jump to navigation

(Artikel.1) Honda CBR250 Kantongi 27 Patent Technology…!!! 25 April, 2011

Posted by proud2ride in Honda, Teknologi.
Tags: , ,
trackback

Teknologi yang diusung Honda CBR250, rasanya tidak pernah kering untuk di bahas. Bahkan dari sekian banyak keunggulan teknologi yang digendongnya, 27 item diantaranya akan di patent-kan oleh Honda Motor Co.,Ltd. alias mbah-nya ATPM Honda di dunia. Wouuuw… P2R jadi tergelitik untuk mengupasnya lebih detail. Tapi saking banyaknya, mohon maaf jika artikelnya bersambung ya…!!!

Kupasan ini bukan hasil karangan P2R semata loh, tapi bersumber dari booklet “Press Information” hasil umpan lambung seorang teman yang kebetulan menghadiri launching CBR250 di Bangkok, Thailand. Totalnya ada 27 patent technology yang terdiri dari 9 item terpasang di bagian mesin dan 18 item di rangka (non mesin).

Okay… mari kita kupas patent technology di bagian mesin. Mesin CBR250 merupakan “realizing a light and compact environmental engine with a high-quality feel”. Patent no.1 yaitu “Valve System” yang didesain khusus untuk menciptakan mesin yang irit bahan bakar. DOHC 4 klep yang digerakkan roller rocker arm.

Insinyur Honda mengklaim bahwa roller rocker arm pada mesin DOHC adalah yang pertama di dunia. Roller mampu memberikan gesekan yang minim antara rocker arm dan cam. Selain itu, tekanan pegas klep bisa disetting lebih rendah sehingga beban putar mesin makin ringan. Hebatnya lagi, cara ganti shim bisa dilakukan tanpa lepas camshaft.

Patent no.2 yaitu “Crankshaft Mechanism” yang menghasilkan suara mesin sangat lembut. Ujung poros kruk as (crankshaft) CBR250 ditopang oleh metal bearing atau plain bearing. Ini merupakan yang pertama untuk motor Honda single-cylinder. Model ini banyak diaplikasi di mesin mobil dengan istilah metal duduk.

Sedangkan di bagian big end (ujung stang piston yang terikat dengan crankshaft) menggunakan roller bearing. Hasilnya lebih minim gesekan, kuat dan kokoh. Masih ditambahkan primary balancer untuk menciptakan mesin yang minim getaran. Di ujung kanan crankshaft juga dipasangkan ball bearing.

Patent no.3 yaitu “camshaft lubrication structured” untuk mengurangi gesekan. Selanjutnya “Speed sensor layout” (Patent no.4) dan “Oil pump layout” (patent no.5). Tata letak kedua sensor ini memberikan kontribusi buat desain crankcase yang ringan (light) dan compact.

Bersambung…. (artikel 2)

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. emon - 25 April, 2011

pertamax……..
satu kata aja “kereeeen”

2. alex - 25 April, 2011

kereen banget CBRnya,,
banyak menyimpan kelebihan2 dan teknologi2 canggih..
ga salah deh pilih Honda CBR..
disamping desainnya keren kebanjiran teknologi canggih pula lagi

3. Nadjib - 25 April, 2011

Seruuuu abizzzz, keduaxxxx

proud2ride - 25 April, 2011

ketigaxxx broth…. hehehehe

4. inu-smart.info - 25 April, 2011

jalan-jalan ke blogmu http://inu-smart.info visit me!

5. Vino - 25 April, 2011

Honda CBR pokoknya top abiss dehhh,,,,dengan teknologi2 yang canggih menjadikan motor ini makin dinanti dan dihati oleh seluruh pecinta motor.

6. Imaniz - 25 April, 2011

Keren bgt CBR250R…technologinya ga ada yg nyamain. Siip dah… 🙂

7. aina - 25 April, 2011

mantap abiz nie honda cbr 250r, ternyata mesinya emang sangatlah canggih ga salah emang klo pilih honda cbr 250r.

8. kangmase - 25 April, 2011

keren sih, tapi semua dipatenkan itu biar gak ada yang niru aja ya? bikin motor makin mahal ajah…

9. MetaLLica - 26 April, 2011

very nice Artikel mas Bro

10. Care - 26 April, 2011

Luar biasa CBR250..
Jaman sekarang ini memang harus lebih perhatian terhadap teknologi.
Itu baru motor idaman…

11. Semar - 29 April, 2011

Mas numpang copy paste ya . buat edukasi…

terimakasih

Keep Brothehood & Keep Safety Riding

12. evans - 2 Mei, 2011

Honda CBR250R dikembangkan dari konsep yang memadukan styling, performance & comfort dengan tampilan desain mewah sporty full fairing yang mengacu ke gaya motor sport kelas atas eropa maupun asia serta didukung teknologi canggih kelas dunia.

1.GAYA SPORT MEWAH (SPORT-LUXURY STYLE)
Dirancang dari bentuk yang sporti & dinamis berdasarkan “mass centralization form” serta terinspirasi dari model Honda VFR1200F & Honda CBR1000RR yang dikembangkan lebih lanjut dari sisi fungsional, sehingga menghasilkan tampilan total desain yang berbeda.
2.PERFORMA EKSTRIM (EXTREME PERFORMANCE)
Mesin baru Honda 250cc berpendingin cairan (radiator), 6-Kecepatan, PGM-FI, DOHC, 4-Valve dan sesuai dengan standar EURO 2, selain menawarkan kemampuan akselerasi, kelincahan dan kemudahan dalam pengendalian, juga hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

13. efraim - 2 Mei, 2011

Honda CBR250R dilengkapi berbagai fitur istimewa berteknologi tinggi, seperti: Combined Antilock Braking System (Combined-ABS)*, Front & Rear Disk Brake, Alloy Wheel with Tubeless Tire, dan Pro-link Rear Suspension.

Jadi secara tekhnologi Honda selalu berinovasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: