jump to navigation

Test Ride New Honda Blade, Yukkk… Soroti Handling dan Dual Mapping CDI 4 Agustus, 2011

Posted by proud2ride in Honda.
trackback

Baru pertama kalinya P2R bisa gabung sesi launching motor baru, dilanjut jajal motor alias test ride. Kesempatan itu datang akhir bulan lalu yaitu saat launching dan test ride New Honda Blade (28/7). Tapi maaf ya kalau nulisnya agak telat, hehehe… maklumlah rada jarang nulis test ride. Okayyy… biar gaya tulisannya berbeda dengan media umumnya, P2R hanya akan mengangkat dari sisi paling penting berkaitan dengan efek perubahan desain keseluruhan dan teknologi pengapian.

P2R mau cerita handling dulue yeee….!!! Karena terjadi perubahan desain serta rangka, sudah pasti handlingnya berbeda dibanding Blade lama. Yukkk…. mulai dari duduk di atas jok New Honda Blade, Wouuu…. terasa nyaman karena joknya tebal dan posisi duduknya tidak terlalu tinggi. Untuk tinggi badan 165cm atau lebih, enggak pake susah-susah jinjit loh.

Tapi…. paha terasa harus dibuka lebih lebar, maklum di bawah jok ada bagasi 7 liter bro!!! Bodinya jadi agak gendut dikit. Nah, boks bagasi ini juga yang akhirnya memaksa Honda harus mengganti rangka. Rangka New Blade, secara bentuk lebih mirip rangka Supra X125. Tapi dimensinya mirip Absolute Revo baru yang juga sudah ada bagasi.

Nah, rangka baru ini ternyata punya karakter berkendara yang beda dari versi lama. Di sirkuit mungil yang disiapkan AHM di pelataran parkir kolam renang Senayan ada dua rintangan. Pertama, kun yang di jajar zig-zag dan yang kedua tikungan “L” dengan sudut 90 derajat.

Pertama melintas rintangan zig-zag. New Blade justru lebih lincah loh, meliuk kanan kiri dengan cepat gampang banget, malah sampai footstep nyentuh aspal. Dan anehnya, meski lincah tetap stabil.

Buktinya waktu melintasi tikungan “L” dengan lebar sekitar 4 meter dan kecepatan sekitar 40-50 km/jam, tetap anteng. Nikung yang ini diiringi bunyi “sraaaakkk”, hehehe…. footstep gesek aspal. P2R sok kayak pembalap nikungnya, wkwkwk…!!!

Sok belakangnya juga anteng, padahal di tengah tikungan “L” ini ada perbedaan tinggi aspal. Waktu kena guncangan, pantatnya tetap anteng. Akhirnya nikung lanjut terus, enggak perlu koreksi posisi atau menegakkan motor terlebih dahulu. Handling mantab bro…!!!

Sekarang giliran bahas pengaruh aplikasi Variable Ignition Control (HVIC) terhadap performa. HVIC alias CDI dengan dua mapping yang memiliki beda fungsi. Satu mapping bekerja saat berakselerasi atau saat buka gas cepat. Tapi kalo buka gas pelan dan konstan map yang satu lagi yang dipakai.

Sebenarnya ini mirip yang ada di Supra X125, ada dua mapping. Bedanya, di Supra X125 sensor berubahnya mapping berdasarkan sensor skep karburator. Nah kalau yang New Blade berdasarkan putaran magnet. Klaimnya sih jadi lebih responsif dan presisi memberikan input perintah untuk mengubah map di CDI.

Yuk coba, pertama diurut buka gasnya, hasilnya enak bro…!!! Halus tapi tetap terasa torsinya. Buat nanjak pasti tetap enak nih meski buka gasnya enggak gede. Lanjut cara kedua, buka gas spontan atau langsung pelintir cepat. Eh… cepat sih cepat tapi kok malah “ngokkk” atau terasa sedikit tertahan kaya settingan kebasahan.

Pikir P2R, cara buka gas-nya terlalu cepat. Akhirnya coba pelintir lagi, cepat tapi agak diurut. Nah, yang ini baru pas, responsif tapi tetap halus dan suara mesin enggak tertahan. Hemmm… harus paham nih karakter motor ini, tapi tetap asik kok. Easy to ride bro…!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Komentar»

1. marni - 4 Agustus, 2011

JELEK YA

wordbola - 4 Agustus, 2011
2. Tosin - 4 Agustus, 2011

mantap nih motor…bakal ngelibas mesin vietkongnya si jupiz :mrgreen:

3. kirun - 4 Agustus, 2011

canggih donk…..

4. forOTO - 4 Agustus, 2011

pas nikung srakkkkk nya aman aja kan? ane liat footstepnya kek motor sport sejati…

http://foroto.blogspot.com/2011/08/engine-dengan-piston-oval-honda-history.html

proud2ride - 4 Agustus, 2011

masih aman bro, cuma krn nikungnya rada tajam. hehehe
kalo footstep model kaku, mungkin bahaya

5. imortalorochimaru - 4 Agustus, 2011

sraakkkk…ngokkkk… Wkwkwkwkwk

gak jelek lah…

6. wordbola - 4 Agustus, 2011

ngakak baca ‘ngokkk’ 😀

sepatu gratis disini:
http://wordbola.wordpress.com/2011/08/04/kuis-dirgahayu-ri-ke-66/

7. Kevin - 4 Agustus, 2011

brapa topspeed nya om?

proud2ride - 4 Agustus, 2011

belum coba bro, terbatas trek. tapi keseluruhan lebih gesit dan handling lebih enak dibanding blade lama

8. sam_h - 4 Agustus, 2011

mantap!!

9. sam_h - 4 Agustus, 2011

mantap!

10. motoisme - 4 Agustus, 2011
11. black rider - 4 Agustus, 2011

Performa mesin gmn bro?? apa sama seperti revo?? kan harga turun tu…….

12. Goyip - 4 Agustus, 2011

Ternyata semangat one heart juga disematkan untuk produk2 baru honda, irit nggak diilangin tapi masih mau ngutak atik kenceng..footstep dan rear disbrake juga ditambahin untuk menunjang fitur ini…lumayan nih buat para sales-sales ada bahan buat cuap cuap dengan 8 paten dan fitur baru…semoga konsumen semakin dimanjakan oleh produk-produk baru lainya baik itu dari honda ataupun pabrikan yang lain…nggak mau kan produknya jadi basi karna kalah fitur…

13. Pino Kio - 4 Agustus, 2011

ckckcckkk…
makin mupeng ane…

14. souverein - 4 Agustus, 2011

kayaknya enak ni,,,tapi sayang gak suka bebek,,,lebih suka semprot biar rada cool dilihat,hehehehe
nitip jemuran ya mas??

http://motomotif.wordpress.com/2011/08/04/kemanakah-motor-edisi-lama/

15. ipanase - 4 Agustus, 2011

asikkk,,,,keren, lumayan jelas nih, masih nahan tapi

16. imam zend - 5 Agustus, 2011

BAGUSAN DISINI BROOOOO….
http://kerjaonline-kerja.blogspot.com

17. sudiarta - 5 Agustus, 2011

Wah teryata one heart semangat banget,.,
dan tambah di semangati oleh honda barunya
yang sudah 8 paten nya.

18. arta - 5 Agustus, 2011

wah tenyata rangka ini punya karakter berkendara yang beda dari yg lama.
melintas rintangan zig-zag. New Blade lebih lincah , belok kanan kiri dengan cepat gampang banget, dan stabil’
wah hebat banget,.,

19. Casey - 5 Agustus, 2011

jd penasaran pengen coba NEw Honda Blade 🙂
New Honda Blade benar2 desain yg sempurna, klu tikunganx mantapp brarti lebih sempurna lagi tuk balapan di sirkuit hehehe…

20. oka - 5 Agustus, 2011

hebat banget donk brow honda new blade,.,
beloknya sampai nyentuh aspal masih stabil,
so gax perlu di ragukan lagi donk.

21. deran - 5 Agustus, 2011

Memang keren honda new blade”
perfoma mesin pasti keren juga,
terjamin deh

22. githa - 5 Agustus, 2011

pasti terjamin donk,.,.,
wah pengaruh dan fungsi aplikasi
Variable Ignition Control
(HVIC) terhadap performa bagus banget .

23. swamedha - 5 Agustus, 2011

wah memiliki dua maping dengan beda fungsi,.,
keren,..,keren,.
jadi pengen nyobak honda new blade,

24. yasa - 5 Agustus, 2011

Wah Konsumen semakin di manjakan aja nih dengan
fitur fitur barunya yg di buat AHM.
semakin lengkap aja honda.

25. Diarta - 5 Agustus, 2011

kita lihat spesifikasinya brow:
Mesin: tipe 4 langkah, SOHC, pendingin dengan udara
Diameter x langkah: 50 x 55.6 mm
Daya maksimum: 8.4 PS / 7500 rpm
Volume langkah: 109.1 cc
Kompresi: perbandingan 9,0 : 1
Torsi maksimum:0.83 kgf.m / 5500 rpm
Kopling: Jenis kopling ganda, otomatis, sentrifugal, dan basah
Starter: kick starter dan elektrik starter
Tipe Busi: ND U20EPR9 atau NGK CPR6EA-9
Kapasitas oli: 0.8 liter pada penggantian rutin
Kapasitas tangki maksimal: 3.7 liter
Kapasitas bagasi maksmimal : 7 kg
Dimensi :1.898 (panjang) x 709 (lebar)x 1080 mm (tinggi)
Transmsi: 4 kecepatan

dan masih banyak lagi yg belum di ungkap.,.,

26. bahar - 5 Agustus, 2011

dari warnanya juga banyak brow:
New Honda Blade Victory Red
New Honda Blade Dominate Black
New Honda Blade Superior Black
New Honda Blade Accelera Green
New Honda Blade Racing Special Edition

27. bocil denger - 5 Agustus, 2011

wah semakin mantab aja,.,.,
ayo buruan beli
AHM TOOP BANGET.

Semua semakin One Heart.

28. richie - 5 Agustus, 2011

Wah pengen dunk test ride motor barunya, Gwa belum liat nih penampakan aslinya baru liat di seputar blog site bro semuanya, harapannya klo keren sesuai sama yang bro P2R sebutin di atas, Gwa mo ambil 1 ah…

29. imortalorochimaru - 5 Agustus, 2011

sudiarta,daren dkk ngomong sendiri….. Udah padastres..hihihihihi… Cloningan amatiran

30. rudi - 5 Agustus, 2011

ngk nyaman banget klau ada tengki helmnya.

31. indonesian biker - 5 Agustus, 2011

Disinyalir lama2 blog ini jadi blog FBH atau sales AHM “̮♥hϱ♡hϱ♡hϱ♥”ĚŽ.

32. Alex - 5 Agustus, 2011

Maka semakin mantaplah pilihan konsumen…
setelah mengatahui hasil tes ride dari P2R….

33. ino23 - 5 Agustus, 2011

hajarrr blehhhhhh….. klo biar ga ada bunyinya waktu nikung foot stepnya ganti aja sama yang racing biar lebih nyaman .. 😀 ayo ada ga ya info perbandinganlangsung antara jupiter dan nie motor baru HONda.. biar kita pada tau… ayo donk mbah infonya… 😀

34. Lauren Zoo - 5 Agustus, 2011

Makin cakram makin gesitt larinya….

Terobosan mengalahkan segalanya… Saingan Jup Z nih….

Nice Honda… Polling plzzzzzzzz

Apa sepeda motor bebek favorit anda saat ini?

Thanks ya

35. Marwoto Oto - 6 Agustus, 2011

Jiakaka yang komen 1 org pake nickname banyak bgt,ketauan bgt klo sales..

36. tristan - 6 Agustus, 2011

ingin segera melihat dan menjajal…. gaya balap namun memiliki kualitas nyaman saat dikendarai.. ehm…. tidak ada alasan untuk berpindah ke lain hati.

37. Cahaya Surya - 6 Agustus, 2011

@34, Jupiter killer brooo 😀

38. apaaja - 7 Agustus, 2011

pengen test drive..(smg ad test drive di kota yogya) hahaha..

39. KucayOVIC - 7 Agustus, 2011

Dilihat dari model design nya sangat oke sekali garang dan pemburu, cocok untuk balapan. Apalagi ada yang edisi khususnya yaitu Repsol Honda, satu hati. Mantaffff

40. klinsmann_8teen - 8 Agustus, 2011

semoga semakin bagus dan semakin baik..
berikan yg terbaik utk pelanggan..
jangan lupa utk suku cadangnya..

(semoga ga keteteran lagi… hehehehe)

41. Launtner - 8 Agustus, 2011

ajiiiib banget gan sama motor honda yang satu ini…
jadi kepengen..
honda ngejamin banget deh …. 🙂

semua nya di rancang demi kepuasaan konsumen di indonesia 🙂
percaya deh sama honda 🙂

42. knalpot_bocorr - 10 Agustus, 2011

responsif tapi suara dan mesin tetap halus dan suara mesin enggak tertahan/mentok….mantapp nih karakter buat mudik lebaran 🙂

43. dans - 10 Agustus, 2011

yg namanya honda blade,mau model baru ke,tetep aja motor bebek pelan,,,dri dulu tuh motor honda cma buat umar bakrie,,,gw beli blade nyueseel abis abisan,,,,mending new jupiter mx,,,,harga cm beda dua stengah juta,tp kepuasan seumuf hidup

44. nightmare - 30 September, 2011

mantabss gann,,,tp kok penjualan new jupite mx msh kalah yahh??di daerahh indramayuu aja,,,bnyk lo yg nyrii blade,,,,

45. RC110R Rider - 1 April, 2012

New jupie mx aku juga suka…tak terbahntahkan emang teknologi dan performa diatas new honda blade, tetapi masalah fungsionalitas dan efisiensi new honda blade diatas new jupiter mx…nhb bensin bisa dikasih premium vs njmx minimal pertamax plus, nhb bagasi gede vs njmx bagasi cuma seiprit, nhb sayab bisa dikasih gantungan vs njmx tidak ada teempat untuk cantelan, top speed nhb 110 kmh vs njmx 120 kmh…tinggal pilih sesuai selera bung

46. alfahr - 22 Desember, 2013

mas… untuk HVIC atau cdi nya, kayaknya sama aja dengan cdi absolute revo. kebetulan dirumah ada new blade 2011 dan abs. revo 2009. pernah aq bandingkan kedua cdiny, sama persis baik dimensi maupun kode( tulisan ) kedua cdi. bahkan merekny sama yaitu shindegen. Dan aq udah pernah saling tukar kedua cdi dan gk ada bedany.
entah maksud embel2 HVIC di new blade.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: