Tiga Busi Bajaj Pulsar 200NS, Memercik Pergantian…??? 15 Februari, 2012
Posted by proud2ride in Bajaj.Tags: Bajaj Pulsar 200 NS
trackback
Yesss… ketika mengamati lebih seksama spesifikasi Pulsar 200NS, P2R agak terheran-heran. Motor tersebut berkapasitas 199,5cc lewat spek piston berdiameter 72 mm. Tapi strokenya cuma 49 mm. Istilahnya over square, mirip mesin motor special engine buat main motor cross.
Keuntungan spek mesin over square, putaran mesin bisa digeber lebih tinggi dalam tempo singkat.Tapi hasil test media online di India yakni Motoroids, katanya Pulsar 200NS baru terasa enak powernya di putaran 6000 rpm ke atas. Putaran bawahnya justru kurang rsponsif. Lohhh…. kok agak aneh ya, tapi itu semua memang tergantung racikan sang insinyur dalam menciptakan karakter motor.
Tapi kayaknya ada alasan lain mengapa Bajaj memilih diameter piston ekstra gambot. Bisa jadi alasannya adalah tiga busi dalam dapur pacu Pulsar 200NS, hehee…!!!
Bayangin aja, di kepala silinder ada 4 klep dan 3 busi. Motor macam apa ini, serakah banget alias alay.Β Tapi namanya juga inovasi, mari kita hargai. Bajaj mengklaim konsumsi bahan bakarnya dan larinya jadiyahuuud….!!!
Makin yahud lagi, info dari Motoroids, ketiga busi ini tidak memantik secara bersamaan. “Controlled electronically, the three plugs are programmatically fired based n the throttle input and engine speed,” kata Motoroids. Berarti di karburatornya sudah ada throttle position sensor.
Yang jadi masalah, kayanya sih pada perawatannya. Biaya beli busi jadi 3 kali lipat motor biasa. Seandainya setahun sekali ganti busi biasanya cuma Rp 30 ribuan, pakai Pulsar 200NS ini jadi Rp 90 rebu.
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
pertamax plus pns 200
setimpal lah…. 3busi dgn tenaga yg dihasilkan… trus dgn pengapian yg sempurna sehingga 3busi tsb membakar dgn silih bergantian secara simultan….. hasilnya acha acha acha….bro
jadi 1liter berapa km
kalo laku keras p200NS,… pabrikan busi bakal seneng nih… ^ ^
Gak apa-apa satu tahun 3 biji busi = 90 ribu .. gak rugi ko
Yang jadi masalah, kayanya sih pada perawatannya. Biaya beli busi jadi 3 kali lipat motor biasa. Seandainya setahun sekali ganti busi biasanya cuma Rp 30 ribuan, pakai Pulsar 220NS ini jadi Rp 90 rebu.
————————————————————————————–
Klo tipe businya sama dengan Pulsar 220, RG6HC, harganya cma Rp. 9.500,- kok di beres Bajaj. Nah klo yg NGK CR8E, Rp. 13.000,- di Beres Yamaha.
Liat piston STD-nya Scorpio yg 70 mm aja melongo (saking gedenya) apalagi klo liat si P200NS yg 72mm,
gimana klo ganti iridium @ 100.000 X 3 = 300 rb
hehe..
macannn..:D
Yang jadi masalah, kayanya sih pada perawatannya. Biaya beli busi jadi 3 kali lipat motor biasa. Seandainya setahun sekali ganti busi biasanya cuma Rp 30 ribuan, pakai Pulsar 220NS ini jadi Rp 90 rebu.
————————————————————————————
Sekalian koreksi Pulsar 200NS
suwun, sdh di edit
kurang lengkap rasanya low ada control elektronik buat busi tp suplay bahan bakarnya ga pake injeksi
“Seandainya setahun sekali ganti busi biasanya cuma Rp 30 ribuan, pakai Pulsar 220NS ini jadi Rp 90 rebu.” Itu kata penunggang Hondut.
