jump to navigation

Air Scoop CVT Baru di Suzuki Hayate, Lebih Dingin Lebih Bersih!!! 11 April, 2011

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
Tags: , , ,
trackback

Awalnya sempat bingung melihat mesin Hayate 125, kok ada selang tambahan di atas kipas pendingin yang terletak di sebelah kanan mesin. Suzuki Hayate sebenarnya masih menggunakan mesin yang sama dengan Skywave, tapi pada Skywave perangkat ini enggak ada loh!

Apa sih ini? Telisik punya telisik, ternyata belalai mungil ini adalah saluran pendinginan CVT baru pada Hayate. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Pak Hariadi dari divisi service Suzuki. Kalau enggak salah, pria yang selalu tampil klimis ini menjabat assistant section head service 2W di PT Suzuki Indomobil Sales.

“Ya, ada penyempurnaan pada air scoop untuk pendingin CVT (Continuously variable transmission),” ungkapnya saat itu. Tadinya air scoop ada di atas mesin, di bawah boks. Nah yang sekarang diletakkan di samping.

“Kalau di atas mesin pasti lebih panas, tapi dengan dipindah ke samping harapannya udara yang masuk mendinginkan ruang CVT jadi lebih dingin. Sehingga pendinginannya lebih optimal,” jelas Hariadi.

Pendinginan di ruang CVT ini sangat penting, mengingat komponen di dalamnya mulai dari pully, roller hingga belt saling bergesekan saat bekerja menyalurkan tenaga. Sudah saling bergesek, tanpa pelumas pula. Tapi memang tidak boleh ada pelumas, kalau licin malah bisa selip kan bro….????

Panas di dalam CVT tentunya menjadi ujian bagi tiap part. Dan yang paling rawan memuai adalah belt, bila kualitas belt tidak bagus atau CVT terlalu panas, belt bisa mulur. Kalau sudah mulur bisa dipastikan selip dan tenaga tidak 100 persen tersalur ke roda belakang. Efeknya jadi tidak bertenaga dan boros bensin bro!!!

Balik lagi air scoop Hayate. Moncong air scoop ini ada pada kisi-kisi di dekat pijakan kaki kanan (GBR.1). Lalu belalai ini akan menyusup di sisi samping bodi bagian dalam (GBR.2). Gambar dua itu diambil dari bagian dalam cover bodi atau dalam kondisi jok dan bagasi dilepas.

Kalau dilihat dari luar, nampak di gambar ketiga (GBR.3). Di atas kipas, belalau ini akan belok ke kiri dan masuk ke ruang CVT. Sayangnya, karena terlalu sempit, saluran yang masuk ke dalam CVT tidak bisa di foto.

“Oiya, desain yang baru ini juga bisa memperkecil kotoran yang mungkin masuk ke dalam air scoop,” ungkap Hariadi. Wah, jadi lebih dingin dan lebih bersih dong….???

Hehehe…. kenapa enggak dari dulu yeeee….!!!!

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. Ariel - 11 April, 2011

Pertamax!!!!
Yg penting produk baru = inovasi baru 😀

2. raya - 11 April, 2011

salurannya terbuka menghadap depan? kalo cuci atau hujan atau banjir bukannya bisa kemasukan air?

hadi - 11 April, 2011

bener..apalagi kalo banjir sampe setinggi dek depan…..bisa was-was tuch…!!

apaja - 29 April, 2011

klo banjir ya dihindari aja. klo mau banjir2an trus plih motor ini berarti anda salah pilih 😀

3. moch rasyiid - 11 April, 2011

pengeen minang ah…kapan ya ada test drive dikotaku

4. gibran - 11 April, 2011

pantangan matic jgn pernah melibas air melebih ruang CVT dan mulut knalpot, riskan mogok dan slip. matic apapun ya

5. Iksa - 11 April, 2011

Berinovasi itu bagus …..

6. Az147r - 12 April, 2011

kalau digas pertama kali,ada bunyi ngorok dan berat macam spin n skywave nga ya?

7. odie - 19 Mei, 2011

suzuki HAYATE TERBAIK DIKELAS MATIC, UNTUK PERFORMAN MESIN SAMPAI KUNCI PENGAMAN,SANAT MEMANJAKAN PENGUNANYA.
thank’s SUZUKI

8. budi - 9 November, 2011

aq baru beli suzuki hayate, tapi baru 1 bln di bagian kipas pendingin mesin terdengar suara bunyi menderit yang agak keras, terus mesin aku matikan dan aq coba hidupkan kembali suara tersebut hilang, trus ke esokan pagi ny suara tersebut kembali menderit di bagian kipas pendingin ny, bagai mana solusinya? Dan apa penyebab nya? Padahal motor hayate aq ni aku pakai normal, maksud nya ga kebut2 an…..

9. wahyulaskar - 3 Januari, 2012

sekuat apapun barang nya kalau tidak dirawat pasti akan hancur…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: