Fungsi Ganda “Link Engine Hanger” Honda Spacy 14 Mei, 2011
Posted by proud2ride in Honda, Teknologi.Tags: Honda Spacy
trackback
Pastinya sudah pada tahu ya, jika mesin skutik juga berfungsi menjadi swing arm atau lengan ayun pemegang roda. Jika tidak dirancang dengan baik maka getaran yang menjalar ke tempat duduk bikers akan sangat menyiksa. Setidaknya ada dua sumber getaran yaitu dari mesin dan roda saat melaju. Dua sumber getaran inilah yang menjadi “PR” para insinyur saat merancang skutik agar tetap nyaman saat digeber.
Makanya hampir semua skutik sudah dilengkapi bushing karet untuk mengikat mesin dengan rangka. Tentunya agar getaran bisa teredam. Hal ini seperti yang bisa dilihat pada Yamaha Mio dan Suzuki Spin. Tapi masalahnya, bushing ini saja ternyata tidak cukup untuk meredam getaran dengan sempurna.
Makanya, Honda menambahkan “Link Engine Hanger” (gambar dalam lingkaran biru). Komponen ini menjadi penghubung agar mesin tidak langsung ketemu dengan rangka. Bentuknya mirip lengan ayun, tapi pada masing-masing ujungnya ada bushing karet.
Totalnya ada 4 bushing. Dua di depan yang menempel ke rangka dan dua di belakang yang menempel di mesin. Sedang pada Mio cuma 2 bushing dari mesin langsung ke rangka.
Dan ternyata nih, “Link Engine Hanger” pada Honda Spacy punya fungsi ganda untuk melindungi crank case atau bagian tengah mesin dari benturan. Desain dari “Link Engine Hanger” dibuat sedikit menjorok keluar dan menutupi bagian bawah crank case.
Hemmm… konon alasannya kalau crank case terbentur lalu pecah, harus beli crank case secara utuh. Pasangnya juga repot karena harus turun mesin total. Makanya lebih baik yang rusak Link Engine Hanger-nya, lebih murah gantinya juga mudah.
Ternyata….. “Link Engine Hanger” pada Honda Spacy punya fungsi ganda!!!
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
informasinya mantap bro…yang gak kliatan jadi kliatan…
http://davidambarita.wordpress.com/2011/05/13/perbedaan-spacy-dan-dio/
http://davidambarita.wordpress.com/2011/05/13/kemana-mata-kucing-yang-selalu-nempel-selama-ini/
Hmm… Skutik honda lain belum punya link hanger jg bro?
mantab gan
ngga podium deh
di vario jga ada
teknologi2 Honda memang udah jauh di depan tanpa koar2 semakin di depan.
sip lah
teknologi honda lg manteb2ny.. jd minat beli spasi
Ijin copas ya broo 😀
Motor asli india sudh meracuni Indonesia tu sich hasil dari insinyur India bro.. kan tu motor usdha nongol di India sana. jadi sudah ga jamanya lagikan ngeliat merk.. so ternyata merk yg dibangga-banggain asli Jepun eh teknologi India yo wis mongtor indiae wae yang mau membuat pabrik dan R n D di Indonesia bukan yang hanya numpang jualannya aja tapi pabrik ga punya.
ane pengen spacy gan..keliatannya oke!!
ow,,,,,bagus bagus
nice info gan,,, Honda spacy emang keren,,, peduli konsumen banget gag mau pemakainya repot dan mengganti mahal untuk ganti crankcase. Tob Markotob 🙂
mudah-mudahan Honda Spacy laku seperti matic Honda laennya..
semakin banyak varian Honda yang sangat berkualitas dan dengan harga terjangkau..
dengan hadirnya Spacy, berpeluang jadi the giant gillernya yamaha Mio.. go spacy go..!
pantesan kok di atas Mio itu rasanya gimana gitu? nggak enak banget
AJlb.. Tak ada slsl jlek ya spacy tu..
inilah Honda… ternyata inovasi/teknologi gak perlu gembar-gembor di iklan seperti tetangga sebelah..nggk taunya malah sudah langsung dinikmati oleh konsumen…MANTABS
Video games have been a pastime for most generations now.
You might begin to see the very approach or item you need to
finally master your sport. But, consider that newer models will likely come out
quickly.
Itu beli bushing karet nya aja ada gk ya?
[…] Engine hanger ini gunanya untuk mengurangi getaran: Fungsi Ganda “Link Engine Hanger” Honda Spacy 14 Mei, 2011 […]