Bajaj Pulsar 200NS Masih Karbu, Melawan Mindset MOTORSPORT HEBAT PAKAI INJEKSI 6 Agustus, 2012
Posted by proud2ride in Bajaj.trackback
Mindset konsumen tanah air untuk motorsport yang paling diminati adalah pakai njeksi. Pendapat itu murni klaim P2R. Yang beda pendapat silahkan bro. Indikatornya, motorsport dengan volume jualan tertinggi dipegang oleh Yamaha V-Ixion yang mengadopsi injeksi. Kalo masih karbu, ya maaf-maaf aja. Kunooooo…. tauuuuu….!!!
Atas klaim P2R tadi, mari kita buktikan nanti, apakah penjualan Bajaj Pulsar 200NS yang masih karburator itu bakalan sukses…??? Karena menurut P2R, produk tersebut sama saja melawan mindset konsumen tanah air bahwa motorsport yang hebat, pakai injeksi.
New V-Ixion saja merevisi sistem injeksi makin canggih dengan o2 sensor. Honda Teralis juga mengadopsi injeksi CBR series. Bahkan Kawasaki Ninja 250 sudah berganti generasi dari karbu ke injeksi.
Piyeeee…. kok P200NS yang launching belakangan malah masih karbu….???
—————————————
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
halah bajaj ada-ada saja katanya karburator setara dengan soal injeksi mengenai keiritan, piyee toh..
BIASA INDIHE YANG SOK,,GA AKAN LAKU TUH BAJAJ SOK AJA KITA LIAT NANTI
betul…
wait and see
Sok aja..
Ora mudeng ya mas….kasian
pulsar keren abis pas waktu terjadi banjir setinggi dengkul, cuma pulsar yg masih bisa jalan karena businya ada 3 biji akakakak, motor laen pada ngerangkak abis 😛 keren banget pulsar coy
Injeksi amlah susah ngopreknya, perlu keahlian khusus.. bengkel-bengkel modif yang cuma main di karburator ntar bisa-bisa kekurangan order, diganti ama pemodal besar yang bisa nyediain piggy back berikut alat nyettingnya
Selain itu, mesin injeksi relatif minim perawatan, gak perlu bebersih karburator, ibarat kata tinggal ganti oli aja… klo ada parts (terutama sensor/injektor) yg error lsg ganti, gak ada jurus utak-atik macam karburator 🙂
Ane mah gak masalah mau injeksi / karburator, yang penting performanya bagus. Dengan sistem 3 busi spt p200ns, mestinya efisiensi pembakaran relatif tinggi (terbukti tenaganya jg gede), ketimbang cuma 1 busi, walaupun sudah pake injeksi.
Yang heran, BAJAJ udah bisa bikin motor dengan build quality spt Duke200, tapi kenapa menurunkan standar pengerjaan dan kualitas untuk motor-motor pulsarnya?
podiu dlu
dh g mutu sombong
Mmm. Mungkin P200NS itu = Duke200 versi murah 🙂
Baru tau ya mas..bukan mungkin tp ya..buktinya hsil komparasi tigor ama kalajengking dibawahnya en es..apalagi yg dibawahnya..
Nothing wrong with good carb… Lagian ni motor ganteng dg power yg mumpuni… Dan keliatannyadi range harga tsb nantinya pulsar yg paling powerfull.. More hp more eksaitmen lah..
karbu…konsumsi setara injeksi 🙂 vixy182.wordpress.com/2012/08/05/design-modifikasi-vixion-vs-new-vixion-asli/
ngga ada masalah dengan karbu kang. bikin polling aja lagi
halah….tulisan ngga mutu blass
pemikiranmu itu yg gak mutu
like this Rero…pemikiran jadul harus ditinggalkan!
canggih = injeksi
bajaj g perlu injeksi
http://pertamax7.wordpress.com/2012/08/06/all-new-ninja-250-fi-belum-tampil-di-website-kawasaki-motor-co-id-wah-adminya-kurang-gegas-promosi-nih-d/
soal penjualan GW yakin!! di indonesia bakal tetep KO…. ngeliat 3S yang masih gak bisa dibandingin ama merk jepun! tapii
di indihe bakal ngerajai segmen sport produk2 BAJAJ . . . .
KESIMPULAN BIAR GAK DI ULANG2I LAGI ama pertanyaan2 sama dari komentator2 baru yang gak ngeh2 juga walo udah baca:
1. lengkapnya gini “mesin bajaj yang sekarangpun sudah apply euro 3,kl dengan injeksi hasilnya sama saja,knp harus dirubah..” kalo di blognya si Benny, kutipan petinggi Bajaj alasannya dgn karbu saja sudah lulus euro 3 😀
“…. Apakah Bajaj akan mengaplikasikan system injeksi sehubungan dengan peraturan Euro-3?
Dijawab oleh Pak Dinesh Kulkarni: Kami memperhatikan kebutuhan konsumen. Jika value yang diperoleh oleh konsumen tidak bertambah dengan adanya system injeksi, untuk apa kami memasangnya? Lagipula emisi seluruh produk Bajaj sesuai dengan Euro-3….”
http://bennythegreat.wordpress.com/2011/12/09/launching-pulsar-220-new-decal-seputar-ktm-duke-avenger-injeksi-dan-pembangunan-pabrik/
2. nampaknya udah jelas yah…. dengan kondisi sekarang saja bajaj sudah lolos euro3 dengan karbunya, untuk masalah injeksi sudah dijelasin di atas, p220 di india sudah menganut sistem injeksi jadi udah jelas! artinya ngeriset iya,…pake di motornya juga udah… injeksi gak perlu2 amat karna alasan di atas apalagi mengingat kemampuan beres2 didaerah yang masih cupu ngurus motor2 dengan kondisi sekarang apalagi dengan sistem injeksi?? makin ogah beres2 didaerah untuk nyediain alat khusus… alat2 tools kunci2 dll aja masih minim (real)karbu pulsar masih bisa ngeladeni standar euro3 . . . .apa perlu dipaksakan?? tapi seandainya indonesia pake standar euro4/5..ya mau gak mau bajaj harus ngeluarin versi injeksi yang sudah ada dari saban hari di india ke indonesia, sooo… it’s still be a good technology for the environment, depend in which country the regulations will be applied
3. pulsar motor global…dipasarkan keberbagai negara di asia sampai eropa, contoh di colombia n amerika latin (termasuk eropa gak sih cmiiw), rasanya terlalu berani kalau mau ekspor motor dengan kondisi belum min EURO 3….
