Lanjutttt…. Komparasi Spesifikasi Mesin CBR150R (Honda Teralis) VS Mesin New V-Ixion 31 Juli, 2012
Posted by proud2ride in Honda, Produk Baru, Yamaha.trackback
Menilik mesin CBR 150R yang bakal jadi senjata di motor sport 150 cc baru Honda alias Honda Teralis, mari kita komparasikan spesifikasinya dengan mesin New Yamaha V-Ixion. Kira-kira siapa juaranyaaa….???
Cara komparasinya sederhana saja, kita buka tabel spesifikasi dari kedua pabrikan ini. Honda dan Yamaha datanya diambil dari website-nya masing-masing. Cuma membandingkan di atas kertas saja ya, bukan adu kebut di jalanan atau di atas dyno.
Intinya adalah kedua mesin ini sama-sama 150 cc. Ruang bakarnya, Honda 149.4 cc sedangkan Yamaha 149,8 cc, beda tipislah. Karakternya, mesin CBR 150R over square (63.5 x 47.2), sedang V-Ixion over stroke tapi mendekati square (57,0 x 58,7 mm). Mana yang lebih baik…??? Karakter keduanya jelas berbeda.
Umumnya mesin over square, rpm atau putaran mesinnya bisa tinggi. Mesin yang bergasing tinggi ini ada hubungannya dengan kecepatan. Model begini nafasnya seperti enggak putus-putus.
Dulu pernah ngobrol sama mekanik road race dari lereng gunung merapi, Jogja. Waktu itu pertanyaan P2R, kenapa kok balap pada ngejar rpm setinggi-tingginya, padahal max power cuma di 8 ribu atau 9 ribu rpm, tapi mesin dipaksa bisa teriak sampai 12-13 ribu. Jawabannya ya biar nafasnya panjang, cocok untuk balap di trek-trek panjang.
Sedang over stroke enak dari bawah, makanya motor trail umumnya punya langkah piston panjang. Rpm enggak teralu tinggi tapi power dan torsi didapat. Efeknya, cocok buat yang ngejar irit. Gas dikit aja, putaran mesin rendah aja tapi udah dapat tenaga puncaknya. Cuma ya itu tadi, nafasnya di putaran atas kurang oke.
Lanjut, klep kedua motor ini sama-sama 4. Bedanya, CBR sudah DOHC alias punya dua camshaft atau kem atau noken as. Satu untuk buka-tutup 2 klep masuk dan satu lagi untuk buka-tutup 2 klep buang. Sedang V-Ixion SOHC masih satu camshaft tapi sama-sama 4 klep.
Pada mekanisme V-Ixion ada 2 rocker arm yang masing-masing menekan dua klep sekaligus. Rocker arm ini ibarat jembatan atau penghubung dari camshaft ke batang klep.
Sedang DOHC gak pakai, camshaft langsung ke klep. Nah, ketambahan satu komponen ini artinya ketambahan gesekan antar komponen. Ada kerugian pada kelembaman massa nih. Tapi dengan roller rocker arm, mungkin sedikit membantu. Efeknya pas putaran tinggi bro. Seperti dijelaskan pada artikel P2R sebelumnya.
Sedikit kembali ke over square dan over stroke. Karena CBR 150R diameter pistonnya lebih besar, ukuran klep di kepala silindernya juga bisa gede-gede. Diameter klep CBR in-nya 24 mm, ex-nya 21 mm.
Sedang V-Ixion yang diameter klep in 19 mm dan ex 17 mm. Klep gede ada hubungannya dengan suplai bahan bakar yang lebih banyak, ujung-ujungnya ke tenaga. Tapi jadi boros dong…??? Wah, kalo boros atau enggak, banyak faktornya bro. Nanti di test aja langsung.
Terakhir dilihat tenaganya, Honda mengklaim powernya 13,11 kW atau 17,8 PS atau 17,4 HP di 10.500 rpm. Sedang V-Ixion sekarang klain powernya 11,1 kW atau 15,1 PS atau 14,7 HP di 8.500 rpm.
Tapi dengan segala penyempurnaanya, maklum pihak Yamaha via detik.com mengklaim mesinnya juga “All New” meski satu platform tapi pasti ada yang baru. Taruhlah perubahannya sama seperti YZF-R15 di India, klaimnya tembus 17 PS atau 16,66 HP di 8.500 rpm. Setara tuh!
Sedang torsinya, CBR 150R hanya 12,66 Nm atau 1,29 kgf.m di 8.500 rpm. V-Ixion lebih besar 13,1 Nm di 7500 rpm, malah YZF-R15 lebih gede lagi, 15 Nm di 7.500 rpm. Kalau dilihat dari embel-embel rpm-nya yang V-Ixion lebih rendah baik saat meraih power atau torsi, bisa dipastikan putaran bawah V-Ixion lebih enteng, atasnya masih menang CBR 150R.
Tinggal tunggu saja, fine tuning yang akan dilakukan Honda seperti apa…??? Apakah mempertahankan karakter sport fairing yang sporty abis. Tenaga main di putaran atas atau menyesuaikan dengan karakter sport jalanan.
Tenaga galak di bawah, sekaligus hemat bahan bakar. Juga menunggu improvment Yamaha, mudah-mudahan aja mesinnya jadi serupa YZF-R15 yang ada di India.
Spesifikasi CBR 150R
Spesifikasi V-Ixion
Spesifikasi YZF-R15
—————————————
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan
This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.
3 bulan lagii…
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/30/pelayanan-3s-ktm-mendirikan-ktm-centre-di-serpong-5-lainnya-menyusul/
Bro P2R coba kerahkan telik sandimu untuk cari wujud Teralis itu, masa ga ada satupun bloger yang bisa mengendus sosok Si teralis itu, kalo perlu sewa ke pesawat untuk muter2 di daerah cakung.
wkwkwkw… sekalian sewa detective conan buat pecahin kode tersebut… (jempoool)
lohhh serpihan2 part-nya sudah bnyak beredar bro. itu beneran part honda teralis bro
kalo wujud utuh, sepertinya masih malu2. biasanya deket2 launching baru nongol. jadwal launching oktober
New Vixion ajah masih malu-malu. Apalagi si Teralis. Harus pakai gergaji besi dulu kayanya baru bisa tembus.
akhir romadon ada kok yg kecakung cuman bukan nginceng trelis… tapi nginceng anak bulan
TRIMAX…absen dulu..
Wow gedean klep in out nya CBR yach…
sama kayak BeAT lawan Mio… Gedean BeAT…
Alhasil… STD nya BeAT lebih bertenaga di putaran bawah…
bener untuk akselerasi awal bet lumayan ngacir. mio agak berat. tp pas di putaran menengah keatas, beat mentok di bawah 100 km sedangkan mio nafasnya masih bisa nahan ke 113 km. yah tinggal disituasikan kondisi user aja sering jalan jarak jauh apa deket. beat cocok dlm kota, mio cocok yg suka kluar kota.
kayaknya murni menunggu sensasi mesin DOHC aja masbro
http://silvervaio.wordpress.com/2012/07/30/new-vixion-2012-versus-honda-teralis-survey-membuktikan-teralis-lebih-ditunggu/
nice info, bkin penasaran sm yg baru…
trus menyimak 2 sport baru ini,
smntara mngkin bs berpatokan pd review R15 vs Cbr150 india..
Mantaaaap bro ….. semoga dapat menjadi pertimbangan buat masyarakat dalam memilih produk, tapi tentunya pilih Honda dong … wkwkwk
like thiss… mr P2R ane vote DOHC aja deh…
Wew! Aje gile 🙂
dohc lbh gila!
napas “pendek” vixion v2.0 kayaknya bakal di tutupi dengan gear yg sampe 6 (info detik)… makin seru nih
untuk engine sy prefer trellis…
ditunggu aja dah…
masih menunggu aslinya nongol dengan spek lengkap..trus ngebandingin power to weight rationya…
soalnya menurut gw percuma mesin superior tapi sasis berat..kalo imbang hasilnya baru liat tampilannya
vixion co2k untuk perkotaan 🙂
vixy182.wordpress.com/2012/07/31/design-modifikasi-soul-gt-colour/
hurung pengin ganti mongtor..
hidup tiger tuwo98e nyong..
High Tech Engine DOHC CBR150 kok dibandingkan dengan Engine SOHC Mio Vixion 150 … Ya Enggak level …
Enggak Apple to Apple , enggak kelas …
Engine SOHC Mio Vixion lebih pas dibandingkan Minerva Sachs 150 .
Loh tapi Mio Vixion kan MS nya dominan ..??
uuppsss sorry…. keceplosan ngomongin MS..
ya krena gak ada saingan. ya jelas ms dimakan sendirilah. alay
kok minerva?
gak sekelas donk… kalo mw bandingin piksen seharusnya ama onthel yang abis kelindes tank baru sekelas…
kalo CBR 150 cocoknya lawan M1 dan RGV 500 yang lemot itu…
😆
Tapi MS nya Mio Vixion unggul loh roy….
uupppsss lupa lagi…..elu nggak butuh MS ya..?????
wkwkwkwk si bloon roy lagi ngeces 😀
eh ada om pinter… pertanyaan ane yang lalu udah dijawab om?
😆
buat yg dr dulu ngebet sama cbr tp gk keturutan,,skrg ada gantinya wlo sekedar mesinnya,,,,yaitu tralis,,,,sensasi nunggang montor cbr bnr” terwujud,,,,jossss,,,klo pgn fairing tgl beli trs pasang,,,gk susah to????
sasisnya beda bro teralis ama cbr 150
ga bisa asal pasang
CBR itu over bore kali brow…
istilahnya:
– long stroke (langkah piston lbh panjang dari diameter piston)
– square (langkah dan diameter sama)
– over square alias over bore (diameter lbh besar dibanding pajang)
long stroke = over stroke
kl bener mesinnya sama ma r15 sekarang…kayaknya si teralis bakal mejen ngejarnya….la torsi kalah…hp nya hampir2 sama….ckckckckc…
udah bs dipastikan,mesin cbr jauh lbh perkasa..piksen pasti kemakan mentah2 klo urusan adu balap
tambah penasaran ama wujudnya honda teralis….
masih nunggu 3 bulan tagi ya….udh kgak sabar
motor belum keluar ko udah komperasi……..fantasi
ane pilih mesin vikion aja. cos jalan di endonesia jalanx gk cocok mtr seprot
– sakit stroke (penyakit orang kaya)
– 2 stroke (mesin 2 langkah / 2 tak)
– 4 stroke (mesin 4 langkah / 4 tak)
– the stroke (band rock dari inggris)
– struke (kertas nota belanja di mall)
– petruke (tokoh dalam wayang)
– stoke on trent (nama tempat slash di lahirkan / england)
– batoke-batoke (sakit tenggrokan/pernapasan/demam/ kuat rokok)
– partoke (dalang serial OVJ)
– katroke (udik,ndeso,kuno)
banyakkkkkkk ,,,.. selara lah
http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/31/pembangkit-listrik-tenaga-hampa-benarkah/
walaupun new vixion brojol duluan tetep tunggu sportnya honda…
ku pilih new vixion lebih irit dan cocok perkotaan stop n go kalau cbr enakan jalan jauh tp stop n go boros bro DOHC………………wkwkwkwkwk
dohc tenaga besar tp boros stop n go mending vixion aja cocok buat perkotaan lebih irit ciwwiiwwwwwww
yang jelas milih tralis kemana2 lah kecuali sales/fby koplak yang pilih vixion.Ingat teknologi sudah ada yg lbh maju kenapa masih milih soch…………………………………..?
vixion asli lemot gak percaya pinjam dulu sama teman yang punya vixion tapi kalo untuk sekedar sesuai kebutuhan silahkan beli vixion tapi untuk ketangguhan mending tunggu tralis.
Mau TRALIS ke atw V-IXION ke, ϒαϞҩ lebih NGABRET ϑαπ GAGAH ϒαϞҩ gw Bungkus….tuk bonceng si MONTOK…..ƗƗɑƗƗɑɑƗƗɑ……
keren euyyy …. cocock untuk ngebut di jalanan ibukota 🙂
terserah milih karakter engine sprt apa.. mw wat perkotaan ato touring ato mbalap setan..
yg penting sesuai kebutuhanlah..
jd g sah pada ngributin bgusan mana.. coz si empuny dah meracik sdemikian rupa untuk kebutuhan yg berbeda pula..
#teralis vs vixi
tapi liat bobotnya juga….cbr lebih berat dari R15
garis desain trelis mengambil garis desain vtr dan cb1000
pokok nya ttep lbih keren & canggih SOHC vixi,m1 nya jolor jga pasti klah sma sohc nya vixi 😀 apalagi cuma cbr 😀
#fby koplak mode on
Hari gini masih ngomongin Engine SOHC … Malu …
buat track jakarta mah sohc/under square lbih cocok, contoh motor2 sohc yg besetan bawahnya kaya jelmaan siluman yg susah diliat,,
😀
kcuali route nya “JAKARTA-BOGOR” baru bisa pilih DOHC n over square,
😀
piss*
Yang penting masih bisa nenggak premium 🙂 biar makin laris
CBR bukan oversquare bro tp overbore..ga ada yang namanya oversquare..adanya square aja..:)
yang jelas kalo mesin cbr150 lbh bertenaga ya cyiint 😀 #dohciluphyu
kalo saya kira mesin Doch adalah kemajuan tech tetapi malah mundur dari keiritan bahan bakar, pdhl mesin yg canggih itu seharusnya irit bahan bakar, contoh spt pada mobil, mobil yg canggih itu pke mesin hybrid jauh lebih irit dari mesin mobil biasa… nah doch itu merupakan kemajuan tech ato kemunduran tech???? kalo kemajuan koq malah jadi boros???
Teknologi paling baru malah gak kenal SOHC ato DOHC….
Motor listrik……Arus besar kenceng… Arus kecil lambat…
Beresssss…gak perlu neko2…
woiiii.. orang goblok v-ixion
cbr150R disaingin vixion
udah tau cbr itu mtor khususs itu mtor bukan target honda jual ke masyarakat cbr itu khusus orang” yg suka mtor sport yg sperpart inden yng hanya bisa bli di negara tetangga..
klo vixion mtor tiruan alias yg penting laku..
itu mtor termasuk mtor combinasi jepang and loncin (cina) haha jdi inget isu tahun 2000 hahaha..
pria biker asli pasti tau apa motor sejatih itu hahaaa.. jngan ditipu mtor murah meriahh uuuyyy.. piss
klo takut premium boros bli tiruan aja murah meriahh sock mtor deso… jdi biker tiruan aja sesuai kantong kekekekk..
nunggu teralis aja ah.. vixi udh banyak yg pake..
ga usah pusing2 ngebahas Vixion Vs CBR menang mana..
Vixion Vs Satria Fu aja..
Satria menang jauh kemana mana..
apa lagi CBR…
[ ini hitungan motor standar ya.. tanpa otak atik ]
SOHC koq mw adu cepat ma DOHC..
Aqu punya cbr repsol 2004 standar…main rpm 10.000 keatas yamha scopion, boyson, vixion oprekan semua….makin ketinggalan tuh sport ymha…ngak percaya boleh dicoba …
mau pakai mesin yzf-r15 pun kalau lawan ny cbr150r di jalan lurus panjang ke laut aja lah,,,,
@MARTIN= Q percaya bro,,,Q pemakai all new cbr 2011,,,seminggu yg lalu Q lawan scorpio,,,awalnya Q ragu bisa menang eh teryata keok tu scorpi,,,haha,,,
dsnie bisa qt ambil kesimpulan kalau abanganya vixi aj kalah aplagi vixi ny,,,hahaha
Betuullll…banyak yg bilang cbr lemot..ane pake cbr dari th 2004 kayaknya superior bgt..cuma kalah ma ninja … Kalo ente 2 fby pada pernah menang ama cbr yg bawa males kali ngeladeninnya…peace dah..
GL 100ku manteb, bisa nelen cucunya Tiger Revo
pantesan piksien gw digeber putaran tinggi boros amat.. kapok dah nunggangin mtor yg kenceng di gigi 123 doank.. teralis cpat kluar dunk.. yg mw beli piksien second bsa hub gw.. cat masih mulus
cb reborn makin hoooot
Knalpot DBS CBR Dual Muffler Wannabe
2013 kok takut boros motor sport ya partamax lah bro
Vixion di bawa thn 2010 lebih dapet topspeednya , di banding yg new .