat tanpa takut pas buka gas gak bisa ngendaliin motornya. Artinya pembalap memang sangat dibantu dengan perangkat macam ini. Rossi dan Stoner yang gak setuju ya, pengen balik ke era minim elektronik hehehee..

Sebenarnya prinsip kerja traction control mirip seperti cara kerja rem ABS. Input datanya dari speed sensor sama, cuma bedanya ECU memerintahkan modul ABS untuk melepas kuncian rem di kaliper kalau roda sudah terkunci, jadi mau ngerem seekstreem apapun roda enggak terkunci dan remnya sesuai dengan porsi yang tepat.

Kan kalau kekunci malah makin jauh jarak pengeremannya, selain itu kalau enggak ngunci motor masih bisa dibelokin. Kalau rem sudah ngunci kan maunya lempeng mulu, giliran dipaksa belok malah kepleset jatoh ya kan….????

Yayayayaa sudah lah.. nungguin hasil investigasi Dorna sambil ngeliat Pedrosa ngelus dada. Apapun keputusan Dorna, tetap aja Pedrosa poinnya nol dan gak akan juara dunia hehehee.. Emang lagi apes.. Oya.. Koreksi ya kalau ada yang salah heheee..

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. haryudh4 - 30 September, 2013

Ketika elektronik lebih berperan ketimbang skill pembalap itu sendiri…

Wajar aja Rossi n Stoner minta elektronik dicabut…

Joko - 30 September, 2013

Kalau Stoner memang elektronik dikurangi tambah kenceng. Tapi kalau Rossi, alasan saja. Sekarangpun dia bisa milih utk ngurangi elektronik di motornya sendiri, tapi yg dia malah minta mengurangi elektronik di semua motor saingannya.

haryudh4 - 30 September, 2013

Kenceng sih nambah, tapi cuma beberapa lap doang. Sisanya ban bakal kegerus abis, coz dia sering main powerslide.

Kecuali sama rata semua TC dicopot, baru deh bener2 ketauan mana rider yang bener2 hebat dan cuma balap ibarat main video game aja. Semua dibantu CPU πŸ˜€

bapakeVALKYLA - 30 September, 2013

akuuuurrrr….

tigirevo - 30 September, 2013
haryudh4 - 30 September, 2013

Ada yang bilang kalo F1 malah 80% teknologi, sisanya 20% skill πŸ˜€

Joko - 30 September, 2013

Kenyataannya memang setingan elektronik Stoner lebih rendah ketika dia juara dunia di Honda dibanding Pedrosa. Tapi apa Rossi berani menurunkan bantuan elektronik dgn tujuan dia lebih kompetitif? Aku rasa nggak.

haryudh4 - 30 September, 2013

Iya, kecuali sama rata semua pembalap TC-nya dikurangi / dicabut. Saya yakin pembalap yang terlalu pede buka gas macam Lor, Maq atau Ped bakal sering jumpalitan πŸ˜€

Kecuali mereka bisa cepet adaptasi sama power besarnya…

Kalo Rossi gak usah ditanya deh, di era 500cc n MotoGP edisi pertama udah buktiin bisa handle motor dengan power besarnya πŸ™‚

Joko - 30 September, 2013

Itu Rossi jaman dulu. Jaman sekarang sudah nggak.

haryudh4 - 1 Oktober, 2013

Faktor U πŸ˜€

beast - 3 Oktober, 2013

Rossi jaman dulu ma sekarang kan tetap rossi bung joko -__-”
dulu tuh skill rider yg utama…
sekarang teknologi ud mendominasi.
gak paham jg ente.
gtu2 rossi tetap disegani ma pembalap lain krn prinsipnya itu.

beast - 3 Oktober, 2013

rossi dulu dan sekarang kan sama aja tetep rossi
-__-”
nama honda naik berkat rossi
nama yamaha yg dulu dicemooh jadi naik jg berkat rossi.
sejarah itu dan prinsipnya ttg teknologi yg sama dgn stoner itu yg buat disegani bung, apapun prestasinya saat ini..

for all lihat ni srat cinta rossi :
http://adicuzzy.wordpress.com/2010/08/16/surat-cinta-rossi-yang-bikin-saya-terharu/

2. widheart - 30 September, 2013

siip tenan analisa nya Om, saya setuju πŸ™‚

3. masshar2000 - 30 September, 2013

oo…gitu…mateo perlu minta maaf nih ama fans pedrosa…td kan nyalain pedrosa..
http://masshar2000.wordpress.com/2013/09/29/belajar-dari-newbie-bagi-yang-merasa-newbie/

4. juwita - 30 September, 2013

balapan canggih!tp kalo klothok2 cbsf bisa langsung terdeteksi dan bisa kena sensor gak tuh?

wah - 30 September, 2013

klothok sudah masa lalu mas,,,sudah gak ada tuh

the iceman - 30 September, 2013

maklum gan,, udh g ada bahan bc lagi,, jdinya gtu deh,, hahaha,,

5. Jelajah - 30 September, 2013

wah gitu ya

6. Bocah_Ugal - 30 September, 2013

tang anehnya hrc kayanya gak begitu bodoh naruh sensor pentingnya di tempat yang kemungkinan gak aman..

kayanya modusnya hrs klo sensor rusak karena ke senggol..
klo pemikiran ane lebih rusak ke perangkat itu sendiri bisa dikatakan human erorr dr pihak hrcnya..

soalnya honda kan jagonya kontruktor.. apa coba klo sampk rusaknya sensor gara2 selain kesenggol..

bisa2 di cabut tuh gelar..

kukulutus - 30 September, 2013

Atas ane maho

7. EISCELL - 30 September, 2013

waa gak keliatan senggolane nich… mosok kabel sensor dg mudah kecantol?

Suneo - 30 September, 2013

Kayak ga tau kualitas mocin aja…

wah - 30 September, 2013

mocin si markues bisa menang tuh

8. Salam orang gombong - 30 September, 2013

Oce banget bahasannya tapi update articlenya itu edan eling kenapa ya p2r

9. RezaYellow46 - 30 September, 2013

tuh, baru satu tikungan aja pembalap jaman sekarang langsung jatoh tanpa kontrok traksi

http://ayodonkbaby.wordpress.com/2011/06/06/pembalap-jaman-gp-500-jauh-lebih-hebat-daripada-motogp/

Joko - 30 September, 2013

Kalau dari awal tahu balapan tanpa kontrol traksi, mungkin bisa. Tapi kalau tiba2 tanpa disadari kontrol traksi mati, semua pembalap pasti jatuh.

RezaYellow46 - 30 September, 2013

Estoril 2012 Nicky Hayden mengalami hal yg sama kaya si pedro, elektronik mati (kamera onboard, spidometer dll) termasuk kontrol traksi ditengah2 balapan tp masi mampu finish ga jatoh

Joko - 30 September, 2013

Finish nomer berapa? Lagi ngejar posisi berapa?

10. Fitready - 30 September, 2013

bukan “emang lagi apes,,,” tapi… “apes lageee…”

11. RAJA GAZRUUK - 30 September, 2013

Ane yg nonton dari rmah dngan banyak semutnya ja kliatan kontak motor antara MM vs DP…lah yg dri studio trans7 mlah gak kliatan…

#lirik Lucy n Matteo

12. cheetah250hp - 30 September, 2013

nyusss

13. ken39 - 30 September, 2013

terbukti, Pedrosa emang ‘calon abadi’ juara dunia

14. myf - 30 September, 2013

bukannya yg bener high slide > high side, magneti minarelli > magneti marelli ya om?

15. Sam - 30 September, 2013

mantap informasi nya bro. siiip

16. orong-orong - 30 September, 2013

wow ada hubungannya ya

orong-orong - 30 September, 2013
17. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

kesimpulan yang bisa di dapat…
pembalap sekarang vs Rossi di era GP500 belom tentu menang…

nuff said!!!

18. dandi - 30 September, 2013

MM harusnya kena pinalti… jelas dia yg nyruduk & mo nyalip dr luar.. gak bersih manuvernya. pdl nyalip bersih aja juga kesalip tuh DP.. kyk JL yg gampang bgt diasepin.. jiwa muda bawa korban.. smg habis ini gak musuhan nih DP ke MM

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

kalo di liat dari manuever Super Sic vs Daped, ketika itu HRC langsung komplain keras ke Dorna.

apa bakal begitu ke daped?

πŸ˜†

bapakeVALKYLA - 30 September, 2013

gak mungkinlah..
kan mereka satu tim.. πŸ˜†

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

gw mw liat statement FBH kalo Marquez juara dunia, apa bakal dia di cap sebagai pecundang seperti Stoner, Rossi n Lorenzo…

“Juara pembalap itu pecundang, juara sejati itu ya juara konstruktor.”

wkwkwkwkwkwk

Aditya - 30 September, 2013

memang juara motor ya konstruktor (merk motor) kalau juara orangnya ya lain perkara.

koplak - 30 September, 2013

juara sejati itu ya juara konstruktor dan juara pembalap,,koplak lo roy ngakak guling guling ada orang dungu kaya gini,

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

@Aditya

lho? kata FBH Juara pembalap itu ya Juara Pecundang, jangan suka pura2 lupa ingatan ah…

πŸ˜†

@koplak

yang koplak ya FBH donk om… lha wong kata FBH Juara pembalap itu pecundang kok… Juara sejati ya Juara konstruktor doank… kata FBH kan begitu…

πŸ˜†

mp.aja - 30 September, 2013

kalo yg ente maksud musim 2012, biasa aja fbh mengatakan kalo JL pecundang, karena keliatan bgt dia maen aman, trus motor dia super bgt jika dibandingin dgn motor team matenya, trus pake lambaian maut, tendangan sapu jagat bla bla…… jgn mencapur campurkan statement, kecuali ente emang ente pernah sakit hati sama yg namanya HONDA terutama AHM, jd pnasaran nich knapa om roy ini “anti” bgt sama H terutama AHM, do u think u smart…?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

jadi maksud ente yang kemaren itu?
terus langsung masuk ke tim pabrikan? yang lucu itu juara pembalap = pecundang. itu kata2 universal. masa orang berpendidikan kek ente gak tau kata2 tersebut.

malu ah… berpendidikan tapi gak mengerti 1 kalimat tersebut…

πŸ˜†

jindut - 30 September, 2013

Jangan lupa bang roy lorenzo juga waktu naik ke motogp langsung masuk ke tim yamaha factory racing tapi dia malah kebanyakan crash jadi patah2

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

Peraturan Rookie itu setelah Lorenzo Masuk. Lha wong dapet aja langsung ke pabrikan bukan? setelah itu ada peraturan rookie harus ke satelit dulu, sampe MM muncul dan Honda mengancam untuk keluar jika peraturan Rookie masih berlaku.

masa begitu aja gak tau? atau pura2 gak tau?

πŸ˜†

mp.aja - 1 Oktober, 2013

siapa yg berpendidikan…?

brapa org fbh yg mengatakan “juara pembalap = pecundang”….?
mungkin lebih banyak yg mengatakan JL = pecundang

yakin yg bilang juara pembalap = pecundang adalah fbh semua….?
aq ga bilang aq ni berpendidikan but i say do u think u smart…?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

JL Pecundang ada, tapi konsentrasi adalah Juara pembalap itu pecundang dan juara sejati adalah juara konstruktor.

pura2 lupa nih… karena MM mw jurdun taon ini yak?

πŸ˜†

wah - 30 September, 2013

kenapa harus penalti

19. cah bagus - 30 September, 2013

MM harus dikurangi poin nya sebanyak 100 poin supaya adil se adil adil nyaaaa….

mp.aja - 30 September, 2013

semoga,

wkwkwkwk

20. kopdar9 - 30 September, 2013

wah berarti teknologi honda kesenggol sedikit aja udah gak berfungsi nie… ini HRC, gmn AHM ya…???

21. mydasign - 30 September, 2013

bisa jadi.. bisa jadi…

22. penonton motojipi. - 30 September, 2013

Klo diliat dari klasemen sementara kemungkinan HRC lebih mendahulukan MM93 n mengorbankan DP26 dengan melobi dorna agar gak ada pinalty.(sembari mengancam mo keluar dari motogp tahun depan klo gak dituruti)

lalalayeyeye - 7 Oktober, 2013

mengkhayal aja lu tonk

23. ipanase - 30 September, 2013

cittttt
tahu2 hi side

24. mercury79 - 30 September, 2013

sepetinya itu kecerobohan mekanik pedrosa yg tak mau disalahkan oleh hrc, bisa aja tuh kabel putus karena gesekan pas pedrosa crash…

over all marq telah menjadi macan muda nan garang dan cakarnya yg tajam mulai mencabik macan-macan tua di arena motogp…

πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

25. wong anyar - 30 September, 2013

20. kopdar9 – 30 September, 2013

wah berarti teknologi honda kesenggol sedikit aja udah gak berfungsi nie… ini HRC, gmn AHM ya…???
=================
Kalau kabel kesenggol putus, ya wajarlah. Yang gak wajar kalau 5 jatah mesin sudah pada rontok di tengah jalan, itu mesin prototype lho, gimana yang produksi masal?

rebah - 30 September, 2013

wkwkwkwk mesinnya mang terkenal gampang jebol …makanya si yahomo mau balapan bebek aja pake mesin seharga 2 milyar wkwkwk πŸ˜€

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

cie cie cie,…
sakit hati nie ye jagoannya di kepret di Indoprix,,

πŸ˜†

Aditya - 30 September, 2013

ngapain sakit ati. bebek kalah wajar, peruntukannya bukan untuk balap. sementara yang untuk balap ya asli motor balap, bukan bebek dibuat balap.

wah - 30 September, 2013

good post,,,tp gak selamanya menang dan jg gak selamanya kalah

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

jadi yang taon kemaren kalah di motoGP itu siapa anak2?

ada yang bisa jawab?

πŸ˜†

wah - 1 Oktober, 2013

yang kalah pedrosa anak222
kalo motor yang kalah yamaha anak22
pahammm
bentar lagi roy nyolot juara pembalap itu pecundang anak2

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

hahahaha…

gak ada yang bisa jawab ni yeee…

wah - 1 Oktober, 2013

hahahaha lari ni yeee

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

jiah
pura2 amnesia… yang kemaren koar2 juara pembalap itu pencundang siapa om?

FBH, FBY or Non FB?

πŸ˜†

wah - 1 Oktober, 2013

bukanya itu omongan loe tiap hari ????wkwkwk
pura2 amnesia?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

yang mana? yang mana ucapan gw n gw lupain?
bukannya kata FBH juara sejati itu Juara Konstruktor?

betul? dan juara pembalap adalah pecundang? masa lupa ama statemen para FBH taon kemaren?

mp.aja - 30 September, 2013

langsung mingkem wong anyar. hehe

mp.aja - 30 September, 2013

maksudnya kopdar9 hehe

maap

Lucu - 1 Oktober, 2013

wkwkwkwkwkwkwkwk………yakin jatah 5 mesin sudah pada rontok?kayaknya waktu itu udah ada yang jelasin deh.
Masa malah nyangka make 5 mesin dikira mesinnya punya daya tahan jelek…wkwkwkwkwkwk….geli ane.

26. rebah - 30 September, 2013

tapi yang penting terlihat jelas honda repsol ngak ada team order , beda lah sama si yahomo apalagi si lorencong bencong pake jurus lambaian uler kadut πŸ˜€

sudah pasti fby rame2 ngarep marq di hukum pengurangan poin biar si lorencong bisa juara wkwkwk πŸ˜€ ….poin marq udah pernah di kurangi 5 tuh , tapi mau di potong poin lagi pun ngak bakal ngefek tetep aja marq bakal juara , mau ngarepin apa dari motor lemot yahomo ?? udah pake mesin sohc operstroke plus sok2an nyontek ssg honda padahal otaknya pas2an plus kere πŸ˜€

jadi poinnya gini :

kalo ditanya pembalap motogp/gp500 yang banyak juara jawabannya agostini.

kalo ditanya motor/pabrikan/konstruktor motogp/gp500 yang paling banyak juara : jawabannya yah honda lha.

kalo di tanya motor/pabrikan/konstruktor superbike yang paling banyak juara : jawabannya yah ducati

kalo ditanya motor/pabrikan/konstruktor supersport 600cc yang paling banyak juara : jawabannya yah honda cbr600rr lha

nah kalo yahomo apa dong ??? paling banyak juara indonpliks kelas bebek kwekwekekek … saking begonya pengen juara bebek keluarin uang 2 milyar untuk 1 motor bebek wkwkwk ….ngak tau malu ngaku2 teknologi motogp tapi si vixi sport banci sohc operstroke ngak berani ikut balap kelas sport dengan ngeles “ngak safety” wkwkwk takut protol yah tuh mesin operstroke πŸ˜€

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

cie cie cie…
saking sakit hatinya di balap IP dan MotoGP…
ampe bawa2 balap kelas WSS…

abis ini pasti bawa data penjualan…

wkwkwkwkwkwk

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

jangan lupa bro… pembalap mah gak di itung,yang di itung juara konstruktornya…

itu di WSS juara pembalap apa konstruktor?
masa FBH mw jilat ludah lg ah…

πŸ˜†

rebah - 30 September, 2013

bukannya elu yang sakit hati bca komen gua …sampe2 nyamber komen gua wkwkwk :mrgreen: … kalo bego jangan di pamerin tong wkwkwkwk …

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

cie cie cie…
abis kalah kemaren di Indoprix, langsung ngejelekin balap mbebek…

cie cie cie…

pake bahas juara pembalap…

cie cie cie…
jilat ludah maning…

cie cie cie…

πŸ˜†

mp.aja - 30 September, 2013

ni dia om roy, dari atas ampe bawah terlihat “bangga” bebek yamaha juara IP, tapi anehnya gak mau di sebut FBY.
Q : apa ada FBY mau disebut FBY…..?
:mrgreen:

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

@mpaja

ya lucu aja… di MotoGP keok… di IP juga keok. tapi koar2 juara dunia pembalap. bukannya yang harus di sebut itu juara dunia konstruktor seperti kalian koar2 kan taon kemaren?

πŸ˜†

wah - 1 Oktober, 2013

berapa kali yamaha dan honda juara pembalap???
jawab cuma selisih satu yamaha menang
berapa kali honda dan yamaha juara konstruktor??
jawab honda 240x,,,,dan yamaho 195x
lucu sekali “dimotogp keok”

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

wkwkwkwkwk…
orang itu ngeliat yang juara di taon 90 an itu siapa n naek motor apa. bukan nyari siapa juara kontruktor di taon tersebut.

gitu aja masa gak ngerti?

πŸ˜†

wah - 1 Oktober, 2013

kelas tertinggi lah anak22

wah - 1 Oktober, 2013

orang gak ngerti cuma liat orangnya doang
padahal ada teknologi hebat dibaliknya
gitu aja gak ngerti?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

ente yang tolol berarti…
taon 93 yang juara siapa ya? naek motor apa? terus seperti apa teknologinya…

kenapa kok dia bisa juara?

bukan di cek dari juara konstruktornya…

goblok kok di piara…

πŸ˜†

wah - 1 Oktober, 2013

dungu dipelihara roy,,,goblok banget,,,berapa kali RGV juara??
loe ngomong orangnya
gue teknologinya tong
dungu banget ente
andai orangnya pensiun,,apa teknologinya pensiun?
dungu di piara,,,

mp.aja - 1 Oktober, 2013

santai aja brader, jgn bikin dosa,
debat boleh2 aja hehe

27. yellowduck - 30 September, 2013

memang nasib pedrosa yang selalu apes…
8 tahun mondok di HRC sekalipun ga pernah jurdu.
saatnya diganti sama yang lebih muda.

28. okeu - 30 September, 2013

mantap analisanya Om setuju banget, tapi bagaimanapun Honda kan menang juga ujung2nya, Marquez ncagicr gt pas balapan jadi udah jelas Honda sesuai dengan track semalem

29. Dogol - 30 September, 2013

@wong anyar : Ane setuju Bro sama ente…. Wkwkkwkkkkkk πŸ˜€

30. Dogol - 30 September, 2013

MarQuez yg menang, Alamat gak ada Iklan Satu Halaman Penuh di Tabloid …. Wkwkwkkkwkk πŸ˜›

31. i i ye yo yo - 30 September, 2013

Thol…..
Thol….
Ublemo…….

32. Roda2 - 30 September, 2013

ini bukti klo “mereka” tidak akan sehebat skrg klo tanpa TC.

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

yups…
kalo non TC, andainya mereka memakainya, udah jungkir balik itu MM n Lorenzo.

subaru - 30 September, 2013

benar sekali. no TC = lebih seru. sekarang kayak robot dinaikin manusia, bukan motor

konsumen - 30 September, 2013

kalau dari awal tanpa TC lorenzo MM DP apalagi Stoner mereka akan tetap bisa juara
traction control berguna untuk lebih aman karna power motor udah kelewat batas sering high side nyawa taruhannya…..

wah - 30 September, 2013

nyawa pembalap jg cuma satu brooo

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

kata siapa beroooo? ada buktinya?

wah - 1 Oktober, 2013

potong aja pala loe bisa jalan kagak?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

gw minta bukti berooo…
cpd…

wah - 1 Oktober, 2013

langsung aja cpt

wah - 1 Oktober, 2013

ayo potong wkwkwkwk

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

ah bacot doank gede…
bukti gak ada…

πŸ˜‰

wah - 1 Oktober, 2013

mukut doang bau,ayo buktiin kalo nyawa loe double kayak kucing
loe pengen bukti kalo nyawa pembalap itu satu,mereka manusia cong,kayak elo
ayo

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

ah ente…
bacotnya doank gede…

πŸ˜‰

mp.aja - 30 September, 2013

analisa ane
kalau dari awal karir step per step sampai motoGP “mereka” gak pakai TC, mereka juga akan terbiasa, kate siape mereka gak aka hebat…..? sotoy ah

karena manusia bisa beradaptasi bro

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

betul…
tapi coba liat di era 2 tak… siapa aja yang berjaya ketika itu?

πŸ˜‰

33. satria120s - 30 September, 2013

Pembalap sekarang jago karena teknologi, kalo jaman dulu jago krn skill. Begitu bukan teorinya?

wah - 30 September, 2013

masak mas?bukanya TC dibuat jg untuk safety?ingat MC Dohan dan lain2 era 2tak tanpa TC?,,,pada patah tulang semua
terbukti kan TC roda belakang lepas membuat roda sliding,sangat bermanfaat saat hujan,liacin

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

maka dari itu…
tanpa TC = Skill,… makanya Rossi minta itu perangkat elektronik di copot sampai 40%.

konsumen - 30 September, 2013

nama rossi jangan di bawa2 orang udah kaya raya dan kini selevel ama satelit nyali udah ciuuuuut……bocot gede baru iya

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 September, 2013

siapa?

ente? lha kalo gitu si dapet n stoner yang udah dia taklukan sejak taon 2006 itu apaan donk?
super pecundang?

πŸ˜†

konsumen - 30 September, 2013

jangan mimpi terus bangun oiiii rossi itu tinggal masa lalu udah lewat broo…. stoner minta dikurangi TC untuk dirinya sendiri kalau rossi lawan yang haruss di di kebiri TC nya ….rossi itu mulut besar ….

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 1 Oktober, 2013

Rossi minta lawan di kurangi TC nya?
bukti brot… mana bukti nya jangan cuma memfitnah doank…

πŸ˜‰

http://www.superbikeplanet.com/2010/Aug/100830anpos.htm

jangan kebiasaan fitnah om… gak baik. fitnah lu itu cuma memperlihatkan (sorry) betapa tolol nya diri lu itu…

baca2 yang banyak dan pahami kalimat2 yang ente baca, jangan cuma ngebacot gak jelas…

πŸ˜‰

konsumen - 1 Oktober, 2013

Rossi: Traction Control Must Be Curtailed
artinya mata loe buta roy
begitu ootnya loe roy membaca tapi tak memahami

tapi apa yang terjadi rosidin tetap memakai full TC sampai sekarang cuma stoner yang spec’s down dari TCnya

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 2 Oktober, 2013

ente tolol ya?
disitu artinya TC harus di putuskan. tapi dimana itu kata2 untuk lawan2 Rossi?

Rossi memakai full TC ya karena emang terpaksa. sedangkan stoner setting TC nya minimum (sumber HRC).

Nah apa Rossi memakai FULL TC? ada sumber nya?

πŸ˜†

sedangkan bacot lu adalah


kalau rossi-> lawan yang haruss di di kebiri TC nya <-"

jadi disini lu berasumsi bahwa TC lawan harus di hilangkan sedangkan Rossi TIDAK… begitu kan?

mw ngeles ya? monggo…

πŸ˜†

konsumen - 2 Oktober, 2013

rossi memakai TC karna terpaksa ???? ngakak sambil guling2 berarti sama dong rossi tak ada SKILL cuma jadi loser sekarang….
eeeeem rossi itu mbah loe ya…..

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 3 Oktober, 2013

Woy pinter yang lg ngakak guling2…


kalau rossi-> lawan yang haruss di di kebiri TC nya <-
"

Lha ini artinya apa om? ente bilang Rossi minta TC lawan di kurangi? mw ngeles lg ya?

wkwkwkwkwk…

Coba baca yang ini pintar…

"Nah apa Rossi memakai FULL TC? ada sumber nya?"
dijawab dengan ini…
"berarti sama dong rossi tak ada SKILL cuma jadi loser sekarang…."

Gak ada bukti apa2 langsung bilang looser… cuma ngebacot gak jelas padahal katanya situ pintar…

πŸ˜†

34. motogokil - 30 September, 2013
35. saphire - 30 September, 2013

rossi banyak ngeluh nya ya,dulu ngeluh team mate nya nyontek,di ducati ngeluh motornya gak bisa belok,di kasi yamaha factory ngeluh lagi minta dicopot elektroniknya

ntar lama-lama minta motornya mesin F1

36. Erit07 - 30 September, 2013

Seremmmm…

37. peyek - 30 September, 2013

marcuet memang fen0menal

38. peyek - 30 September, 2013

joz tenan

39. bam - 1 Oktober, 2013

namanya juga balaapan., senggolan dikit its ok, kalo ngga mau senggolan ya dibikin jalur jalur masing masing kaya renang….he…he… , mengnai kabel putus,apa bisa dibuktikan itu dari senggolan dengan marc, bisa aja terjadi saat pedrosa jatuh….makanya pasang RDR sekalian kayaFDR di pesawat…lamanlama balapannya pake remote control, pembalapnya duduk manis sambil pegang stick. dari dulubmemang pedrosa ngga konsisten kadang bagus kadang memble apalagi kalo udah diteror dari belakang….bawaannya galau……kalo besok ngga mau jatuh, motornya di bikin kaya MP3 aja kalo ngga pasang roda kecil, kiri kanan di belakang

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 2 Oktober, 2013

posisi sensor ada disebelah kanan, sedangkan pedrosa jatuhnya ke kiri…

Oyieck Beybee Jadi Ayah - 4 Oktober, 2013

iya bener2… DP motornya jatuhnya ke kiri…..

40. fidi - 4 Oktober, 2013

mario pinterbacot, jaman dia membalap kan jaman jadul


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: