jump to navigation

Mengapa “Sudut Overlapping Besar” Bikin Boros dan Kurang Ramah Lingkungan…??? #DOHC vs SOHC (7) 4 Februari, 2013

Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.
trackback

Valve_timing_4T
Lanjut nulis teori ahhhh…. ternyata banyak yang mendukung artikel beginian. Bagi yang sudah expert, ya silahkan dilewati saja. Atau jika mau nambahin infonya, ya tambah okeh banget. Kali ini P2R mau ngulas sedikit soal overlapping klep. Kononnnn…. jika sudut overlapping besar, maka bikin boros bensin dan kurang ramah lingkungan. Mengapa demikian….???

Perhatikan tabel di atas. Sudut overlapping seperti tergambar pada garis tebal hitam. Yaitu ketika klep masuk (warna biru) dan klep buang (warna merah) sama-sama membuka. Itu terjadi ketika piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA) pada saat langkah buang dan saat piston bergerak dari TMA ke TMB saat langkah hisap. Pada saat itu klep masuk mulai membuka. Sedangkan klep buang mulai menutup. Kepala klep seperti salipan.

Klep masuk membuka untuk memasukkan gas pembakaran (campuran udara dan bensin) ke dalam silinder. Sedangkan klep buang membuka untuk mengeluarkan sisa pembakaran menuju knalpot.

Nahhh…. apa jadinya jika saat klep masuk dan klep buang sama-sama membuka….??? Bukankah gas pembakaran bisa ikutan terbuang….??? Apakah teman-teman masih ingat cara kerja mesin 2-tak…??? Mengapa 2-tak beracun….??? (untuk mesin 2 tak akan P2R bahas tersendiri ya)

Makanyaaaa…. jika sudut overlapping besar, maka besar kemungkinan gas pembakaran ikut terbuang juga makin banyak. Pasti lebih boros dongggg….??? Kalo gas baru yang belum terbakar ikut terbuang, bisa jadi racun dong….???

Demikian bro, semoga paham. Jika ada yang mai menambahkan silahkan saja. Atau ada yang mau koreksi jika P2R ada salah penjelasan. Next… akan P2R coba menghitung timing valve sebuah motor. Tak cari bahannya dulu bro, biasanya tercantum pada buku manual.

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja

ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. dimas - 4 Februari, 2013

nice

Pa.Gatot - 7 Februari, 2013

MAHA BESAR ENGKAU YA ALLAH,,KINI SYA SDH BEBAS DRI SMUA UTANG2
BERKAT ANGKA TOGEL PMBERIAN Ky-DARMO
YG BISA TEMBUS HINGGA SYA MENANG,,
KLW ADA YG MAU MENANG TOGEL SPERTI SAYA ,HUB Ky-DARMO DI
0852-1815-8585 BLIAU AKANG MEMBERIKANG ANGKA KMENANGAN SLAHKAN ANADA BUKTIKAN KARNA SYA SDAH BUKTIKAN SKARANG GILIRAN ANDA.

MAHA BESAR ENGKAU YA ALLAH,,KINI SYA SDH BEBAS DRI SMUA UTANG2
BERKAT ANGKA TOGEL PMBERIAN Ky-DARMO
YG BISA TEMBUS HINGGA SYA MENANG,,
KLW ADA YG MAU MENANG TOGEL SPERTI SAYA ,HUB Ky-DARMO DI
0852-1815-8585 BLIAU AKANG MEMBERIKANG ANGKA KMENANGAN SLAHKAN ANADA BUKTIKAN KARNA SYA SDAH BUKTIKAN SKARANG GILIRAN ANDA.

MAHA BESAR ENGKAU YA ALLAH,,KINI SYA SDH BEBAS DRI SMUA UTANG2
BERKAT ANGKA TOGEL PMBERIAN Ky-DARMO
YG BISA TEMBUS HINGGA SYA MENANG,,
KLW ADA YG MAU MENANG TOGEL SPERTI SAYA ,HUB Ky-DARMO DI
0852-1815-8585 BLIAU AKANG MEMBERIKANG ANGKA KMENANGAN SLAHKAN ANADA BUKTIKAN KARNA SYA SDAH BUKTIKAN SKARANG GILIRAN ANDA.

prediksitogelhariini2014 - 8 Januari, 2015

SAYA ATAS NAMA:PAK YUDA DARI MALAYSIA DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA YG DIBERIKAN 4D BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH DPT 257 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU MBAH RONGGENG JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISI HUBUNGI LANSUNG MBAH RONGGENG DI NO_0852-5620-0352_SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN. INI KISAH NYAT SAYA===============================
./././

2. cobex - 4 Februari, 2013

hal ini terjadi untk motor karbu, kalau motor injeksi terbuangnya gas pembakaran bisa di minimalisir,

proud2ride - 4 Februari, 2013

iyesss… setujuhhh. mantafff bro cobex 🙂

brigade jalan raya - 4 Februari, 2013

Oh begitu toh 🙂 Injeksi mantep. Nahhhhhh giamana kalau MOTOR 2 TAK pakai Injeksi. Nahh looohhh. xixi

cobex - 4 Februari, 2013

motor 2t ada yg pake injeksi tuh motor2 balap gp era 90 an, kalo versi jalanannya ada aprilia125, 250 pake sistem direct injection.