yuuuupppppsss, harus nya Fuel injection bukanlah sebuah syarat.
fuelinjection adalah sebuah cara, atau bisa dibilang tools untuk mencapai sebuah nyempurnaan pembakaran.
kalo syaratnya ya itu tadi, ujung2nya harus ramah lingkungan.
kalo bajaj bisa mencapai keramah lingkungan tanpa injection, kenapa engga? terbuktikan udah lulus euro3.
p2r harus membuka mata nih.
otak ente juga harus dibuka bro! 😆
ente bahasanya primitif
kasar…
Ga bakalan ngarti mereka gan..pikirannya jadul
Sharing soal 3 BUSI nIH…
http://www.2wheelsindia.com/2012/07/dts-i-triple-spark-engine-is-it-just.html#more
disitu dibahas ternyata kenalpot p200NS ukuran catalytic converter nya lebih kecil dari ukuran rata2, karena pembakaran yang sangat baik di ruang pembakaran n polusi yang dihasilkan sangat minim…
jadi dengan bgitu sangat2 mudah untuk bajaj untuk semakin mereduksi polusi kedepan, bagaimana??? dengan mengupgrade ukuran ataupun step2 converternya ke ukuran normal atau bahkan lebih
LAST…..
tetep konsumen bajaj berharap mereka (BAJAJ) ke depan kembali memikirkan sistem pengkabutan injeksi “LAGI” , kalo soal teknologi terkini injeksi gw rasa bisa alih ternologi injeksinya DUKE200 sekalian tuh….. sepertinya kendalanya sperti yg gw bilang di atas, MODAL INVESTASI n SDM yang :OGAH” mereka keluarkan….. PELIT 😛
Bukan sekedar masalah “MODAL”. mereka bisa aja minjem modal, yg dipikirkan pasti “apakah pasar(konsumen) akan membelinya atau tidak dengan harga yg ‘lebih mahal’ kan bisa tu ntar harganya naik jauh atau malah jadi kayak KTM Duke 200 harganya” ^_^
Kalau soal SDM itu tergantung kualitas & minat SDM nya, mereka nyari bisa saja, mendidik bisa saja, tinggal kualitas dan minat apa gk SDM nya. (Menurut pikiran ane)
ehm, ns jadi patokan nih ? oke.
coba saya tanya, konsumsi bbm per liter cbr 150 FI dengan pulsar 200ns berapa toh?
setau saya ga jauh dari 60km/lt.
lahhh ko bisaaaaa???? pulsar dengan 200 cc karburator dan tenaga yg bisa dibilang bikin cbr 250 FI ketar ketir, konsumsi bbm nya hampir mnyamai keiritan cbr150FI yang cm 150cc dan injection lagi!
damn bajaj, kerennnn. berarti p200ns itu irit, krna memiliki pembakaran yg lebih sempurna dibanding karburator mopang, dan yg pasti ramah lingkungan lah. lah wong pembakarannya juga lebih sempurna.
bajaj gitu loh. udah lulus euro 3 lagi. ga kuno dong.
maaf saya bukan fbb. cuma tau sedikit tentang bajaj.
kalo masalah penjualan,,,,,
IMHO, walaupun p200ns berteknologi FI, penjualannya pun ga akan bisa “melebihi kesuksesan” vixion atau mungkin bahkan new vixion ini, ada2 aja luuu aahhh.
bikin artikel bermutu dikit lah. para pengguna pulsar tuh pada hi-tech tauuuu…..
FYI. Aprilia RS 125 dah lulus UERO 3 lohhh beroooo. padahal 2 tak 😀
gmna ? case closed ga nih? jangan pernah bilang p200 kuno lagi ya bro, atau anda yg akan dibilang balik blogger kuno. hehe.
apanya yg modern bro? sistm bahan bakarnya? sistem pengapiannya? mekanisme katupnya? atau apanya yg modern???
ga masalah modern atau engga, yg penting lulus euro3.
vixion old pun yg memiliki teknologi injection pun katanya msh baru memenuhi standard euro 2 tuuuuhhhhh…… injection kah sebuah solusi? engga juga.
Injection sebuah teknologi yg dapat membantu dalam mengurangi gas buang.
Banyak faktor yang mempengaruhi gas buang ituh…
Hah.. masih pakai karbu?
Jelas Chemistrynya sangat berbeda antara Motor Karbu VS Motor Injection …
Motor Karbu Identik dengan Full Power , ngacir , Srunthal srunthul dijalan umum , High Acceleration , tidak beretika dijalan dan ngebut = Jurusan Neraka .
Motor Injection jelas identik dengan Low Emmision , Econo Fuel Consumption , Moderat Speed … Lebih ke Future Global Warming Issue … = Jurusan memikirkan masa depan Anak Cucu …
preett! esok dele sore tempe
muncul lagi orang yg begini, bro bro, ente pikir motor FI yg katanya ramah lingkungan ga banyak yg ganti knalpot berisik bin ga ramah lingkungan??????????
**lihat keadan sekitar.
itu masalaah kembali ke diri kita masing-masing gan.
Gak semua Injection tu Econo Fuel Consumption & Moderat Speed. Itu masih tergantung juga dari kapasitas Mesin gan (CC). ^_^
Yg tempo hari ngebut maksain pingin nyamain top speed pulsar akhirnya nabrak dan meninggal nunggang motor apa ya..
klo diperhatiin P200NS ngak pake karbu konvensional kek karbu motor biasa, tapi seperti TB Vixion juga, coba liat gambar2 P200NS bagian mesinnya..
dan untuk mengontrol busi 3 biji itu musti pake ECU ngak bisa pake CDI biasa kek motor biasa..
jadi P200NS dah dibilang 1/2 Injeksi..:D
dammm..ninja 250 injeksi keren abisss…
Jalan2 ke kanada ‘welehh motor apa nih??? rouser waladalah ternyata pulsar toh.. wah ternyata ni motor global toh..??
penasaran liat2 cari2…?? mana ya metik n bebek injeksi merk Y sama H..?? wah gak ada ternyata.. gak ketemu.. cupuu.. berani maennya kandang doang..
blogger tue bin kuno… cuma ikut2tan… gaul teknologi cuma di indo doang… cupuu…
bela mati2an p200 karbu. huekkkk
motor karbu nasibnya akan sama dgn motor platina
hohohoho… bentulllll
sama juga dg legenda 2tak.. treng.teng..teng..teng
eh salah legenda khan 4 tak wakakakak.. yg 2tak tuh fu hiu.. rek king.. ninja.. kalau honda apaan bro.. Nsr doang ya?
nova dash
TZM
RGR
legend juga tuh
udah ndak usah bahas karbu/injeksi, sana bawa ke sentul, sekalian bawa ninin 250 n CBR 250, so P200NS is the winner…!! nilai plusnya lagi yg desain P200NS, adalah kepala design dari BMW Motorrad, beda dengan pendesign kacangan dari Jepang
di bawa ke sentul masih menang Ninin 250 gan. -_-
Mtr nte apa bro
*harga < 25jt
*rilis sblum duo vixi&tralis
kayanya animo pembeli jg msh tggi,,,
ketinggalan jaman,, kepedean,,,
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/08/05/prinsip-kerja-dan-fungsi-tombol-pada-alarm-motor/
ERA injeksi … tp montorku masih pake karbu.. wek
apapun motornya… nikmatin saja…
http://alfido.wordpress.com/2012/08/06/apapun-motormu-enjoy-it-bro/
Setelah rx series yamaha langsung lompat ke vixion, dan tidak seperti supra series yamaha gak memberi alternatif semua vixion injelsi akan beda jika yamaha memberikan pilihan vixion karbu..
yg sombong tuh yg pny blogger ne ud smbng sngong pula. Skt ati die mtor2 jepang di depak di india. Tar juga sm disini.. Tiru india tuh ambil teknologiny truz depak keluar wkwkwk
silahkan nyampah bro. meski komen out of topic, P2R persilahkan. krn komen membabi buta anda, justru akan menurunkan citra pabrikan yg anda bela.
belajarlah ilmu komunikasi yg baik 🙂
Bloger picisan!!!!!! Ngapain bela pabrikan. Ente belum siap jadi bloger.
Titipan mas klw ga gini ga makan..xixixixi
TERUS GUE HARUS TERIAK BILANG
╔╦╦╦═╦╦╦╗╔╦╦╗
║║║║║║║║║║║║║
║║║║║║║║║╠╬╬╣
╚══╩═╩══╝╚╩╩╝
GITTOH!!!
(∞¯⌣¯∞) ћö … ћö … ћö …
Si mas duluan deh
yang sombong tuh pengguna bajaj,udah motor kwalitas kawe tapi sok kepedean,padahal bagiku segagah apapun tu motor tetep aja bajaj gak akan pernah berubah apalagi nandingi motor2 jepun,ngimpi kali ya……………………..
mungkin andai bajaj mau investasi buka pabrik disini,walaupun kwalitas kw,masih gw hormatilah karena walu bagimanapun juga ikut mengurangi pengangguran tapi kalo bajaj sekarang cuma menuh2i jalan doank…………………………
Apa sih kontribusi bajaj buat tanah air………………….?Yang ada bikin tambah macet jalan,……………………………
yang bikin macet tu mopang…ane ogah jadi antek jepang yg dah menjajah indonesia.
walah om ini, lom pernah pakai P220F, senengnya pakai moped(bebek) ya gini deh komennya, makanya naik kelas OM, biar tahu bedanya… baru ngomong..
aduh si mas… yg bikin jalanan macet simpang siur itu motor mana? motor bebek jepun juga kan….. mana kalo pake tu motor kesannya semua bisa naik motor…. bisa bisa sekampung kepincut naik motor karena bawanya santai, biaya sangat murah, tetangga punya,servis gausah mikir karena ada beres depan jalan… kalo ngaku cowo bawanya sport dong…. butuh perawatan yg gak sesimpel bebek jepun. ini tantangan buat yg pengen sesuatu lebih kayak sport. dan pulsar itu eye catching lumayan dapet kok. gak kayak bebek pasaran yg gampang ditemuin
Apa agan sudah mencari tau tentang Bajaj secara Global ? Tidak sekedar dari para Blogger di Indonesia. Namun Global.
Menurut agan apa saja kontribusi Perusahaan motor buat tanah air ??
Ga perlu hormat dari nte bro
Kw ko bisa ngentutin mopang
jd gne nanti.. Jepun ngasi duit ke pmrntah agar keluarin regulasi peraturan fi
Utk lbh mendominasi pangsa pasar. yg ujung2 ny mencekek konsumen… Kalo mw bnr2 rmh lingkungan pake listrik ato sepeda ato naek andong.
heh, komenmu ngawur, dluar topik
gak nyambung loe…
biarin gw nyampah org gw nympahny juga di tempat sampah. W g bela mana2 cm enek aja liat ulasan ente. (btalin bli hondut bwt kntor)
silahkan lanjutkan kalo begitu
🙂 🙂 🙂
hahahahaha…kalah debat, mutung! btw, emang elo yg nentuin motor buat kantor lo!…hahahaha…
elo mah gak mampu beli motor2 jepun,lo cukup beli bajaj aja.
kan lumayan beli motor seharga bebek dapat sport.
udah ndak usah banyak mencela bajaj, bawa motor moped jepunmu ke sentul, meski bajaj karbu, semua bisa liat seberapa besar omonganmu.. Mr.black ha..ha..
Yg jelas bisa ngentutin motor mahal n lelet xixixi 225 ko klh ama 200sese,, apalagi yg 200,150 harga sih bagus
Bukan ga manpu bro ga minat tekhnologinya jadul modelnya jadul harganya doang yg modern
Owalah Bajaj Ada Ada Ajha Pake injeksi Sgala…
Wani ngadu tehknologi ama bajaj pulsar?
KALO SAYA PATOKANNYA MOGE AJA DEH.
MANA ADA HARI GINI MOGE KELUAR PAKE KARBU
4 jempollll
Bukan Jempole ada 12 bro yg 8 titipan mopang xixixixi
karena moge2 harus lulus euro 3. jalannya pake FI karena gak memiliki hak paten 3busi bro… kalo punya tech kaya bajaj mungkin moge2 juga pake 3busi agar lebih powerfull dan tetap ramah lingkungan
Ada tehnologi di atasnya ko malah ketakutan jegal lg aja di gugat lg aja kek dulu dua busi di gugat lahir 3 busi makin klepek2
Midlelset ko ngeles ke moge? Adu aja mtr kebanggaan kalian sm mtr pulsar ku..
Mau ama yg 200 dua busi apa mau ama yg ns biar ga ketauan klw lg adu lari ( klw ketinggalan nya jauh kan ga disangka lg adu lari)
kalo boleh usul…lebih baik pakai 7 BUSI biar keren,masak kalah ama PUYER BINTANG 7,he..he..he..cnd kok
Ga mampu aja ngenyek..lawan dulu yg 3 klw bisa ngalahin baru ditambah lg businya
Usul aja ama sedembahanmu cung..mopang
sales bajaj bisanya mencla-mencle kek orang dongo lagi ngamuk2 doang bisanya! 😆
kadang bangga2in 3 busi katanya jauh lbh irit,irit dari hongkong.
bro, naik kelas donk jangan pakai moped aja, boleh adu iritan BBM,dgn vixion 150, cbr 150, tigi revo, scorpio dengan pulsar 220F karbu… !!
di bandingi ama moped ya gan ^_^ ???
sama dibandingi dengan CC yg berbeda y gan ^_^ ???
Ane touring bareng ke guci sama mopang pulsar 200cc ane cm butuh 10ltr premium bebek suprit abis 12 ltr pertamax cc lebih kecil ko lbih boros tanya knapa?
Susah ngemeng ama yg blm punya mah…
Bajaj ga perlu sales mas.. Pembelinya pada pinter datang lgsng ke daeler nyoba lgsng beli..mana ada sales bajaj nyebar brosur di jalanan memelukan jualan motor ko nyebar brosur di jalanan
BRO…ane pake karbu gak capek2 amat tu perawatannya, dari pertama beli gak pernah di bongkar,.
klo injeksi sekali rusak berabe tu ongkosnye.
Motor sport hebat tak harus injeksi. Tapi emang injeksi lebih baik.
Sip, bro…
2 busi aja udah rempong.. nambah 1 lagi D:
Kek pernah punya aja nte,,? Ane pake 5 tahun kaga repot,,ganti busi dua thn se kali cm 18 rebu aja . Ga rempong kek lo
daripada udah punya klaim 2 busi di jepang sono tp kaga dipake??? tetep 1 busi terus…:P
manteeeepp mas,
nitip artikel ya mas,,
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/08/06/ayo-hargai-waktumu-sekarang/
terima kasih
gara2 bajaj juga nih jdi pada keluar motor2 hebat+teknologi nya di kita xixixi…..style bajaj ngaruh jga yah hi….
belum tentu om, banyak yg milih vixi krn bentuk desain yg proporsional meskipun kalo menurut saya cungkring, imho
coba aja survey..buat yg di daerah rata2 khawatir masalah 3s, krn belum semua bengkel ready nanganin motor injeksi
gara2 efek global warning mungkin kg (ngelantur he….)….mudh2n bkn pembodohan konsumtif dgn alsn Hi tech ato euro 3, semuanya kn ujung2 nya bisnis oto biar laku 😀 peace ah….*liat jalanan dah penuh sesak gituh 😦
BAJAI……..? Motor apaan yah…?!
Baru denger tuh
motor kelas kw mas…………………………
Tinggal nya di meraoke ya mas?
Hehehe sing diributke iki opo to. Opo masalah modern atau teknologi. Opo masalah kaburator atau injeksi. N kalau masalah injeksi itu irit bbm dan ramah lingkungan ya gak popo ‘kan kalau ada pabrikkan yg pakai kaburator tapi bisa irit n gas buang ramah lingkungan…(gitu aja diributin capek tau). n kalau injeksi itu teknologi modern ‘kan hampir sama dg teknologi 2-3 busi yg mempunyai teknologi yg juga tinggi yg mempunyai beberapa aspek teknologi untuk menyetarakan kinerja 2-3 busi tsb.
manstab mas bro……repot klo bangsa hasil jajahan loondoo…onone ribut2 tok gampang diadu domba
“”mbok yo..oooo buat prduk sendiri punya hak paten baru diributkan dg ploduk-ploduk luar negeli, gitu baru oyessss….
Komen’e ora pencerdasan malah olok2kan. Hadew,
intinya di blog ini adalah “keanehan” pada BAJAJ varian Pulsar Series yang memakai multi sparks +pengkabutan karburator
dan kelemahanya di jangka waktu panjang (long term)
dan memberikan “kesan” bahwa injeksi bisa lebih baik dari segala aspek (entah itu gas buang emisi,Fuel Efficiency bahkan sampai menjurus ke teknologi MOTOGP yang jelas advance)
memang apa kelemahanya? tapi kita liat dulu kelebihan masing2
2,3 sparks + karburator:
1.cost murah
2.sistemnya “HAMPIR” sama bagus (kalo 2 busi saya gak tau, tapi kalau 3 busi mungkin ini jawabanya)
disitu juga dijelasin koq sistem pengkabutan memakai ECU
ternyata si ECU-nya si pulsar 200ns itu mengatur ENGINE LOAD (bukaan gas), ENGINE RPM (kitiran mesin), Dan munGkin yang terpenting ENGINE TEMPERATURE ( suhu kerja optimal mesin)
BRARTI TEKNOLOGINYA HAMPIR SAMA (dalam garis besar) DENGAN SISTEM INJEKSI
3. MUDAH DIOPREK (mungkin sudah jadi rahasia umum)*
4.KEUNTUNGAN BUAT BENGKEL PINGGIR JALAN ( walaupun lambat laun juga mereka mengerti injeksi)
5.BERUSAHA “menyamakan” TINGKAT EMISI GAS BUANG YANG SEBENTAR LAGI UERO 3
6.MENINGKATKAN POWER MESIN SECARA TIDAK LANGSUNG KARENA KEUNGGULAN TIMMING PEMBAKARANYA
7. DAN MEMAKAI Karburator CV YANG SERING DIPAKAI DI MOTOR SPORT YANG BELUM INJEKSI KARENA LEBIH PRESISI DIBANDINGKAN KARBURATOR STANDAR
Ini agan pasti orang pandai.
sistem injeksi:
1. jelas jauh lebih advance
2. kepresisianya hampir sempurna (biasanya 1 molekul bensin dibakar 14,7 udara)
3.sensor2 yang pintar untuk menjaga kinerja mesin
4.gas buang-nya jelas lebih presisi karena banyaknya sensor dan CatCon*
5.ECU-nya jelas lebih pintar karena memiliki sensor dan meng-injeksikan bensin secara komputerisasi
6. pemeliharaanya mudah (seperti vixion teman saya yang cuma perlu ganti fuelpump setiap 50.000km)
http://www.2wheelsindia.com/2012/02/carburetor-vs-fuel-injection-myths.html
mungkin disitu sudah diperlihatkan kekurangan dan kelebihan secara garis besar
yang menjadi masalah sejauh ini mungkin:
1.komentar Mr.Rizal Tandju yang seperti tidak memperhatikan
keramah lingkungan dunia dan menyampingkan sistem injeksi
2. dan *maaf si empunya blog “P2R” merasa teknologi karbu akan segera ditinggalkan bak*maaf sampah
3. para komentator yang beradu argumen walau kadang2 out of topic
dan jawabanya:
1.yah mungkin disebagian orang bisa dibilang “NYELEKIT” dan “TIDAK PUNYA TATA KRAMA”. mungkin penyelesaianya dengan Re-pressconference sekali lagi dan mengubah opini (atau dalam ini argumenya tentang injeksi) sayapun kecewa******
2.sebenernya tidak salah malah saya mendukung 100% pemikiran anda
karena alam kita semakin terjaga
TETAPI MBOK YA DENGAN PENYAMPAIAN YANG HALUS DAN SOPAN DAN DIRASA MASUK AKAL. BAHKAN BISA MEMBUAT ORANG2 BAJAJ DENGAN MULTI SPARK-NYA+karburator BERBALIK MENDUKUNG ANDA. bayak fakta bisa dilihat disini dari MINDSET, KEINGINAN PASAR, TEKNOLOGI, DAN BAHKAN AFTER SALES YANG BAIK
3.mungkin di KOLOM KOMENTAR imilia semua “PERANG ARGUMEN” terjadi yang kadang malah SALING MENCELA, BERADU ARGUMEN YANG ARAHNYA GAK JELAS KEMANA, MEPERMASALAHKAN KEPINTARAN ORANG LAIN, dan BAHKAN KEMAMPUAN KEUANGAN ORANG LAIN yang kurang enak bila ditelaah mana ujungnya
yah mungkin penyelesaianya dengan kepala dingin dan fakta di lapangan
saya juga punya motor injeksi (matik) dan motor karbu (sport)*maaf bila kurang berkenan
saya juga pernah menggunakan mobil karbu (kijang) dan mobil injeksi (xenia)* sekali lagi saya minta maaf
rasanya ya sama saja. sama2 gak rewel + irit
kalo dilihat dari masyarakat kalo injeksi ya : mesin halus, tarikan smooth, irit, tapi susah servis (sesuai mindset daerah saya)*maaf bila menyinggung
kalo karbu ya: tarikan mantap, irit/boros bisa diatur, biasanya servis lebih gampang (sekali lagi dari pemikiran orang sekitar saya )*maaf
dan argumen yang bilang “MOTOR KARBURATOR AKAN BERNASIB SAMA SEPERTI PLATINA DAN 2TAK” mungkin ada benarnya. tapi kita lihat sekitar, banyak koq motor roda2 yang maih 2tak. bahkan bapak saya masih memakai motor sistim platina kesayanganya. sampai asepnya kebul2 dan berbahaya bagi kehidupan sekitar.
dan argumen “MOTOR PULSAR SUDAH BISA MENYAINGI MOTOR INJEKSI” itu juga tidak salah, walaupun terdengar *maaf GapTek
dan penyampaian pesan di iklan yang terkesan keanak-anakan. tapi juga banyak koq motor injeksi *maaf yang mengganti knalpot freeflow malah seruntulan dan terkesan AROGAN
jadi KESIMPULAN saya marilah kita saling bersatu dan menghilangkan rasa AROGANSI dan ingin benar selalu
MASIH INGATKAH ANDA DENGAN B R O T H E R H O O D!!!
insya allah di bulan yang berkah ini kita dapat mengesampingkan argumen masing2 dan menjadi satu keluarga BROTHERHOOD yang satu hati
amin
Bahasanya lebih adem dari pada yang punya bloger … ini baru 4 jempol..
Bahasanya lebih intelek daripada bahasa bloggernya yang kampungan maklum sales mencakup blogger.
bukan masalah harus injection atau tetap karburator bro untuk 2013 nanti…TAPI LOLOS UJI EMISI EURO 3….cek motor2 eropa yg masih 2 tak disana yg lolos EURO 3…
sistem injeksi:
1. jelas jauh lebih advance
2. kepresisianya hampir sempurna (biasanya 1 molekul bensin dibakar 14,7 udara)
3.sensor2 yang pintar untuk menjaga kinerja mesin
4.gas buang-nya jelas lebih presisi karena banyaknya sensor dan CatCon*
5.ECU-nya jelas lebih pintar karena memiliki sensor dan meng-injeksikan bensin secara komputerisasi
6. pemeliharaanya mudah
siiiip….
engineer2 bajaj jg tahu koq…sumfah brani ksamber gledek dah…mrk tahu semua itu koq…. 😀 buktinya pulsar 220 DtsFi sm duke 200…
tp alasan mrk kan udh jelas…utk menekan biaya produksi tp msh bisa lolos regulasi keramahan ( halahhh….)
intinya bajaj ingin membuat produk yg serba ramah…
– ramah biaya produksi
– ramah bahan bakar (irit)
– ramah lingkungan ( lolos euro3 gitu lho )
– ramah dikantong ( alias tidak operpretz )
tapi tenaganya tetap nendang…. 😀
jika nanti ada regulasi baru yg sdh ga bisa dicapai oleh bajaj dgn sistem karbu…baru deh Fi nya nongol lg…dgn sistem yg lbh advance tentunya…lha wong udh ready koq 😀 buktinya pulsar 220 DtsFi sm duke 200 ( lagi )
sy cm berharap tidak hanya bisa melihat slogan ONE HEART atau SEMAKIN DI DEPAN nemplok di motoGP…tp jg bisa melihat produk2nya bersliweran di benua asia…afrika…amerika…eropa…layaknya pulsar & duke… 😀
ayo..ayo..SATUkan HATI untuk SEMAKIN DI DEPAN dalam memasarkan produk2 anak bangsa secara global….kan hasilnya buat kemajuan kita2 jg….moso kalah sm anak2 bangsa india sono…
peeaacee… 😀
goblok,
kayak gak pernah punya motor karburator aja,
tulisan gak mutu.
mungkin yang nulis gak punya motor kali ye……..
kan biar hi tech mas bro he….always listening always injection…*halah ngomong naon urang xixixi….
Mnurut w sih selama itu mtor karburator masih bisa lolos Euro3 apa yg musti diperdebatkan, ane FBH tpi bkn Fanatik Buta, injek kn cuma teknologynya doank spy bisa lolos euro3 trus bagaimana dgn nasib puluhan juta mtor karbu yg udh ada di indonesia.?? apa harus dimusnahkan.?? klo mau menghijaukan lingkungan mah bkn cuma hrus mengganti dgn mtor injeksi itu sama aja boong udh prnh belom ngitung jumlah keseluruhan mtor yg ada di indonesia,, wahh coba dehh itu kadar polusinya.??
Jepang ngirim produknya ke INDONESIA tapi mrka juga yg menikmatinya sdngkan INDONESIA cuma dpt ampas polusinya doank,,
Salah satu kekurangan yg buat ane minus trhdp Bajaj cuma satu layanan aftersalesnya busett dah suseh bnget, inden di beresnya aja bisa berbulan” mending klo spartpartnya bisa pake yg kw lah ini boro”, tingkatkan dulu aftersalesnya min. ketersedian spartpartlah msalah beres yg jauh mah msih bisa diladenin dijamin Japanese Brandminded bakalan memprtimbangkan nih mtor masalah performance sih mnurut w gk kalah ama Mopang.?? masalah euro3 ama euro4 mah nmer skian yg penting tuh value for money buktinya masih ada koq 2 tak dijual di INDONESIA tercinta..
regulasi Euro 3 hanya mengikat pada produk baru lahir bro. Euro 3 identik dengan injeksi. motor2 sebelumnya yg masih karbu ya tetap aja dibiarkan berkeliaran.
oh ya, Euro 2 identik dgn karbu plus pair control valve (injeksi udara di saluran buang)
oh, jadi EURO 3 BARU identik dengan INJEKSI..
btw, karbu itu KUNO, ya? KUNO dimananya ya?
Mindset sebagian besar masyarakat indo mungkin iya gan, euro 3 identik dengan Injeksi & 4 tak dan Euro 2 identik dengan karbu seperti yg agan bilang.
tapi ane ambil secara global aja gan, kendaraan masuk ke kategori euro1,2,3,4,5&6 itu dari angka emisi gas buangnya gan ^_^
yg di perhatikan itu nitrogen oxides (NOx), total hydrocarbon (THC), non-methane hydrocarbons (NMHC), carbon monoxide (CO) and particulate matter (PM) yg dikeluarkan.
Teknologi itu terserah para Produsen ^_^ itu keputusan mereka.
mau euro 2 ato 3 ato 10 yang penting ngaciiirrr,…ni motor gue karbu gak bikin repot, kalo injeksi lu rusak baru nyahok biaya mahal..
karbu = jadul, katanya 😦
http://pertamax7.wordpress.com/2012/08/06/all-new-ninja-250-fi-belum-tampil-di-website-kawasaki-motor-co-id-wah-adminya-kurang-gegas-promosi-nih-d/
kan megison masi karbu mas 😀
yang penting bukan karbu atau injeksi,..tapi yg menghasilkan power dan kecepatan lebih tinggi,..coba aja dikomparasikan,..meskipun beda CC tapi p200NS terlalu jauh meninggalkan vixi,..motor injeksi kok di kentutin motor karbu,..hayooo
komen anda kok bablas power?
ah, sales bajaj nih orang…
bukan gitu mas kalo ingin mengampanyekan injeksi!
kata2 sopan lebih baik dari pada berburuk sangka……
gak penting kek masih karbu ato injesi sampe embel2 3busi yang sampe kisruh
yang penting tetap B R O T H E R H O O D
Gini aja, kalo bro2 :
Enggak suka Bajaj ? Gampang enggak usah dibeli….beres kan!
Bajaj jelek ? Jangan diliat apa lagi difoto2in !
Teknologi jadul ? Enggak masalah yg jepang lebih bagus ?
3S / part susah / bpkb lama ? End so on ……..
Yang jelas :
Dijalan yang bisa nyaining Pulsar 220 F cuma varian Ninja + CBR nota bene harga 3x lipat dr harga pulsar ???
Saya sudah pake varian pulsar 200 sama 220 selama 4 tahun cuma ganti rem sama rantai dan ban sama komstir yg harganya menurut saya kemurahan ???
Kalo Bajaj jelek kenapa juga di parkiran di lampu merah pada ngelirik ???
Kalo bajaj mesinnya payah ??? Berfikirlah 2x kita jangan dibodohi sama merk jepang notabene cuma ganti baju doang 10thn mesin itu2 aja ?
Fakta membuktikan dimana2 varian Bajaj pulsar lebih banyak dr tigor sekarang ini bukti tigor sudah dieliminasi ??? Dengan keluar Pulsar 200NS pio, cbr 150, megeli 250 akan nyusul apa lagi vixi….no comen deh !
Saya pemakai bajaj bukan sales yg hanya bisa intimidasi orang karena kalo enggak bisa dipecat dia ?
sante aja bro…..
dibawa enteng
gak perlu muluk2 yang penting itu realita
tetap B R O T H E R H O O D ya bro!!!
nanti saya kan nunjukin komentar2 orang india tentang perbandingan injeksi motor sperti R15 Ver.2 (maaf menyebutkan merek) dan Pulsar 200ns ( sekali lagi maaf)
MAAF SAYA BUKAN SALES
yang penting tetap B R O T H E R H O O D ya bro!!!
MAAF MAS P2R
MAAF KALO SAYA BERTANYA KURANG SOPAN
MAS INI ORANG MANA YA?
MASUK PERKUMPULAN BLOGGER MANA YA?
KALO BISA KITA KETEMUAN
SEKALIGUS SILATURAHMI GITU!
SYaA INGIN MELURUSKAN MAKSUD ANDA YANG SEBENARNYA MULIA
TENTANG PERKEMBANGAN MOTOR INJEKSI DI TANAH AIR
YANG SAYA KURANG SETUJU *maaf PERKATAAN ANDA TENTANG MOTOR INJEKSI AKAN DITINGGALKAN…….
MENURUT SAYA ITU KURANG SOPAN MAS
APALAGI DENGAN PENEKANAN KATA yakinnnnnnnnnn!
salam B R O T H E R H O O D
MAAF MAS P2R
MAAF KALO SAYA BERTANYA KURANG SOPAN
MAS INI ORANG MANA YA?
MASUK PERKUMPULAN BLOGGER MANA YA?
KALO BISA KITA KETEMUAN
SEKALIGUS SILATURAHMI GITU!
SYaA INGIN MELURUSKAN MAKSUD ANDA YANG SEBENARNYA MULIA
TENTANG PERKEMBANGAN MOTOR INJEKSI DI TANAH AIR
YANG SAYA KURANG SETUJU *maaf PERKATAAN ANDA TENTANG MOTOR KARBURATOR AKAN DITINGGALKAN…….
MENURUT SAYA ITU KURANG SOPAN MAS
APALAGI DENGAN PENEKANAN KATA yakinnnnnnnnnn!
salam B R O T H E R H O O D
*maaf koreksi
Menurut ane P2R bloger bermental ‘tempe’.
Motor bukan sekedar urusan injeksi vs karbu…..
bukan urusan yamaha vs honda vs minerva vs suzuki vs bajaj vs ducati vs bla..bla…bla….
lebih penting ngurusin sikap kalian….
hormati sesama rider di jalan
APAPUN TUNGGANGANNYA….
manstabbbb…mas bro spakat
Well..
Kalo emang dengan sistem karbu, pulsar udah bisa memenuhi standar Euro – 3, berarti bagus donk..
Kan gak harus injeksi untuk bisa memenuhi kebijakan tsb..
Yup, Injeksi bukan hal yg WAJIB.
yg di perhatikan itu nitrogen oxides (NOx), total hydrocarbon (THC), non-methane hydrocarbons (NMHC), carbon monoxide (CO) and particulate matter (PM) yg dikeluarkan.
“Mindset konsumen tanah air untuk motorsport yang paling diminati adalah pakai njeksi.”
Ninja 250 masih pake karbu kok, sampe keluar yang kemaren taun 2012. Dan toh tetep diminati. Soal Vixi, dia laku bukan karena injeksi, tapi bisa jadi karena model (frame deltabox, monosok).
“Karena menurut P2R, produk tersebut sama saja melawan mindset konsumen tanah air bahwa motorsport yang hebat, pakai injeksi.”
again, Ninja 250 lama itu pake karbu, sekarang hebat mana menurut masyarakat? antara Ninja 250 lama dan Vixi?
2 motor tersebut bagi saya gk bisa dibandingkan ^_^
sudah beda kelas…kalau dibandingkan pun itu tidak Fair apalagi membandingkan power.
Semua kembali ke diri masing-masing gan. jika memerlukan motor yg lincah di keramaian ya hebat Vixi kan ?? Untuk tanding di sirkuit ya hebat Ninja 250 kan ?
pemikiran saya yang dulu ini jangan dihiraukan lagi hihihi
*comparison antara Ninja dan Vixi aja udah ngga nyambung, hahaha. Mungkin lebih tepat membandingkan antara CB150R dengan CBR150R karbu yang lama, lebih mantep yang mana menurut kita semua? the choice is yours 😉
bajaj user pasti mantan jepun user…kasian turut prihatin yang belum ngerasain mesin pulsar…masalah 3s siapa takut comot aja punya jepun, si Y ,si H ,si S , si K.. orand thailand jg bikinin, apalagi orang india 2x24jam tidak tersedia dikasih gratis…terbukti bikin malu mesin 135cc vs ninja 150 2xstart dilampu merah bisa ngasepin ninin..
masa sih gan? ane gk yakin.. ninin 150 mah plg kenceng gan.. motor 2 tak lawan 4 tak gk bakal pernah bs menang gan 4 tak
yup, itu bener, biar fakta yang bicara, bro
lu yang pada bego… kata siapa injeksi canggih.. dimananya… sama aja… malah loyo buat nambah speed… udah tenaga segitu ya segitu deh.. dioprek paling naik dikit ujung2nya rampingin body… injeksi tu buat efesiensi bahan bakar, supaya ramah libgkungan dan irit. tiga businya bajaj juga ke arah sana.. pengen dapet euro 3. Bedanya injeksi ama 3 busi di tenaga. injeksi irit+tenaga pas2an kalo 3busi irit tapi tenaga melonjak drastis. hingga motor2 bajaj mampu bawa body dan ban gambot dengan speed setara bahkan lebih. gimana kalo dipasangin dibody ringan kaya motor2 jepang cc 200 kebawah? wah makin jossssss… yang kebanyakan kagak tahu…
lu yang pada bego… kata siapa injeksi canggih.. dimananya… sama aja… malah loyo buat nambah speed… udah tenaga segitu ya segitu deh.. dioprek paling naik dikit ujung2nya rampingin body… injeksi tu buat efesiensi bahan bakar, supaya ramah libgkungan dan irit. tiga businya bajaj juga ke arah sana.. pengen dapet euro 3. Bedanya injeksi ama 3 busi di tenaga. injeksi irit+tenaga pas2an kalo 3busi irit tapi tenaga melonjak drastis. hingga motor2 bajaj mampu bawa body dan ban gambot dengan speed setara bahkan lebih. gimana kalo dipasangin dibody ringan kaya motor2 jepang cc 200 kebawah? wah makin jossssss… yang kebanyakan kagak tahu…!
gue stuju aj, krn gue pemakai P220F, pernah coba tigi revo, scorpio, nmun bajaj kelas tersendiri, stabil, rendah getaran di high speed, tarikan nyuss, nmun utk lebih obyektif silakan brader2 coba sendiri dan bandingin, krn sya bukan promo bajaj. jadi penasaran coba P200NS yg kabar2nya, performanya lebih ganas dari P220F….. hasil tangan dingin “Edgar Heinrich” yang juga kepala designer “BMW Motorrad”
kalo bajaj kw berarti motor lo rongsokan… harusnya digencet kaya diamrik dan jepang… nyoba dulu baru ngemeng jingggg
org indonesia indonesia
dikasih umpan karbu+injeksi udah kobongan jenggot masing-masing
padahal negara lain udah riset motor listrik
entar kluar motor listrik pd mlongo ngributin lg bgs mn y??
bgs ni itu,,,halah halah…..nlongso
bangsa laen liat bloger2 kt mungkin ketawa2,,,
hahaha…melas negara kaya tp masyarakatnya cm gampang dikibulin n gampang diadu domba “üdah merdeka tp mental kyak masih dijajah””
ni lg pada ngomongin apa ya..????
mau karbu mau injeksi semuanya jelek jelek jeleeeeeeeeeeeek!!!!! Mampus luh,.
oh elu mah pake sepeda y? atau jalan kaki?? wkwkwkw
Yang jelas adalah bahwa orang yang beli motor bajaj pulsar umumnya membeli karena memahami teknologi yang diusung bajaj, bukan karena iklan seperti mopang, saya sendiri membeli bajaj setelah mengambil keputusan akan membeli honda, namun saya teringat akan bajaj lalu saya browsing ke webnya dan setelah membaca banyak review saya akhirnya beli. dan ternyata dealernya bilang bahwa yang membeli bajaj rata2 mengerti soal keunggulan teknologinya, jadi bukan asal beli, dan konsumen seperti itu memang sedikit dibanding konsumen stripping dan iklan.
nulis blog kok rada sintimen sih bro..?
esmosi ya klo nie motor mau brojol di mari? takut ya motor sesembahan loe ke saingi??
bro,,,asal ente tau krn bajaj motor2 jepang sekarang berubah dlm segi tampilan , ini nyata loh [ lirik cb,vixi,byson,nmp ]
soal karbu ato injek menurut gw sama sama modern kok,tergantung lolos uero 3 kah?
sering2 lah googling motor bajaj itu motor global mas bro p200ns tuh ada di banyak negara_
gue dah bosannn di cekokin motor yg itu itu aja_kuantitas tp kualitas kadang mengecewakan…
moto pulsar itu rasa’y beda ,gw pernah nyoba wlw cm pinjem
“‘gue penunggang supra x 100cc””
saya kasihan sama blogwriternya, karena nggak punya ilmu yang cukup buat menulis blog, tapi dipaksakan menulis blog…
jadi rame ya. . . .
sama sama kehujanan dan kepanasan dijalan gak usah ribut. . .
mau beli yang injeksi monggo . . .
mau beli yang karbu monggo . . . .
toh sama-sama dari keringat masing-masing dan berjuang untuk nafkah keluarga masing-masing . . .
keep brotherhood,
salam,
Kayaknya INJEKSI juga KUNO
Noh, Bajaj Biru baru CANGGIH, bisa pake BBM bisa juga pake BBG
Bagi yg mau tes vixion nya sama pulsar ns sy ayoo kita buktikan
gila yg pada mati2an pulsar, jelas2 tulisannya cuma bahas mindset orang indo yg udah ketanem motor2 jaman sekarang dan kedepannya bakal injeksi. jadi kalo pulsar dibilang kuno tuh cuma perkiraan tanggepan orang2 sini karena masih karbu sementara yg laen dah injeksi.
motornya belum punya aja pada bela mati2an, emang dikasi apa sama orang2 india? asal tau aja y, ekspat2 india yg kerja disini aja songongnya minta ampun, jauh lebih songong dari bule2 eropa/amrik.
sekarang gw tanya, tuh yg pada punya pulsar generasi lama bengkel resminya kemana? jualan motor kok ga sediain bengkel, wakakakakkakaka. jualan sama bengkel kok numpang kawak. wkakwakwka. bengkel pulsar cuma sekelas bengkel pinggir jalan yg cuma tambal ban, jual busi sama oli.
ini bengkel resmi ku, mana bengkel resmi mu???
wakakakakak. fbpulsar terguncyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaangg!!!!!
Ente sendiri dikasih apa ama orang jepang om?
3s? jadi konsumen kok manja
biker sejati itu yg mengerti apa kerusakan motornya dan bisa nyervis sendiri
biker harus menyatu dgn tunggangannya
udah 3 tahun ane nunggang beat dan ga pernah servis resmi
pahamin apa masalah motor dan tangani sendiri
jadi konsumen kok manja
cewe ya ente?
DANCUK KABEH !!!!!!!!!!!!
DLOGOK!!!
Lu semuah pada Dongoo yang ngatain Bajaj pake karbu brarti gag Sport pembuat blocknya juga dongoo lu bandingn ajaa bentukan P200NS sm motr injeksi dr Ymh atau pabrikan lain dr segi bentuk tentu bajaj lebih unggul.. dan gede .. untuk perfom tentu bajaj juga lebih unggul… gag percaya beli aja nohh … Fuck u
Buktinya fakta berbicara kenapa yg punya vixi ama cb teralis pas liat motor ane lgsung garuk2 kepala…duh nyesel buru2 beli ga tau klw ns cepet keluar….hahayyy dari body dari teknologi kecuali merk yg mengalahkan ns..ora percoyo jejerin motor sampean ama ns sy..silahkan maen ke gubuk sy di gg asem kelapadua tangerang.bawa mtr vixi/cb teralis kebanggaan kalian jejerin klw ga garuk2 kepala
injeksi lemah, kalah jauh sama pulsar :p