Kalau kata Pulsarian “Tigor baru sebulan kampas kopling sudah habis, kalau setahun berapa duit yang mesti dikeluarin? Baru setahun gear set nya sudah aus, sedangkan gear set Tiger paling muahal gila.”
hebat,buat narik kontainer ya,masalahnya tigor ane udah hampir4 tahun blm ganti sm skali(catatan trek sehari2 +/- 15kiloan seringnya kena macet jalanan serpong)..
tapi tigor ane g pernah dipake buat narik kontainer mogok sekalipun jadi part masih pada awet..
Ya sukur deh bro kalau begitu…
SAYANG…MESKI DESAIN LUMAYAN BAGUS..ANE GA TERTARIK SAMA PABRIKAN INI..MASIH TERKESAN PABRIKAN MURAHAN DIMATA ANE..HEHEHE
SEKAREPMU…
jiaahhhh EE OGY lagi…motor apa aja selain Yamaho dibilang murahan…emang motor lo apaan sih???jangan2 malah yamaha alfa lagi dah…
jawab si ogy.. cuma 1 kata.. SEKAREPMU kwkwkkwkkw..
LOE MAH BISANYA EE
murah bukan berarti nggak berkualitas brow
Asyikkkk… ane selalu tertarik dengan teknology baru, terserahlah mau itu merk china sekalipun….
wah, ga kayak p220 yang nyalanya barengan to? π
3 busi kan kerjanya bergantian, jadi kalo ganti gak sekaligus ganti ketiganya sekaligus lagipula pulsar itu busi stdnya umurnya panjang π
kayaknya 3 busi harus ganti bersamaan. jika busi memercik tdk bersamaan bakal kacau jika salah satu busi sekarat
hadoooh, kebanyakan yang harus diperhatikan neh, belum pajak, belum ban, tambah busi 3 biji …. banyak banget yaah …
itulah bro…kemaren saya tanya…beneran efektif ga 3 busi itu? Apa tidak berlebihan…lha wong pulsar yang 2 busi aja sudah cukup kok π
terus kalau mau ditelisik lagi…berapa mJoule tuh energi ke tiga busi tsb?? 3x lipat 1 busi atau malah sama (maksutnya cuma untuk mengoptimalkan jangkauan percikan api…*konsekuensi dari lebarnya ruang bakar??
Misalkan bener energinya 3x lipat…kebayang tuh arus yang disedot dari aki (asumsi pengapian DC)..
IMHO…kalau memang masih bisa optimum dengan 1 atau 2 busi buat apa nambah2 busi lagi?? Yah kalau alasannya inovasi sih…monggo lah… π π
Perbandingan tiger 1 busi 2klep dapet 16,7hp 1l/30km, p200ns 3busi4klep dapet 23,5hp 1l/55km, satria fu 150cc 4klep 1busi dohc dapet 15hp 1l/30km.. Viksi 150cc 4lep 1busi injection lebih irit dari FU tp tenaga payah 1l/50km cuma 14,8hp. Harusnya lebih irit dari p200ns. Berarti injektion kalah irit sama 3busi. Apa lagi kalo 3busi diterapkan di cc 150 ato lebih kecil…. Ngerti gan????
hehehe…irit bukan selalu bensin…irit itu kumpulan beberapa aspek…pembakaran sempurna salah satu faktornya…apalagi kalimat ini nih ” Apa lagi kalo 3busi diterapkan di cc 150 ato lebih kecil…” π π kenapa gak sekalian aja 4,5,6 atau malah 7 busi???
π π π
kutip juga ah… “Ngerti gan????”
Kalo bisa kenapa nggak… Tpi mau ditaroh dimana? Yang tiga busi aja penelitiannya dari 2003… Intinya 3 busi sama2 ngejar euro 3 – 4, tp jg nambah tenaga. Bedak ama injeksi.. P135 aja yang 2 busi bisa ngasepin vixi walau ngos2an..
kenapa gak bikin aja yang 1 busi tapi multispark??Atau menggunakan busi yang mJoulenya lebih besar?? π π Toh dengan disain ruang bakar yang bagus hasilnya juga sama maksimal, atau maksimalkan yang 2 busi itu…
IMHO…power dan efisiensi tidak hanya masalah busi atau injeksi atau juga karburator. Toh efisiensi mesin bakar itu sendiri masih rendah…paling banter cuma 30%…itu juga udah bagus banget. Justru kembali ke sini “..Kalo bisa kenapa nggakβ¦ Tpi mau ditaroh dimana?”.. Apa iya kalao misalnya ada tempatnya nih..Mau dipasang busi segambreng gitu?? π π π
Pemahaman terhadap suatu disain baru terhadap suatu persoalan bukan dengan prinsip “greedy” seperti itu…
Wah jd agak ragu nih ama tekhnologi baru bajaj.
Kalo nyala bergantian, apa bedanya dengan pake satu busi??? Kalo mati satu, berarti tetep mogok. Ane kira nyala minimal 2 busi bergantian yang satu istirahat.
Bener nih Om??..
bener bro,sependapat ama ente.ngapain pake 3 busi klo nyalanya gantian.
Ngapain??? Macanya ga nerap neh… Buat 200 cc dapet 23,5 dk dengan konsumsi 1l/55km.. Tiger aja 16,7 tp 1lt/30km.. Boros…. Tp tenaga payah… Harga mahalll…
alaah busi cuman ceban sebiji, awet lagi
busi pulsar murah om…busi champion di Beres cuman 9500 per busi
Kenapa pake 3 busi? Karena kalo tetep pake 2 digugat Honda !!!
hahahahaha…I Like Your Comment Bro!
emang knp?
maksudnya apa?
Bajaj lahirin 2 busi dah berapa tahun ya? Kenapa honda gak pernah gugat? Sebab honda gak pernah bikin 2 busi.. Kalo pun bikin 2, 3, 4, busi.. Itu karna specknya seiring jumlah silinder yang masing di pasang satu busi… Kalo bajaj pake 2 cilinder pasti businya 4 ato 6. Sedangkan honda ya 2 busi… Maca atuh samemeh ngemeng teh…..
Terbukti sdh kl 3 busi terlalu berlebihan.Informasi yg sangat berguna !
Berlebihan gimana? 23,5dk denga 1l/55.. Berlebihan tenaga dan iritnya kaliiiii… Ah biasa hidup dengan teknologi lama dikasi baru otak gak respon
komentator ternak di bloger ternak
klop.,
busi pulsar w ud 2 tahun ne masih enak
weleh2 pade ribet. Tinggal liat pemakai di india aja yg ud duluan gto aja kok repot.. Proud2ride juga ulasanny gak smart parah
Like your comment bro, maklum bloggernya nyembah jepun,jd selain jepun no way
nunggu tigor baru aja deh π
hahah mantap gn nih hasil first ridenya,, hasilnya eduuunnn
http://info-otomania.blogspot.com/2012/02/first-ride-impressions-bajaj-pulsar-200.html
Kita tunggu saja. Mudah mudahan kualitasnnya bagus.
http://dsatria.wordpress.com/
pantes aja pengapiannya diatur pake ECU,,,,ini toh penyebabnya
72×49, diameter > langkah = over bore, bukan over square..
over bore cirinya putaran bawah payah n torsi lemot, lemes di tanjakan, jagoan di jalan datar, putaran atas kuat n top speed tinggi…
cocok buat yg suka dg “HP” besar…
kl square=(diameter=langkah) alias bujur sangkar (square)
ini paling imbang, torsi & tenaga ngisi terus dari rpm bawah sampai atas
cmiiw… π
maklum bro,.
Nih bloger ternak…
Jadinya ‘INSTAN’ GITU.
Ga ngerti over bore, over stroke, ataupun square..
Yang tau cuma HONDA ITU IRIT…
Xixixixi
dri selur koment yg ane baca, kykny agan2 ank bangsa ini pinter2, pny inofasi.. Knp kita gk buat aj drpa beli sm negara lain..
Apa benar untuk membakar BBM di dalam ruang bakar sebuah motor harus menggunakan tiga busi…? ibarat pepatah, apa hiya untuk mengiris tomat harus pake golok…?
like this….
Lanjut Bro,,,,,
Man To Tep Lah,,,,,
salam Brotherhood ” Pulsarian Ranger Area Bogor “
inini motor pemborosan bensin , walaupun buatan india tp india jarang yang mau make mtr gnia, di india aj motor ginia di buat untuk di xpor tp klo org india ugah dia, contohnya byson aja ga seberapa borosnya eh baru 3 bulandi lounching dikirim ke indonesia akibat kurang peminat biasalah premium mahal, klo ada org mengatakan bhwa banyaxk yg pke pulsar di india hhh bohong tu , org di india pake mtr sehari hari bat kerja cman honda buatan india ala licensi jpg, apa lagi mobil merek KIA aja tuh di korea ga mau pke, cman di xpor aja kluar tp sempat masuk ke indonesia tp ga bertahankatanya banyak kluhan msin, maklum lah indo asal mau aja di byar pajak laku ga laku yg penting pajak lancar, klo pajak lancar kalian mau ngomong apa, jadi selidiki sebelum membeli hhhh
komentator ternak di bloger ternak
…klop banget…
Busi 30rb…
Ternyata sparepart di ahm mahal ya, wong dibajaj saja sebiji cuma 10rb, lagian juga businya awet karena pembakaran lebih sempurna BAHKAN dari injeksi sekalipun…
Honda laku di india?
Lah wong honda sudah ‘ditendang’ ama HERO…
Capee deehh
toh nyatanya tiger yang ber cc sama tak ada tenaganya dibanding nih motor yg pake 3 busi..
23.5hp vs 16hp
CAAAPEEEE DEEEHHHHEEE
tuh tiger nguber pulsar…
bc ny ga berku!litas, payah. dr artikel ny aj ga tw bore72xstroke49 itu nama ny ap, cape d…
mesin tenaga gede+irit malah dicela, makan tuh mesin satu busi lemot+boros. para bc’erz pd ga pake otak euy.
terkesan ‘pabrikan murahan’? yowes ga ush bli pulsar, drpd dipake ame org gobl09 kek u, tar malu2in para pulsarian. pake aj “pabrikan mahalan’, seneng kn elu dikasih motor value seadany hrg operpret…
γβ₯p200nsβ₯γ
@zona_wartawan
wkwkwk bc koplak! bajaj no1 di india baru brani eksport. lg ngetik komen otak ny ditinggal dmn mas?
γβ₯p200nsβ₯γ
wew ko sesama bikers ko pada ribut masalah produk luar negeri… tungguin aja kalo dah dateng di indonesia… kalo punya duit beli… kalo ga punya duit yaaaa liatin aja yg pada lewat dijalan
Gw yakin walopun nih motor 3 busi blom tentu 1 tahun sekali ganti busi coz ane punya Pulsar 180 udah dipake 4 tahun blom ganti busi, awet banget, ane bilang gini coz ane juga punya motor jepang jadi tau perbandingan nya
Busi Bajaj xcd dah 2 ton lebih gada masalah… blon dganti
Sayangnya P 200ns musti pertamax…\
p200ns hrs prtamax?
drmn info ny? link ny mn? zzzzzz hoax2 bc2 laku2
γβ₯p200nsβ₯γ
nonton orang2 atpm lagi pada brantem.. π
iya seruuuuuuuuuuuu buanget….apalagi yang diunggulin motor dari negara laen, coba tuch unggulin negaranya sendiri…merdeka………
intinya gw si pasti ngambil ini motor , boleh di adu ama motor jepang , pasti nanti jadi the best seller di indonesia :DDD , nih inpo lebih keren pulsar 200ns menggunakan brake bybre , tau bybre ? yaitu by brembo , ngliat rem’a aja gw udah ngiler . shock blkang pake Monoshock gas canister , acc dan max dalam detik 0-60 kmph3.61 sec 0-100 kmph 9.83 sec udahh gw ngiler aja nunggu dateng , bye bye japan :DD
HIDUP !!!! γβ₯p200nsβ₯γ
busi aja dipikirin yang gantinya belum tentu 1 tahun sekali apa lagi mikir ngurusin BBM mending beli speda aja kalo mau hemat , iket di behel pulsarian 200ns , kalo gak mau ngluarin buat beli speda juga , beli minuman gelas mineral aja 4 gelas nah lo jalan kaki deh π
bayangin kapan lagi BBM irit + power meledak ?? indonesia itu kemakan sama yang namnya produk japan yang cuma 1 busi cape deh . . .. , karna masalah spare part mudah di cari , belum tentu spare part yang di jual di pasaran itu asli . . .padahal itu smua produk thailand kalo gak china wahahahkakkaa
ibarat HP , dlu orang suka n*kia skarang orang memilih Bebek kalo gak andriod / apple tp kalo masalah motor indo itu telat orang yang cerdas itu pindah ke teknologi lebih maju , masi aje pake busi satu , ibarat pendukung jepang mah hidup nokia π ngakak . . .
wkwk…:D stuju gan sama yg di atas ane…. msh aje mau di bego2in sama produk japun yg harga mahal tp teknologi zaman firaun…
yang pasti teknologi ini sudah dipikirkan baik2 oleh insinyur Bajaj π
jadi gak usah negatif thinking dulu π
tunggu tanggal mainnya π
Bengkel2 di marih biasa ngoprek satu busi, makanya ada motor yg punya tiga busi dia bingung. Yang dua busi aja otaknya blum sampe tuh mekanik apalagi nyang 3 busi.
Kalau masalah lebih canggih mana antara sistem 3 busi bajaj dengn sistem injeksi, dua2 sama canggih, karena dua2 merupakan innovasi dari masing2 pabrikan. Kalau mau dibandingin, lebih baik bandingin hasilnya. Lebih efisien mana antara 3 busi dengan sistem injeksi? lebih bertenaga mana 3 busi sama injeksi? let we see later
Buat info aja, gua makai ymh king dari taon 86,[sampe sekarang msh ada] taon 2008 gua Beli tiger baru tu motor kagak ada enaknya, dapet 6bln gua jual lagi, trus 2009 gua beli ninja 250cc, baru berasa naik motor gan!, dari pada naik tiger jauh lebih baik rx-king bro, tu motor[ tiger] kayak banci . Intinya kalo motor enak di pake jangan terlalu musingin masalah busi,yg tiap hari/bulan ganti
wah keren juga nih motor,,,
ane juga kayak nya udah bosen pakai motor jepang,,
p200ns
pada ribut soal busi… gw mw beli ni mtr jualannya dmana,
dari ane sih ,Mau ”beli merek terkenal” apa beli “‘nyaman & puas'” silahkan agan2 pilih sndiri…. ckckck
wah wah, kayaknya jdi 2013 juga nih masuknya si PZOONS…
nitip gorengan anget π
http://jadipenerbang.blogspot.com/2012/08/pilot-sekolah-singkat-dengan-gaji.html
jangan so tau lah kalo belum pake sendiri..
orng gue pake ni motor enak2 aja..
tenaga mantep n bensin lebih irit..
makanya yg blom nybain jgn so” an coment yg gx waras dehhh
hahaha, betul banget gan gedeg gw ma orang begono, gw beli buklan depan browww, gw dah coba. gila abiiizzzz pokoke trully