3. c@mpret - 4 Februari, 2013

ngono ta

4. mpaja - 4 Februari, 2013

asik
nambah ilmu

5. ipanase - 4 Februari, 2013

expert bener

6. ibnu - 4 Februari, 2013

Sama aj kalo injeksi kalo overlap besar jg bikin boros, tapi biasanya udah di perhitungkan setiap pabrikan mana yg lebih optimal…

7. NoAH - 4 Februari, 2013

‘Fakta bahwa DOHC lebih boros dari SOHC’

tapi…yg paling mengejutkan,menghebohkan adalah konsumsi bahan bakar DOHC HONDA hampir menyamai bahkan bisa melebihi konsumsi bahan bakar SOHC HONDA. (musti bilang wow…)

*inilah kehebatan pihak HONDA

Slalu bisa memberikan motor idaman masyarakat, plg mengerti keinginan masyarakat.

**pengen irit,kuenceng dgn engine DOHC pilih CBSF

brigade jalan raya - 4 Februari, 2013

Sebenernya kalau dilogikakan ga ada bedanya masalah irit sohc dan dohc. Tapi dalam situasi tertentu saja dohc bisa lebih irit dari sohc. Itu juga ga jauh amet. Coba cbsf dibawa dalam kota. Aduh kok bahas nvl dan cbsf. xixi

eiscell - 4 Februari, 2013

irit boros kenceng lemot semua tergantung setting pabrikan. yg jelas DOHC MENAWARKAN bandwidth settingan yg lebih lebar…

sauce - 4 Februari, 2013

ya bisa irit lah injeksi bahan bakar bisa diatur timingnya pada berapa derajat sebelum tma disemburkan.

8. NoAH - 4 Februari, 2013

‘Fakta bahwa DOHC lebih
boros dari SOHC’
tapi…yg paling
mengejutkan,menghebohkan
adalah konsumsi bahan bakar
DOHC HONDA hampir
menyamai bahkan bisa
melebihi konsumsi bahan
bakar SOHC YAMAHA. (musti
bilang wow…)
*inilah kehebatan pihak
HONDA
Slalu bisa memberikan motor
idaman masyarakat, plg
mengerti keinginan
masyarakat.
**pengen irit,kuenceng dgn
engine DOHC pilih CBSF

9. brigade jalan raya - 4 Februari, 2013

Yach 😦 😦 😦 😦 😦 😦 DOHC ga separah motor 2 tak overlaping-nya????

10. Adhitya Ramadian - 4 Februari, 2013

Bro…tolong dibuatkan arsip bentuk PDF untuk artikel terkait DOHC dan SOHC dong..kemudian di share, pengen ane download nih….

klo udah lengkap ya…

thanks

proud2ride - 4 Februari, 2013

hehehe… P2R juga masih belajar bro. saling mencerahkan saja, bahwa performa sebuah motor itu kesimpulan dari banyak faktor. biar kita makin bijak saja dalam melihat sebuah produk bro. xixixixi

Adhitya Ramadian - 4 Februari, 2013

gpp, klo ada waktu convert aja ke PDF, trus di share

saya juga masih belajar, waktu banyak terbuang di kantor, jadi motor dibiarkan std aja, urusan ganti oli sebagainya serahkan mekanik beres 😀

11. eiscell - 4 Februari, 2013

ada gak ya teknologi setting klepnya yg dah digital sekalian.. jd buka tutup klep diatur secara komputerized bersinergi dg timing penyemprotan bahan bakarnya?

12. Jhon Speed - 4 Februari, 2013

Yups survey membuktikan Honda bisa memberikan apa yg dicari…

13. Trisna Ariwibawa - 4 Februari, 2013
14. janculo - 4 Februari, 2013

kalo EFEKnya boros dan g ramah lingkungan,
tolong jelaskan knp TESTASTRETTA/11 justru pake overlapping
katanya biar lbh smooth & irit malah.
pernah baca2 juga,ada hubungannya dgn yg namanya ‘pembilasan’

15. Mahatir Arief Kurniawan - 7 Februari, 2013

@pa.gatot dosa besar lu bawa bawa nama Alloh bwt promoin judi .
tobat lu, kna azab baru tau rasa .

16. Akhir sujono - 23 Oktober, 2013

Kalo penyebeb overlapping sendiri apa aj bang?

17. Purnomo - 25 Maret, 2017

Setahuku kira-kira 10° sebelum TDC dan sesudah TDC maupun 10° sebelum dan sesudah BDC Piston dam kondisi diam atau stag memasuki peralihan gerakan dari naik ke turun dan sebaliknya. Jadi maksudnya disini adalah meskipun valve membuka lebih awal maupun lebih lambat, tidak ada pengaruh pada gas yang terdorong maupun terhisap.
Overlaping adalah untuk putaran mesin tinggi sehingga asupan gas tidak terlambat. (IMHO).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: