jump to navigation

(Artikel.2) Honda CBR250 Kantongi 27 Patent Technology…!!! 25 April, 2011

Posted by proud2ride in Honda, Teknologi.
Tags: , ,
trackback


Bagian
mesin Honda CBR250 mengantongi 9 patent technology. Artikel sebelumnya sudah menguak patent nomor 1-5 (klik SINI YA), yuk lanjutin patent berikutnya. Patent no.6 yaitu “valve system that improve maintainability”. Kemudahan bongkar pasang shim tanpa lepas camshaft merupakan yang pertama untuk model DOHC.

Pada CBR250 shim berada dibalik roller rocker arm. Begitu roller rocker arm diangkat, maka shim bisa dilepas. Tapi dalam kondisi normal, tentunya roller rocker arm tidak dengan mudah bisa diangkat. Harus pakai trik khusus (detailnya baca SINI YA).

Patent no.7 yaitu “cooling mechanism that realizes a simple design”. Untuk membatasi jumlah part dan mengurangi bobot mesin, thermostat di letakkan didalam kepala silinder. Saluran bypass juga didesain di dalam engine sehingga tidak perlu part tambahan (pipa) di luar blok. Proses pemanasan saat awal menghidupkan mesin menjadi lebih cepat. Bensin lebih irit.

Patent no.8 adalah “O2 sensor layout” yang dirancang khusus untuk menciptakan bentuk kepala silinder yang compact. Terakhir, “Oil pan structure” dimana bentuk pompa oli (oil pump) menjadi lebih compact (patent no.9.


Layout komplit posisi 9 patent technology di bagian mesin

Bersambung ke patent technology bagian frame/non mesin…. (artikel 3)


Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. Nadjib - 25 April, 2011

finally…. pertamax om P2R. good morning epribodi…. xixixixixi

makin mantaf & berbobot ulasannya

2. Imaniz - 25 April, 2011

Perduax…tumben aku nomer dua. hehe… Ulas terus technologinya,semakin kelihatan kecanggihannya…

3. black rider - 25 April, 2011

masih kalah ma lexam donk di lexam ada 37 hak patent xixixi

proud2ride - 25 April, 2011

oh ya, wah harus cari tau nih. ada yg bisa kasih info soal patent lexam???

4. myf - 25 April, 2011

wah gak tergoda tuh, kalo tenaganya sama kayak trail SE nya sih mantap, pake paten bagian frame lagi, mendingan framenya aprilia RS 125 muantep…

5. f41z - 25 April, 2011

salah satu fungsi patent adalah untuk melarikan dana ke luar negeri (transfer pricing). salah satu korbannya India, dimana pabrikan Honda India diharuskan bayar paten ke thailand untuk memproduksi CBR 250. sbenernya ga susah mematenkan produk, tinggal upgrade dari yang ada tinggal dibedakan desain ato material jadi deh paten baru (pengalaman mengaudit produsen kimia)

6. kangmase - 25 April, 2011

frame juga dipatenkan? ckckck…kenapa gak sekalian semua bagian motor mpe ban-bannya

7. Pino Kio - 25 April, 2011

wow makin kagum sama CBR ini.
ternyata memang canggih bener……….!!

8. astro - 26 April, 2011

karna untuk sampai ke teknologi ini butuh riset panjang dan dana so wajar klo teknologinya di patenkan, paten kan fungsinya melindungi hak cipta baik perseorangan atau perusahaan tapi kira2 paten ada kadaluarsanya ga ya?? coz klo liat CBR 150 yg kemarin dikloneng rame2 jadi ilfill ma cbr 150 yg asli hehehe

9. Care - 26 April, 2011

Jaman sekarang emang rawan penjiplakan…
Jk udah di patenkan begini akan memberikan kepercayaan yang lebih pada konsumen tentunya…

10. goldenboy - 26 April, 2011

baguslah kalo gitu. kan meminimalisir pabrikan laen menjiplak teknologi si CBR.. Hahaha..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: