jump to navigation

Mau Punya Motor Hybrid, Siapkan Rp 3,5 Juta Broo….!!! 27 September, 2012

Posted by proud2ride in Teknologi, Tips & Trik.
Tags:
trackback

Niatnya sih mulia, ingin mengurangi pemakaian bensin sepeda motor. Caranya dengan membuat sistem hybrid. Mesin standar bawaan motor, ditambahakan tenaga penggerak lainnya dari sebuah motor listrik. Pada kondisi tertentu, cukup pakai motor listrik. Mesin bensin dimatikan. Lumayanlah buat penghematan, hehehe….!!!

Penggagasnya adalah PT Retrofit Indonesia (RI) dan sudah diterapkan pada Yamaha Mio Sporty. Tipe motor listik yang digunakan adalah brushless hub motor 500 Watt.

Motor listik ditempatkan pada tromol roda depan dan bisa bekerja dari tenaga 4 buah baterai.Masing-masing aki memiliki tegangan 12 volt. Dalam kondisi full motor listrik mampu bekerja selama 2 jam. Syaratnya kondisi jalanan normal.

Sedangkan kecepatan motornya dengan menggunakan murni tenaga listrik bisa mencapai 30-50 km/jam. Ketika aki kosong atau motor listrik tidak bekerja lagi bisa menggunakan mesin bawaan motor kembali. Intinya ini sebagai tenaga tambahan saja misalnya untuk dalam komplek atau situasi macet.

Oh ya, proses charge baterai sekitar 1,5 jam. Dan harga paket sistem hybrid termasuk aki mencapai Rp 3,5 juta. Untuk mendapatkan paket hybrid bisa dibeli lewat jaringan koperasi SMK se-Indonesia. Kemudian tinggal pasangkan pada tromol roda depan.

Hemmmm….. tertarik….???

Sumber Foto : http://www.otomotifnet.com

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

 

Komentar»

1. ipanase - 27 September, 2012
2. Laskarjawa - 27 September, 2012

No 2

3. Laskarjawa - 27 September, 2012

Yah ribet. apa adanya aja. pingin hemat naik sepeda ontel aja. sehat pula.

Brake - 28 September, 2012

@Laskarjawa
… yang nggak ribet itu bagaimana, bro ??!… situ bisa membuat produk yang lebih baik dari yang ditulis di artikel ???…
….apa situ cuma bisa bikin komentar sampah doang di blog orang lain ?? :mrgreen:

4. temonsoejadi - 27 September, 2012

inovasi baruuu…kerenn

nitip lapak mas,
[mari bersyukur]
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/09/26/bersyukur-mesti-cuma-10ribu/

5. aru_kun - 27 September, 2012

Kayanya sekalian dibuat KERS jadi lebih mantab..

6. bejo - 27 September, 2012

lho kok gak bisa ngecharge langsung dari mesin bos?

itemompong - 27 September, 2012

ga sanggup nyupply charging.
kondisi standar charging sampe 5 ampere sanggup sekitar 60watt. dirubah fullwave bisa sampe10 – 15 ampere sanggup sekitar 120 – 180 watt

7. erwinkrenbiz - 27 September, 2012

kalo langsung dari mesin kan rotor dan statornya+RCF(kiprok) gak kuat bos.sedangkan kalo rotor&stator leboh besar efeknya lebih berat karena gaya magnet yang dihasilkan lebih besar pula.apa kuat tuh motor?bisa2 cuma kuat jalan 30kpj mentok dan jadi bahan hinaan blog lagee.hargai karya nak bangsa. . . .kaaabbooorrrrr. . . .

joko - 27 September, 2012

itu motor baca di detik memang cuma bisa jalan segitu, toh udah cukuplah buat ukuran matic perkotaan, kalo pengin kencang bisa pake maticnya ducati 😀

8. lanangbagus - 27 September, 2012

kurang kencang klo cm mentok 50km/jm

mdun - 3 November, 2012

Bisa kencang kalo di matiin mesin nya,turun dari tanjakan tinggi,rem dicopot,,,kencang dah untuk sampai ke maut,,hahaha,,,

9. aziz - 27 September, 2012

Wah boleh juga tuh! Dimana pemasangannya itu daerah Jakarta?
Saya tertarik lho!

10. Jhon Speed - 27 September, 2012

Wow Mantabs

11. adrian - 27 September, 2012

jadi ngiisi baterainya di colokan listrik rumah bukan ambil dari putaran roda motor kemudian disimpan dalam battery?
perlu desain ulang sistem kemudi kalau motor listriknya untuk penggerak roda depan.

12. adrian - 27 September, 2012

lanjutken karyamu ngger…!

13. singantiya - 27 September, 2012

mantap 🙂

14. Blue Moon - 27 September, 2012

wah mantap sekali, cuman ngak bahaya ya roda depan yang bergerak…..patut dicoba ni oleh perusahaan motor untuk bersaing…

15. Kevin - 27 September, 2012

hm…
mengubah spesifikasi standar pabrik berarti garansi hilang dan tentu ada potensi berbahaya karena pabrikan tidak memikirkan spesifikasi seperti itu untuk dipasangkan pada motor

es teler - 28 September, 2012

yah pakainya kalau udah lewat masa garansi aja mas bro…bisa diakalin lah

16. Kevin - 27 September, 2012

O ya tambahan…..
Prinsip Hybrid modern sekarang tuh bukan lagi bisa milih pake bensin ato listrik doank, tapi kuga nge-charge batre pas pake bensin sehingga ada efisiensi meningkat…

Nah p2r gk kasi tau tuh ada fitur charge pas pake bensin? kalo gk adagk guna itu di Jakarta, banyak macetnya bakal cepet abis batreny

17. I L E M - 28 September, 2012

Wah enak ya punya motor Hybrid juga, selain motor mesin yang bawaan motor tsb, selain irit juga hemat bahan bakar…..

teruskan perjuangan untuk membuat motor hybrid yang lebih banyak lagi…. Okay 😀

18. Walkman - 28 September, 2012

sekarng karya ana indoseia sudah mulai diminati, semoga mutunya oke,,

19. Walkman - 28 September, 2012

*sekarang karya anak indonesia sudah mulai diminati, semoga mutunya oke,,

20. mugabe - 30 September, 2012

kalo menurut saya inovasi seperti ini gak bakal laku. jangan dibata ya gan. bebas berpendapat toh. maju terus inovator indonesia.

21. Aank Wijaya - 30 September, 2012

wah kalo sampe harganya segitu ga kemahalan apa???

22. koko - 3 April, 2013

fuuh……. hargai karya anak bangsa….. ato kita cuman bisa jadi konsumen doang…. apa ga malu negara kita jadi bangsa jajahan saja.

23. ariwibowo p - 4 Februari, 2014

Lumayan bagus ko

24. Trisna Rahmat Hidayat - 5 Maret, 2014

Kalau yg buat sepeda biasa ada tdk, shg jadi sepeda hybrid

25. Widi PB - 11 Desember, 2014

wuhhh .. hebat … bagus lagi kalu otomatis charger nya ikutan mesin saat pake mesin motor aslinya .. jadi ga usah copat-copot soket / batrenya tuh …

SMK OK !!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: