jump to navigation

Power dan Torsi Supra X125 Helm-In Lebih Besar, Nih Rahasianya!!! 22 September, 2011

Posted by proud2ride in Honda.
Tags: , , , ,
trackback

Data spesifikasi Honda Supra X125 Helm-In menyimpan satu tanda tanya yaitu power bisa lebih besar dibanding Supra X125 pendahulunya. Supra X125 Helm-In punya power 9.6 PS di 7.500 rpm, sedangkan Supra X125 non Helm-In sedikit lebih kecil yaitu 9,3 PS di putaran mesin yang sama.

Torsi Supra X125 Helm-In juga lebih besar loh yakni 1.08 kgf.m pada 5.500 rpm. Dan Supra X125 biasa, hanya 1,03 kgf.m di 4000 rpm. Nah lohhh…. penasaran bukan?

Langsung tanya ahlinya dahhh, kebetulan ketemu salah satu mekanik main dealer Honda area Jakarta yang sudah ikutan training model baru ini. Terkuaklah beberapa perbedaanya. Yang pasti adalah karena kompresi keduanya berbeda, meski beda dikit tapi tentunya ngaruh banget sama performa.

Supra X 125 Helm-In punya kompresi 9,3:1 sedangkan Supra X125 biasa cuma 9,0:1. Perbedaan ini didapat dari bentuk piston baru yang lebih tebal bagian atasnya. Otomatis volume di ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TMA) jadi lebih kecil, kompresi pun meningkat.

Selain piston, ternyata setang piston-nya juga beda. Yang sekarang sedikit lebih pendek tanpa merubah stroke, posisi pin pistonnya tetap sama. Setang piston lebih pendek, blok silindernya jadi lebih pendek juga. Jadi enggak bisa saling tukar nih bro!

Lanjut, beda lainnya ada di saluran bahan bakar. Klep masuknya lebih besar dari versi Supra X125 standar. Supra X125 Helm-In pakai klep 25,5 mm, sedangkan Supra lama cuma 24 mm. Tapi klep buangnya tetap sama 21 mm.

Spuyer di karburatornya juga akhirnya beda, tapi sayangnya narasumber P2R ini lupa ukurannya. Bentuk noken as alias kem-nya juga beda, yang baru lebih gendut dengan dekompresi yang katanya mirip Honda PCX.

Oh ya brooo, roller rocker arm-nya juga diperbaharui. Kini di as rocker arm-nya sudah dilengkapi dengan bearing model bambu biar lebih kecil gesekannya. Hemmm.. ternyata banyak banget yang berobah. Sayangnya belum punya foto detailnya. Sorry ya bro…!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. Mupenk - 22 September, 2011

Joss…

2. Casey - 22 September, 2011

wahhh ternyata dibagian mesin sdikit ada perubahan, mungkin ini kesempurnaan dari Supra X 125 hehehe…
salut dah buat Honda, bkn hny body yg mengalami perubahan, tp mesin juga wlaupun kita liat hampir2 sama sih 🙂

3. Dradjat_Djati - 22 September, 2011

manteb euy……..

4. powerpuffgirls - 22 September, 2011

wew…maknyoooosss euyy…
engine nya ada perubahan..
hihihihi…
performa makin oke dhe…
top banget Honda^^

5. saferty rider - 22 September, 2011

perubahan kompresi memang ngaruh banyak, paing kliatan di sonic vs cs 1.
11 : 1 vs 10.4 :1
13.5 hp vs 12.7 hp
dengan perhitungan yg sama ane pernah coba kl seandainya cbr 250 kompresinya disamain dengan ninja
11.6 : 1 vs 10.4 : 1
33 hp vs 26.4hp
cbr 250 bisa dapet 29hp

6. Riky - 22 September, 2011

Honda ga pernah mengecewakan deh, pasti selalu memberikan yang terbaik untuk semua konsumennya. thanks Honda.

7. Helmku Trijaya Motor - 22 September, 2011

http://www.facebook.com/video/video.php?v=255229551182799

Video tentang sekilas testimoni para pembalap mengenai kesan mereka memakai helm NHK.
Silakan mampir 😀

8. Alex - 23 September, 2011

wahhh..ternyata di New Honda supraX 125 helm in banyak yang berubah yah…
salutt deh buat Honda yang selalu Inovatif dalam ngeluarin produk yang berkualitas..
Bravo Honda…

9. mamat - 24 September, 2011

tetangga sebelah semakin pasrah.mau ikut ngeluarin type helm-in ntar di bilang niru.sekarang motor memang lebih ke arah serba guna,dan HONDA Tau itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: