Awas…!!! Honda CBR250 “Haram” Minum Premium 20 April, 2011
Posted by proud2ride in General, Honda.Tags: CBR250, pertamax, pertamax plus, premium
trackback
Berani beli motor sport sekelas Honda CBR250, sudah pasti paham konsekuensinya. Bahan bakarnya mesti diisi kelas atas pula, jangan nyerobot jatah subsidi. Wkwkwkwk… Tapi lain cerita kalo khilaf, seperti kejadian sobat P2R yang satu ini. Karena buru-buru, isi tangki CBR250 yang sudah tipis salah isi dengan bensin subsidi (baca: Premium). Apa akibatnya…???
Akibat langsungnya sih bukan mogok atau mesin meleduk. Tapi yang P2R rasakan (kebetulan P2R menjajal langsung), tarikan motor menjadi kurang responsif. Paling beda, suara mesin menjadi kasar dan ketika diakselerasi terdenger kemretek alias ngelitik. Padahal waktu itu bahan bakarnya tidak murni Premium loh, tapi masih campur dengan Pertamax Plus. Apa jadinya jika murni Premium?
Melihat data kompresi CBR250 yaitu 10,7:1 memang sebaiknya pakai Pertamax atau Pertamax Plus (itupun kalo racikan bensinnya bener ya). Tapi mengingat angka oktan yang sebenarnya, bisa jadi lebih rendah maka sebaiknya pakai Pertamax Plus saja. Pertamax Plus (Oktan= 95) untuk kompresi= 10:1 – 11:1. Sedangkan Pertamax (Oktan= 92) buat kompresi= 9:1 – 10:1.
Kejadian knocking/detonasi di CBR250 akibat salah isi Premium sangat tidak baik jika dipakai jangka panjang. Knocking terjadi akibat gas pembakaran terbakar lebih awal dari timing yang sebenarnya. Sehingga piston terkena pukulan balik dari tenaga hasil pembakaran, akibatnya piston membentur dinding silinder. Munculah bunyi kasar dan tenaga mesin kurang maksimal.
Dalam jangka panjang, banyak komponen yang bisa rusak seperti dinding silinder, bearing kruk as dan lainnya. Hemmm… hitung sendiri deh berapa ongkosnya jika harus turun mesin…!!!
Join with Social Media Proud2Ride:
Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride
sebelum ada yg isi nih, pertamax plus yaaaa…. hahahahaha
*** mandi doloooo
ninja kompresi tinggi masih bisa pake premium tuh. dibuku panduan oktan yang disarankan diatas 87. beberapa rekan didaerah terpaksa pake premium juga ga masalah. klo injeksi mah kliatannya haram pake premium. vixion aja banyak yg problem saat pake premium
menurut sy, knocking bukan krn injeksi ya. tapi spek bahan bakar yg tdk cocok dengan kompresi. injeksi hanya dilarang pakai bensin bertimbal krn bisa menyumbat injektor yg lubangnya sangat lembut.
ninja250 dipaksa pakai premium sih bisa2 aja bro. tapi rasakan efek jangka panjangnya. apakah komponen tetep awet???
menurut sy sih itu maksa sekali bro, apalagi pertamax sudah merata kok
yup gw sih pake pertamax, ada rasa ga enak juga klo ikut antri premium. tapi KMI pasti ada alasan kenapa Ninja bisa pake Oktan 88, klo KMI nulis buku panduannya tanpa dasar bisa2 dituntut tuh.
eit ya lupa, injeksi haram pake premium coz disinyalir premium sini mengandung sulfur yg bisa ganggu fuel pump. motor karbu kan ga pake pompa bensin. masalah kompresi tinggi masih bisa pake bensin beroktan rendah asal timing pengapiannya mundur.
padahal perbandingan kompresi Ninja 250 = 11,6:1 (lebih tinggi dari cbr250. kayak apa ya suara mesinnya kalo pakai premium???)
absen wae
bisa beli motor premium, tapi masih mikir irit dan bahan bakar ???
Ha ha ha susahnya si Pertamax Plus itu kalau di daerah gak mudah dapat ya .. paling adanya Pertamax saja ..
yg masalah sebenarnya komposisi bahan bakar dari pertaminanya… jelas ditulis tanpa timbal tapi waktu dicek masih ada timbalnya.. kalo mau tau, bahan bakar yang beli cbr 250r dari dealernya dikasi bensin… bukannya injektor itu mengikuti ecu ya? apa ecu nya ga bisa detect itu bahan bakar kadar oktannya berapa.. trus dia yg nyampurin sendiri bahan bakar+udara berapa..
kalo ada knocking sensor mestinya bisa ya. cmiiw
injeksi2 yg ada skr msih biasa2 aja. injeksi cbr250 sudah modern ada o2 sensor. tapi kalo knocking gak tau ya
klo ada knocking sensor bisa kedetect, dia mencampurkan lewat sensor udara, temperatur udara dan mesin, o2 sensor, TPS sensor, dan sensor2 lainnya di mesin tersebut.
Betul CBR dg kompresi setinggi itu bakal sangat bahaya klo keseringan pake premium, dlm jangka pendek mgkn ga masalah, tp untuk jangka panjang bisa2 jeroan motor ambrol semua dan biayanya perbaikannya jauh lbh tinggi dibandingkan make pertamax untuk harian, ditambah CBR 250 itu sudah injeksi, padahal tau sendiri kualitas BBM di sini, pertamax aja kdg msh agak kotor aplg premium kan. yah jangankan CBR 250 deh, dlu tmn punya CBR 150 tipe awal, awal2 emang rajin pake pertamax tp ke sini2 sering make premium, akhirnya suatu hari motor tiba2 mogok g mau nyala sama sekali plus suhu mesin tinggi sekali, dan akhirnya turun mesin tu motor dan pas diliat jeroannya ancur ky meleleh, kebayang klo itu terjadi di motor yg kapasitasnya jauh lebih besar kaya Ninja 250 atau CBR 250.
@f41z
Betul di buku panduan Ninja 250 tertulis bahwa BBM dg oktan 87 ke atas bisa digunakan oleh Ninja 250, tapi itu beda loh, kalo oktan 87 di sana dihitung dg cara perhitungan yang berbeda dengan di sini.
kalo di sini ngitung oktan cukup dg metode RON (Research octane Number)
tapi klo di luar negeri ngitung oktan itu dg cara mencari rata2 antara RON dan MON (Motor Octane Number)
makanya nilai oktannya kecil seperti 87-88 tapi itu setara dengan nilai oktan 92 di Indonesia, jadi ap yg ditulis di buku panduan itu g salah jg karena Ninja 250 seperti yg diketahui adalah motor global jd pasti standar penghitungan oktan BBM nya jg pake standar global, tp slhnya krg diberikan info soal RON dan MON tsb krn bs memberikan salah pengertian bagi yg awam.
mantaff bro penjelasannya
thanks bro atas informasinya,bisa nambah pengetahuan gue nih tentang CBR 250R…
semakin tinggi oktan bahan bakar yang digunakan akan semakin membuat pembakaran semakin efektif dan sempurna sehingga hasil pembuangannya alias zat sisa menjadi nihil atau sedikit sekali. adanya zat sisa di mesin akan menyebabkan penumpukkan yang dapat merusak kerja dan bentuk mesin karena gesekan yang disebabkannya…
tentu akan lebih baik menggunakan BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi sehingga pembakaran menjadi optimal dan sempurna…
Betul CBR dg kompresi setinggi itu bakal sangat bahaya klo keseringan pake premium, dlm jangka pendek mgkn ga masalah, tp untuk jangka panjang bisa2 jeroan motor ambrol semua dan biayanya perbaikannya jauh lbh tinggi dibandingkan make pertamax untuk harian, ditambah CBR 250 itu sudah injeksi, padahal tau sendiri kualitas BBM di sini, pertamax aja kdg msh agak kotor aplg premium kan. yah jangankan CBR 250 deh, dlu tmn punya CBR 150 tipe awal, awal2 emang rajin pake pertamax tp ke sini2 sering make premium, akhirnya suatu hari motor tiba2 mogok g mau nyala sama sekali plus suhu mesin tinggi sekali, dan akhirnya turun mesin tu motor dan pas diliat jeroannya ancur ky meleleh, kebayang klo itu terjadi di motor yg kapasitasnya jauh lebih besar kaya Ninja 250 atau CBR 250.
@atas ane.
pengertian oktan tdk seperti itu gan.
oktan semakin tinggi semakin susah meledak/terbakar, yg mana sifat spt itu dibutuhkhan utk mesin kompresi tinggi. yg jelas “sinkron” nya kompresi dengan oktan agar bbm terbakar pd saat yg tepat.
ttg ninja yg 11.6:1 , bisa jadi bukan kompresi aktual , hanya rasio kompresi saja.
effective compression ratio nya bisa saja lebih rendah sehingga dimungkinkan utk pakai oktan 87 keatas.
http://kb-silvolite.com/news.php?action=read&N_id=30
http://innocentrider.wordpress.com/2010/05/12/ternyata-premium-halal-buat-ninja-250-r/
ttg cbr250 agak mabok nenggak premium ,
waduh, dilengkapi knocking sensor ngga? atau pgm-fi nya kurang cerdas ya?
Klw pke premium pada mesin injeksi sperti yg ane praktekin lama sudah 2 taon lebih sih bisa, dengan catatan WAJIB BERSIHIN INJEKTOR MINIMAL 3 BULAN SEKALI, BAGIAN TEMPAT RUANG BAKAR MESIN SEMUANYA PKE CRAB CLEANER pke merk megacools yg paling terjangkau, KOMPENSASI BUAT TENAGANYA bisa pke KOP BUSI JUPITER MX yg tahanannya lebih kecil dri punyanya vixion, KOIL TIGER REVO (gulungan temaganya lebih bnyak dn ada yg ngetes kalo percikan api busi-nya paling gede bahakan lebih gede dengan koil XP sekalipun) dipasang satu baut saja krna lebih besar dari punyany vixion.. itu sja 😛
ya masa pakenya CBR250 kok isinya premium, yo monggo kalo mo ngancurin montor, heheheh
@P2R wehhh CBR 250 ga pakai bearing kruk as mas 😀
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/22/siapa-setuju-bikin-cbr-250-versi-naked-down-price/
MX ku minum premium ribuan km perasaan gpp.
mobil mobil skrg juga kebanyakan pake injeksi dan masih ngantri premium keliatannya jg gpp tuh.
menurut gw kalo motor keluaran sini pastinya tahan premium, kalo cbr250 kan impor.
apa sich kelebihdn injeksi tw ngk?
di manual book na cbr gw minimal oktan 88 ke atas..
gw pernah baca di tabloit otomotif, katanya untuk ngirit pertamax 95 dicampur premium dengan perbandingan 50:50 sudah bisa naikin oktan setara pertamax. Gimana apa yang sdh praktekin? ada masalah ga ya?
kalo mo antri premium mesti pake helm fullface kaca item…
Secara bisa beli motor diatas 40 juta, masak isinya masih pake premium…malu atuh ama karbu hehehe
mtor gw honda Cbr 250,, jujur aza gw pke premium dah 3 bulan ga da masalah apa2,,, asal tau za, gw pake premium di campur pake semacam (rahasia deh)< hargany6a murah bgt lho……. jd pembakarannya sama dengan pertamax…
wkwkwk @ sero #18
setuju abis @ gobed #19….gw aja motor “cuma” Tiger tapi sejak awal beli ampe sekarang (3 th) gw cuma pake Shell Super Extra….paling tekor jg Super…sori bukannya promosi Shell tapi cuma buat bukti bahwa bahan bakar menentukan kualitas perawatan motor…bukti sayang ga lo ama tu motor…apa cuma mo gaya doank…Tiger gw ampe skrg suaranya bisa diadu ma yg pake knalpot racing…padahal knalpot gw tu standar atpm abis
@ oke deh #20: ga salah gan? 3 bulan tuh Cibie lo kasih premium? kasian bgt ya tuh Cibie…gimana nanti klo dah 6 bln ato setahun yak??? lagian emangnya Cibie 250 dah keluar 3 bln ya?? setau ane sih baru 2 bulanan OTR, itu jg dah inden dolo.
Ya.. kali aja si “oke deh” duitnya buuuanyak n beli tu CiBRam 250 langsung dari Thai..
Bisa jadi dia orang pertama yang nunggang tu kuda di indo… ^_^
Kayaknya ga’ deh.. soalnya CBR 250R yang dipasarkan di Indo sudah dihalalkan untuk nenggak premium karena ECU-nya sudah diremapping untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi kualitas & ketersediaan BBM Pertamax.. karna kalo gak gitu bagaimana nasib para rider CBR 250R yang ada di daerah yang gak dapat pasokan Pertamax.. itu salah satu strategi marketing AHM untuk menjangkau ke daerah2…
http://blognyamitra.wordpress.com/2011/02/28/perbedaan-honda-cbr-250r-versi-indonesia-dengan-versi-luar/
Kecuali untuk CBR 250R yang diimpor oleh importir umum (Thailand) yang ECU nya belum di Remapping (masih original).. pasti bakal batuk2 karna keracunan Premium..
Jadi ingat ama mesin PS2 gw yang dipasangin modchip untuk bisa baca DVD game bajakan..
dagang di indo harus pintar2 melihat kondisi lapangan bro…
xixixixiiiiiiii……… ^_^
wah aku udah beli tapi ga te tarik pake pe tamina mngkin pake shell ajah
@sero
masak ya gitu kalo antri premium harus pke helm fullface kaca item? hehe,
kalo antri pertamax memakai kaca putih.
maaf” ne buat agan sklian,bknnya ngerendahin tp drpd bli ninja 250 cbr 250 dn moge” merk lain tp di isinya cm pke premium mnding pda bli matik sma motor bebek aj d..ga malu y pnya mtr mahal…jdi klo ke depannya mtr ninja 250 sm cbr 250 agan sklian pda jebol mesinnya gra’ pke premium jgn komplain.. MALU kang!!!
sbenarnya itu udh konsekuensi agan” sklian klo pnya motor ber-cc 200 ke atas hrs pake pertamax dn pertamax plus (klo bs shell lbh baik)..mohon maaf sebelumnya
susahnya pake motor 250cc di indonesia, wkwkwkw macet bro
makasih abang2 ku atas infonya saya sangat berterimakasih atas info dan penjelasnya jadi saya ga ragu lagi dengan honda CBR250r thanks bro hehehehe 😀
Di atas salah mass bro,,,saya jelaskan dr panduan org luar yah bbm dan kompresi
88 kompresinya 6,5-9
92 kompresinya 9-11
95 kompresinya 11-12,8 13 juga bisa tp rentang
Lebih dr itu harus campuran bensol
ninja pa lagi
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/06/harga-pertamax-naik-ninja-250-r-minum-premium/
kalo menurut ane di kasih premium gpp … asal campur kapur barus .. ini serius bisa menaikan pembakaran …
premium+norival = pertamax. http://www.mynorival.com
gan moho pencerahannya… saya biasa pakai sheel, karena lg keluar kota adanya pertamax tapi setelah 150km mesin jd berisik dan oli jd item… untuk balikin suara berisiknya gmn ya biar alus lg?
bw aja ke pabrik nanti pasti halus lg tu motor…
jd bingung nih…antara teori dan fakta brbeda, temen ane pake yaris yg udh jelas2 kompresi rasionya 10,5 dan harus minum pertamax plus (minimum pertamax), dia tiap hari ngisinya premium tapi gakpapa tuh mobilnya, pdhal udh 3 tahun, beneran nih jadi bingung bin linglung….??