jump to navigation

Rem Parkir Yamaha Lexam, Tidak Sekedar Buat Nge-rem!!! 28 April, 2011

Posted by proud2ride in Yamaha.
Tags: ,
trackback

Yamaha Lexam kok jarang ada yang ngomongin ya??? Biar enggak sepi, yuk kita review lagi…!!! Bebek bertransmisi automatic dari Yamaha ini satu-satunya motor Yamaha yang punya fitur rem parkir, atau Yamaha menyebutnya Smart Brake Lock System (gambar 1).  

Fungsinya sama seperti rem tangan yang ada di semua matik Honda. Letaknya di tuas rem belakang, cara pengoperasiannya pun sama mudahnya dengan yang ada pada matik Honda. Cuma tinggal tekan tuas rem belakang, lalu tekan penguncinya. Saat tuas dilepas, posisinya akan tetap terkunci.

Tapi fitur rem tangan pada Yamaha punya fungsi tambahan loh. Tidak sekedar buat ngerem doang. Coba intip, di bawah tuasnya (gambar 2) ada semacam soket dan kabel yang ternyata menuju sistem pengapian.

Saat kunci parkir Lexam diaktifkan, ada lampu kuning di panel spidometer yang menyala dengan tulisan “lock” (gambar 3). Artinya, masih terkunci. Jadi jangan buru-buru buka gas, tapi lepas dulu penguncinya. Percuma digas, karena tidak akan jalan.

Kalau masih ngeyel buka gas, Yamaha juga sudah menyiapkan solusinya. Secara otomatis, saat tuas rem terkunci maka pengapian akan diputus pada putaran mesin tertentu. Kalau digas malah jadi mbrebet, putaran mesin gak mau naik.

Jadi, kondisi motor akan tetap diam meski gas dibuka dalam keadaan rem tangan diaktifkan. Konon sih, berguna untuk jaga-jaga kalau rem belakang tidak benar-benar pakem. Saat enggak pakem, meski direm tangan, kalau digas dikhawatirkan tetap bisa meluncur.

Tapi sayang seribu sayang. Perangkat safety ini hanya diaplikasikan pada model “mahal” saja (Lexam). Sedangkan untuk matic Yamaha lainnya seperti Mio dan Xeon belum menerapkan fitur ini. Tapi masih mendingan ya, dari pada Suzuki yang belum punya fitur ini.

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. menone - 28 April, 2011

padahal yamaha mio paling banyak dipakai ya hehehehehe…

salam persahabatan selalu dr MENONE

2. wahyu - 28 April, 2011

coba semua matic ymh pake break seperti ini, yang semakin …….. 🙂

3. segi - 28 April, 2011

Takut jadi tambah mahal kali ya si mio nya… gitu aja laku ngapain ditambah2in fitur2 lagi hahaaa..

Atau tengsin kali ya, takut dikira ikut2an.. padahal untuk keselamatan konsumen buat apa gengsi.. tul gak????

4. kangmase - 28 April, 2011

yah salah satu alsan jualan lexam ya jualan fiturnya itu juga dong

5. vanz21fashion - 28 April, 2011

perangkat safety ini kayaknya bisa diaplikasikan se seluruh motor masboss 🙂
http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/04/28/lampu-sign-motor-kenapa-ga-jadi-perhatian-pabrikan/

6. info Yamaha - 28 April, 2011

Lexam emank mantap kan 😀

Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
semoga berhasil friends

7. umarabuihsan - 28 April, 2011

Ijin nebar jaring dulu

Bicara KONVOI…koment Masbro yang satu ini kok bikin dahi agak mengernyit ya???

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/28/bicara-konvoi-koment-masbro-yang-satu-ini-kok-bikin-dahi-agak-mengernyit-ya/

8. umarabuihsan - 28 April, 2011

nais syer…jarang yang bahas soalnya

9. Taufik - 28 April, 2011

yup : seperti yang pernah saya jelaskan di http://tmcblog.com/2011/04/11/mungkin-akan-lebih-bagus-jika-sistem-brake-lock-lexam-diaplikasikan-juga-ke-seluruh-skutik-yamaha/

Brake Lock Yamaha Yang diaplikasikan Di Yamaha Lexam Mempunyai Fungsi Limiter RPM mesin saat diaktifkan hanya sampai 2000.

10. jakatimur - 28 April, 2011

Yamaha Semakin Didepan!!! (ayo buruan kejar Honda… hihihi)

11. sakamoto - 28 April, 2011

semoga fitur break lock semacam ini bisa menjadi fitur standard wajib bagi semua motor matic di indonesia. untuk safety, kenapa tidak..

12. ben piss - 28 April, 2011

Baru tau gw kalau ada fungsi gandanya…
IMHO, system ini lebih menyenangkan daripada system yang diterapkan Honda.
Kalau di skutik Honda, sebagai pengaman menggunakan side stand switch.
Tapi kelemahannya ribet kalau panasin mesin, kudu dipegangin terus atau sekalian standar tengah.
Kalau yang ini mesin tetap hidup tapi gak bakalan melompat kalau gasnya dibetot…

13. Kyla - 28 April, 2011

Masih kalah sama Honda yah 🙂
Tapi ggp lah, paling tidak sekarang Yamaha mulai melihat ke segi safety untuk konsumennya.

14. yudibatang - 29 April, 2011
15. alex - 29 April, 2011

ada yang mulai was-was nii..
tenang aja Honda masih jadi yang no.1
Honda sudah terbukti yang terbaik

16. Casey - 29 April, 2011

weleh weleh kok ngikutin Honda sih…
Honda yg terbaik

17. Semar - 29 April, 2011

mahal alias oper price..:)

Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

18. REHAN - 13 Januari, 2012

guE teTep PILih YaMaHa,yAmAhA sElAlU JaUh kEDEpAn yAnG lAeN zEmAkIn jAuh BaNgEtZ kEtInGAlAn……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: