jump to navigation

Setting Ulang Bahan Bakar di Injeksi, Jauh Lebih Gampang dari Motor Karburator! 18 Februari, 2013

Posted by proud2ride in Teknologi, Tips & Trik.
trackback

P2R-fuel_self_mapping_kit_bazzaz_z_afm_2

Ajib nihhh….!!! Bagi pemilik Kawasaki Ninja 250 FI jika mau utak atik settingan pengabutan bensin ke ruang bakar bisa menggunakan piggyback. Salah satunya merk Bazzaz Z-FI asli produksi Amerika. Nama piggyback yang satu ini memang kalah pamor dibandingkan Power Comannder V alias PCV yang lebih dulu dikenal di Indonesia. Tapi banyak yang bilang, Bazzaz lebih mudah disetting sendiri.

Paket Bazzaz Z-Fi terdiri dari modul piggyback, kabel bodi dan aksesoris tambahan seperti cable ties, velcro dengan double tape untuk menempelkan piggyback ke motor dan O2 eliminator (yang ternyata tidak terpakai karena Ninja 250 FI versi lokal ternyata masih open loop).

Proses pemasangannya juga gampang karena cuma colok sana-sini mengikuti buku petunjuk yakni sensor injector, speed sensor, TPS, crank position sensor dan kabel ground. Enggak sampe 45 menit, sudah selesai menginstall piggyback. Dilanjutin dengan ritual buka laptop untuk remapping ulang bahan bakar supaya power motor lebih joss.

P2R-bazzaz_performance_zfi_1

Pas melototin LCD laptop, terlihat mapping bahan bakar yang diinstal dalam piggyback sudah tidak standar. Soalnya di layar muncul angka-angka yang menunjukkan peningkatan bahan bakar dalam ukuran persentase. Untuk menambah dan mengurangi bahan bakar juga praktis karena tinggal klik-klik doang!Jadi teringat ketika P2R masih hobi ngutak-ngatik KLX 150 D Tracker pas pertama kali keluar! capek banget bongkar pasang karbu PWK 28 Sudco yang ditancepin ke si supermoto unyil gara-gara salah nebak main jet.

Bongkar-pasang berkali-kali buat nemuin jetting yang tepat, apesnya sang mekanik juga nggak pinter nebak ukuran spuyer. P2R jadi bolak-balik toko-bengkel buat beli spuyer yang pas deh!Lah ini tinggal klik-klik doang buat dapetin fuel map yang diinginkan! Btw, piggyback ini beda ya dengan set up menggunakan diagnostic tools yang digunakan pada Yamaha Vixion. Soalnya ECU standar Yamaha Vixion cuma bisa disetting -30 sampe +30, jadi pasokan bensinnya cuma ditambahin. Sedangkan map bensin yang digunakan tidak berubah.

Kalo pake piggyback, komposisi bahan bakar di putaran bawah dan atas kan bisa dibikin beda. Misal di rpm 3000 hanya ditambah 10% sedangkan di rpm 8500 bensin ditambah 30% untuk mendapatkan tenaga yang halus di putaran bawah namun galak di rpm tinggi.

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. ariefbladeriska - 18 Februari, 2013

pertamax gak ya?

2. ariefbladeriska - 18 Februari, 2013

gampang sih tp butuh peralatan mahal,,,lbh gampang cuman pke obeng lah,,,

3. ninin_lova - 18 Februari, 2013

mahal harganya ya?

ayahrafly - 18 Februari, 2013

sudah pasti deh brow..

4. bkn fb - 18 Februari, 2013

joz

5. Yoshi - 18 Februari, 2013

alatnya mahal

6. fadeln250r - 18 Februari, 2013

lah. . . .asik juga ya. . .

7. tyonugra - 18 Februari, 2013

klau mampu beli ninja fi mosook nggak mampu beli piggyback,
Mahal itu relatif

8. orong-orong - 18 Februari, 2013

absen gan, mantab gan

9. NoAH - 18 Februari, 2013

Bro.. Klw utk setting pgm fi bisa g?!

10. dani - 18 Februari, 2013

Selama gak pake obeng…

11. Asys Fandi - 18 Februari, 2013

Mannntab…!!

12. kepo - 18 Februari, 2013

ora pengen.. *sogunku urung injeksi

13. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 18 Februari, 2013

lebih mudah kalau sudah terbiasa dan gak perlu bongkar2 banyak…

14. Trisna Ariwibawa - 18 Februari, 2013
15. jofrin - 18 Februari, 2013

ditunggu pabrikan yg kasi cd program plus diagnostic tool buat setting injeksi include di paket penjualan kayak HP…dijamin beres bakalan agak sepi…:)

16. pak tarno - 18 Februari, 2013

lebih gampang lagi kalo motor injeksinya masih manual, alias suka seting sana-sini pake obeng, wkwkwk

17. Callmewhy - 18 Februari, 2013

Josss!
piro regone??
sp tw punya motor injeksi..

18. sauce - 19 Februari, 2013

di lpk2 otomotif udah punya gak ya. Buat bengkel kemana ya kalo pingin belajar ttg injeksi

19. kongkong - 20 Februari, 2013

Kalo bukan ninja bisa tdk…

20. new vixion - 20 Februari, 2013

Joss gan, kawasaki sama yamaha msih mending punya diagnostic software, daripada honda cuma dg konsol, gk smua mekanik paham, kadang malah service injeksinya cuma ganti oli sm puter2 obeng, 😀

21. new vixion - 20 Februari, 2013

Masih mending kawasaki dg KDS (kawasaki diagnostic system) ver. 3 dg laptop, atau yamaha diagnostic software dg laptop jg gan, drpada honda cuma pake konsol, mekanik jg gk smua paham, service injeksinya cuma ganti oli sama puter2 obeng, #injeksi puter2 obeng 😀

22. new vixion - 20 Februari, 2013

Kawasaki
triatmono.wordpress.com/2013/02/09/setting-ecu-motor-kawasaki-pake-notebook-menggunakan-kawasaki-diagnostic-system-versi-3/

Yamaha
tmcblog.com/2012/06/02/mencoba-diagnostik-tool-yamaha-yang-super-informatif-tematik-workshop-fi-yamaha/

Honda mana?? Masa service injeksi masih pake konsol hids jadul ,puter2 obeng ,sama ganti oli doang , ntar bisa ngorok sama ngelotok2 (cb150r) lhoo 😀

Kawasaki dan yamaha kerennn 😀

23. freaky_me - 22 Februari, 2013

Prasaan Teknologi kayak gini udah ada di HONDA….???

kalo yang low end yang msih Pake HIDS… masih ada manualnya sih… sih abang mekanik masih atur pake bantuan obeng, dll. secara Low End.. gitu… hehehe

Tapi yang udah CBR 250… gak liat gitu lagi prasaan.. hehehe
#secara motor Premium….

new vixion power - 2 Maret, 2013

Sama aja bro, honda pake hids smua, n kdang puter2 obeng jg,
yamaha n kawasaki udh pake diagnostic software
Kawasaki
triatmono.wordpress.com/2013/02/09/
setting-ecu-motor-kawasaki-pake-notebook-
menggunakan-kawasaki-diagnostic-system-
versi-3/
Yamaha
tmcblog.com/2012/06/02/mencoba-
diagnostik-tool-yamaha-yang-super-informatif-
tematik-workshop-fi-yamaha/
🙂

24. Setting Ulang Bahan Bakar di Injeksi, Jauh Lebih Gampang dari Motor Karburator | anggara - 27 April, 2013

[…] Posted by proud2ride in Teknologi, Tips & Trik. trackback […]

25. medhy - 26 Mei, 2013

Tapi bos katanya klu ninja 250 ga bisa setting ecu

26. medhy - 26 Mei, 2013

Ninja 250 fi ya

27. gendro - 7 Oktober, 2013

hati-hati pakai piggyback ,,sulit dikembalikan ke normal lagi,karna ECU di manipulasi,,resikonya UCU error,,sudah banyak yang nyesel..

28. mkrt - 5 Januari, 2014

motor gua spacy FI mau saya kasih CDI BRT tapi di mana ada jual CDI BRT buat spacy

29. kiospasti - 2 September, 2014

Makasih infonya gan..

30. cupcake - 25 Desember, 2014

nyimak dulu ini

31. roby - 20 Januari, 2015

gan, saya mau tanya…motor saya vario 125… pernah kabel koil lepas ketika motor sedang berjalan kemudian motor langsung mati..di nyalain,MILnya berkedip1x panjang dan 2x pendek…di bengkel ahas dicek ternyata sikring pompa bensin putus,ganti dengan yg baru. tapi beberapa hari kemudian hal tsb berulang Lg,herannya ga ada kejadian lepas kabel koil … walaupun dah di hapus data Ecunya,error MIL sensor injektornya masih terjadi…mohon pencerahan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: