New Honda Blade Aplikasi “Honda Variable Ignition Control”, Apakah Itu…??? 5 Agustus, 2011
Posted by proud2ride in Honda.trackback
Di artikel test ride New Honda Blade kemarin (baca DI SINI YA), P2R sudah sedikit ulas mengenai otak pengapian baru yang di terapkan pada bebek baru Honda tersebut. Istilah yang digunakan untuk pengapian New Blade yaitu Honda Variable Ignition Control alias HVIC. Apakah itu…???
Saat baca-baca http://www.otomotifnet.com, detailnya baca DI SINI YA. Eh, tiba-tiba ada ulasan mengenai HVIC. Diulas lebih komplit bro. Intinya, dengan aplikasi teknologi HVIC, sistem pengapian New Blade mempunyai dua map pengapian yang berbeda.
Menurut Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), kurva pengapian (map) akan berubah sesuai putaran mesin. Bisa dilihat pada grafik di atas. Ada dua garis beda warna. Yang biru adalah mapping low dan yang merah adalah mapping high. Keduanya bekerja dalam kondisi yang berbeda. Perbedaan mapping ini ada pada putaran mesin 2.200 rpm hingga 6.500 rpm.
Saat pengendara agresif membuka dan menutup throttle grip, atau ketika ada perubahan putaran mesin sesaat seperti ketika akselerasi dan deselerasi maka map CDI akan secara otomatis berubah ke high. Sedang ketika pengendara membuka-tutup throttle grip dengan halus atau berkendara dalam keadaan konstan maka map CDI berpindah ke low.
Alhasil, lewat teknologi HVIC dapat dapat memaksimalkan performa khususnya ketika berakselerasi, sekaligus tetap mempertahankan efisiensi konsumsi bahan bakar ketika motor berlari dalam kecepatan konstan.
Hebatnya lagi, perubahan kurva pengapian langsung berdasarkan putaran mesin dan dibaca secara electric. Bukan menggunakan sensor mekanis seperti pada Honda Supra X125 yang masih menggunakan TSS (throtle switch system) di karburator. Pada karburator New Blade tidak dilengkapi TTS. Karena sensor HVIC langsung dibaca dari putaran magnet.
Sumber artikel/foto : www.otomotifnet.com
**********
Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com
pertamaxx…..
sip…ditunggu data MS Julinya bro plus total MS semester 1 2011 nya
sabar bro, masih menunggu email dari bos AISI. hehehe
ehm..
heeembbbbbbb
http://kerjaonline-kerja.blogspot.com
semakin ngacir aja dong Blide..
smakin ngacir aj blade.
honda memang makin canggih ja..
Tpapakah sama dg teknologi nmp yg dah pake 12map cdi?
Teknology yang mantap, dengan kata lain mau tarikan pelan bisa, mau kencang juga bisa….
semakin pasrah ga ada teknologi baru…
kan yamaha… :d
wow, keren abis neh
New Blade si One HEART…..
Gmn yah kompetitor Honda ????
Semakin hari, semakin ‘joss’ neh
Si One HEART…….
Gak neko-neko toh……
Semakin manja neh kita konsumen dibuatnya…..
canggih ni motor 😀
kyak super kips ga………
Semakin canggih saja new Blade. Honda tidak hanya meluncurkan produk baru saja,tapi jg meluncurkan teknologi baru. Makin hari makin kreatif. Good Job! 🙂
jangan terlalu rame dong, ntar keliatan norak, sonic aja di refress.
wew….
mantepp banget new blade yang ini…
makin percaya aja deh sama honda yang selalu berinovasi membuat produk baru…
beda jauh banget sama merk” yang lain….
honda yang paling maju deh …
semangat buat honda ..
ONE HEART 🙂
model keren kualitas juga keren… wow… tidak bisa untuk bilang tidak, sudah komplit di new blade repsol.. 🙂
Honda New Blade gak cuma keren ditampilan doang ternyata fitur teknologinya canggih..!
Uda tampilannya keren, teknologinya canggih punya. ini baru motor bebek dengan rasa sport.. bravo Honda
Satu Hati bersama Honda Blade Baru.. tambah mantap nih jualannya Honda..
dengan bermodalkan Honda New Blade, yakin deh konsumen bakal ninggalin produk kompetitor. secara unggul disgala aspek gitu looh.. top deh Honda..!
Kecanggihan tehnologi mesin honda smakin memikat hati,n aq masih menanti akan hal serupa terhadap casis n swingarmx. Congrotulation……..