jump to navigation

Honda Perkenalkan Mesin Skutik 125cc Untuk Global Market, Siap Gempur Yamaha Xeon!!! 28 September, 2011

Posted by proud2ride in Honda.
trackback

Honda Motor Co., Ltd baru saja merilis mesin skutik baru Honda. Kapasitas mesin 125cc dilengkapi teknologi terkini. Dengan munculnya mesin ini, artinya akan makin banyak lagi varian motor dari Honda. Karena diklaim akan digunakan untuk global product, mudah-mudahan mesin ini sampai juga ke Indonesia.

Berhubung mesin ini 125cc, langsung berfikiran kalau ini adalah pengembangan berikutnya dari mesin yang sekarang dipakai PCX 125. Sama-sama radiator, injeksi dan mengaplikasi ACG starter. Kalau harganya mahal bisa jadi hanya akan digunakan oleh skutik sekelas PCX 125. Tapi, mudah-mudahan bisa lebih hemat harganya karena produk global, bikinnya bisa banyak.

Jadi harapannya bisa nemplok di skutik Honda harga di bawah Rp 20 jutaaan. Ya syukur-syukur bisa dibanderol sekelas Vario Techno. Nah, kalau memang akan dipasang di skutik sekelas Vario maka bakal head to head dengan Yamaha Xeon. Mesinnya sama-sama 125cc, satu silinder SOHC pakai dua klep. Mesinnya juga punya radiator. Tapi ada beberapa titik yang membuat mesin baru Honda ini lebih unggul.

Di kepala silinder misalnya, ada roller rocker arm yang sudah pakai bearing di as-nya, sama kaya yang dipakai pada Honda Supra X 125 Helm In. Starternya udah ACG. Artinya starter bakal sangat halus kaya PCX. Trus fitur idling stop system bisa dipakai. Mesin secara otomatis akan mati ketika masuk dalam keadaan idle dalam waktu tertentu. Dan sudah pasti kalo melihat gambarnya adalah injeksi.

Asik nih kalau sampai Vario dan lebih banyak lagi skutik di Indonesia sudah mengadospi fitur idling stop system. Pasti akan jauh lebih hemat. Bahkan karena didukung oleh idling stop system, Honda mengklaim mesin barunya ini lebih hemat 25 persen ketimbang mesin 125cc konvensional.

Untuk mengurangi gesekan, sekaligus mempermudah teknolog ACG, Honda  juga membuat konstruksi offset cylinder. Piston dibuat lebih ringan, permukaan dinding luar silinder dibuat ”spiny sleeve” kaya kulit jeruk yang bikin proses pendinginan mesin yang cepat.

Ngomongin pendinginan mesin, radiatornya juga dibuat lebih efisien hingga 15 persen bila dibandingkan dengan radiator versi sebelumnya. Wajar kalau akhirnya kipas pendingin radiator bisa pakai yang lebih kecil. Perangkat CVT-nya juga baru. Honda merancang V-belt dengan elastisitas tinggi tapi daya tahannya tinggi juga.

Wah bakal jadi musuh berat skutik 125 cc dari Yamaha ini. Jika tidak melakukan inovasi, Yamaha Xeon bakalan makin tenggelam pamornya, xixixixi….!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. Mupenk - 28 September, 2011
2. mal gundhoes - 28 September, 2011

kapan masuk kesini ya?

3. Alex - 28 September, 2011

Salam Satu Hati…
Wahhh keren Bangett..mudah2an mesin ini bisa untuk Semua Produk
honda…n bisa segera masuk ke Indonesia..yakin dengan adanya mesin ini nantinya akan membuat skutik 125 yamaha akan semakin jauh tertinggal…
Cayooo Honda

4. D Y A Z - 28 September, 2011

Gw kagak ngerti untuk soal tehnis……., nyang penting…..gw punya Honda selama ini selalu mak nyossss……., keren abissss……
Mantap…….abis………dah….., itu nyang gw rasain……

5. bobby_kelanarimba - 28 September, 2011

Technologi Honda mmg di akui dach…..

6. Poetra Pradana - 28 September, 2011

Wah.. ternyata belum masuk ke Indonesia ya.. Semoga secepatnya mesin ini di terapkan di semua type matic Honda di Indonesia.. Namun kalu bisa harga’x juga merakyat lah.. karena orang pasti juga akan berpikir masalah harga.. Honda emang selalu lebih unggul..

Salam One Heart

7. indra - 28 September, 2011

mungkin ini dia mas bro yang akan jadi basis mesin Vario 125 seperti info yang saya dapat dari rekan di A*M…tinggal tunggu Supra 125 versi manual clutchnya..

8. penggemar ninja - 28 September, 2011

keren tunggu harganya , mudah2an ngak oper presss

9. Raka - 28 September, 2011

TOP abiiss…semoga segera masuk ke Indonesia. Apalagi kalo diterapkan di varian matic sekelas vario,semakin canggih dan irit ja. 🙂

10. Readijoss - 28 September, 2011

Smoga sesuai dgn harapanku..

11. justmyimage - 28 September, 2011

Salam hangat mas P2R

justmyimage
versi pcx hemat yg akan melengkapi matic para samurai R2 di indonesia

12. Lautner - 28 September, 2011

wuissss Vario bisa makin ngacir nih klo gitu..
ga sabar mdh2an aja segera masuk di indonesia..
lgs beli hahaha… dgn motor skutik lari ala sport mantap.

13. Hondalovers - 30 September, 2011

Mesin Konvensional??ga jaman booo…Honda emang keren teknologinya..

14. irvie_cix - 4 November, 2011

Wuiiihhh… keren!!! Teknologi Honda emang sll canggih… Yakin pasti bakal menggempur Yamaha daahh…

15. Aveiro - 17 November, 2011

Kerenzz bAnget tuh mEsin,Cangih,Ramah Lingkungan dan juga Irit.
m0ga cEpet diPake diMotor sKutik h0nda diIndonesia.

16. qq - 5 Januari, 2012

kira2 kapan ya launcchingnya all new vario 125 injection? ngebet niih…

17. agus hidayat - 7 Januari, 2012

malam, saya penasaran, mungkin bisa minta gambar dari vario 125 cc?

18. Irwan Rusmawan - 15 Januari, 2012

salam satu hati..
“teknologi yamaha MAKIN JAUH KETINGGALAN”…
#jargon iklan’a YAMAHA..
😀

19. Sunil - 21 Mei, 2012

sy setuju degnan kinerja motor Honda, kenapa krn untuk sekarang ini ilmu teknologi harus lebih memperhatikan lingkungan, banyak Industri yang berkembang tapi tidak peduli degnan dampak terhadap lingkungan. Estetika lingkungan adalah wajah bumi kita yang akan di jaga hingga generasi akan datang, mari belajar mencintai lingkungan degnan salah satunya melalui ikut serta dalam program rencana Honda ini. Go Green .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: