Sistem Injeksi Ninja 250R Masih Open Loop, Upaya Memudahkan Korek Mesin…??? 3 September, 2012
Posted by proud2ride in Kawasaki, Tips & Trik.trackback
Kawasaki Ninja 250 sejak dilahirkan memang diprediksi buat biker pecinta kecepatan. Modelnya sporty tulen plus 2 silinde. Fakta di lapangan juga terbukti bahwa kebanyakan konsumen Ninja 250 suka oprek mesin agar makin yahud tarikannya. Hemmm…. apakah lahirnya Ninja 250 injeksi yang masih open loop adalah upaya untuk memudahkan korek mesinnya….???
P2R sudah melihat langsung ke kolong motor Ninja 250 injeksi untuk memastikan posisi sensor oksigen alias 02 sensor. Dan ternyata lubang buat sensor tersebut ditutup, dilas bro. Tak tampak ada 02 sensor yang semestinya menancap disana.
02 sensor merupakan penjaga akhir alias pengoreksi seandainya campuran bahan bakar dan udara tidak seperti yang diharapkan. 02 sensor akan memberikan feedback ke ECM/ECU untuk adjust ulang sehingga gas buang yang dihasilkan benar-benar bersih sesuai standar motor tersebut.
Tapi kebanyakan mekanik balap agak repot membuat piggyback alias penipu ECM/ECU jika sistem injeksinya sudah menggunakan 02 sensor. Jika ingin pakai piggyback racikan sensiri harus mengupayakan sensor tersebut tidak jalan alias dimatikan. Jauh lebih mudah proses menipu ECM jika dari sononya gak pakai 02 sensor.
Tebakan P2R, langkah yang ditempuh Kawasaki dengan melepas 02 sensor adalah untuk memudahkan para konsumen Ninja 250 jika ingin ngoprek fuel injeksi untuk upgrade kecepatan. Next jika sudah paham versi open loop, tak menutup kemungkinan akan ada Ninja 250 versi close loop.
Lagian tanpa 02 sensor sudah lolos regulasi Euro 3. Meskipun secara silsilah teknologi fuel injection, minus 02 sensor berarti mengurangi tingkat kecerdasan dari teknologi injeksi itu sendiri. Intinya di tahap awal, Kawasaki ingin cari mudahnya buat konsumen Ninja 250 yang baru peralihan dari karbu menuju injeksi.
Betulkah demikiannnnn….??? Silahkan share pendapat bro-bro sekalian ya….!!!
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
tanyakan pada rumput yang bergoyang…siip lah
hhmmmm……
gak ngerti…
brarti jadul dong injeksi nya??? kan situ pernah bilang pas bahas vixion
ya termasuk injeksi jadul, betul itu. generasi baru sudah closed loop semuanya
@orang indonesia
jika merunut dari perkembangan sistem injeksi bahan bakar, jelas jadul bro. vixion aja sudah ganti haluan ke close loop
Kepada Bro P2r. Muncul dong sesekali di artikel yg Bro P2R buat. Masa buat artikel doang g ikut sesekali komen2. Berikan penjelasan lanjutan jangan cuman buat artikel doang. Syukur2 bersedia menjawab pertanyaan dari komentator walaupun tak semuanya.
yuppp…. nih nongol bro. masalah kerjaan aja bro, gak selalu bisa jawab2. toh banyak komen yg memang tak perlu di jawab p2r. tapi bisa didiskusikan dgn pembaca lainnya. makasih buat semua komentator 🙂
Kayaknya lebih ke arah biaya juga, nambah sensor berarti nambah biaya :p. Makanya di tiadakan… lumayan ngurangin beberapa ratus ribu :p
hmmmm menarik dicoba
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/09/03/jagalah-amanahmu-meski-keadaanmu-sulit/
terima kasih
kayak pikson
. HOREEEEEEEEEEE
http://pertamax7.wordpress.com/2012/09/03/harga-pertamax-naik-lagi-horeee/
memudahkan setting mesin(tinggal colokin ke lapop) Ninja di arena balap kelas 250cc tahun depan dengan rival cbr yg duluan pake injeksi.
Yg penting Injeksi duLu.!!
Perawatan lebih mudah dan cepat, lebih irit dari Karbu mudah dihidupkan di berbagai konditionzzz…. hahahaha
Bro P2r@sip, muncul sesekali buat beri pencerahan biar g ada adu argumen yg ngawur.
http://iwanbanaran.com/2012/09/03/terbantahkan-honda-teralis-dibekali-6-speed-gear/#comment-198956
176. Ricko – September 3, 2012
iwanbanaran – September 3, 2012
@ nwd
Bro nwd, tolong jangan menggunakan kata-kata kotor. Tolong atensinya mzbro. terimakasih
========================================
161. nwd – September 3, 2012
@mas iwan,,
XIxixixi,, maaf mas,, ane sbnrnya g mau pk kata2 kasar tp apa boleh baut,, tak akan ada asap kalo tidak ada api!! Bukan begitu mas??
Selama cunguk2 fb”y” masih berkomentar oot maka selama itu pula komen nyeleneh akan selalu ada,, so mas iwan harus adil dalam hal ini gmn mas?? 👿
========================================
Bner tu yng adil dong Mas Iwan. Jngn FBH ja dimusuhin. FBY malah dibiarin keenakan.
@ALL LIAT TU SIBYSONAN IWAN KERE DAH MULAI MIHAK FBY. JILAT PANTAT YIMM NGIKUT TRIATNONOK TERNAKAN.
Maaf Maz P2R Sya g mksud macam macam cuma jengkel sedih liat bnyak bloger g netral gi. sya salut ma blog Mas P2R ini yang Bebas netral.
Emang Bloger tu dilindungi yaaaaaaaaaaaaa napa klo ada yng nuntut keadilan ke blogger sama FByahomo dibilang nyerang Bloger???????????????????????????
sudah siap untuk di utak utik neh.. lbh bebas ketimbang eropa y.. terlpas dari pertimbangan biaya
sip… baru tau kalau ada open loop dan close loop…
dulu bikin artikel tentang vixion yg masi open loop .. kesannya menjelek2kan teknologinya..
sekarang giliran ninja open loop.. dibilang biar mudah opreknya..
hmm….
selain cibier pasti jadul (kata blogger independen)
sumpah jadul bener tehnologinya ini perkembanganya kurang berarti yang baru bukan sistem injeksi yang berubah Modelnya saja
Adoooohh…………..
sama saja senasib dengan Vixi
😀
najis deh injeksi tapi masih open loop mending karbu aja sekalian kalo alasannya supaya bisa oprek2
Klo pingin kenceng tanpa pakai piggyback bisa ngga bro?